Bukan Buah Belimbing, Ini Ikon Kelurahan Sukatani di Depok.jpg

Kuliner

Bukan Buah Belimbing, Ini Ikon Kelurahan Sukatani di Depok

Julukan yang paling melekat di Kota Depok adalah Kota Belimbing yang di mana menurut kabarnya ini berhubungan dengan simbolisasi kota itu sendiri yang berhubungan rukun Islam (lima sisi belimbing=rukun Islam ada lima) serta memang dulu kota ini memiliki banyak lahan yang ditumbuhi oleh pohon buah belimbing. Saking ikoniknya, Anda dapat dengan mudah mencari oleh-oleh khas Depok yang berasal dari olahan buah belimbing. Namun ada yang menarik di salah satu kelurahan di Kota Depok, karena alih-alih menjadi olahan buah ini sebagai ikon wilayahnya, kelurahan ini memilih camilan sistik.

Sistik terkenal sebagai camilan renyah dengan rasa asin yang kerap disajikan dalam toples atau plastik dan bagi Kelurahan Sukatani, kudapan ini bukan sekadar kudapan biasa. Karena Camilan ini memiliki tempat khusus bagi para pelaku usaha di Kelurahan Sukatani, mengingat karena proses pembuatannya yang terbilang sederhana dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah bagi warga di sini.

Bukan Buah Belimbing, Ini Ikon Kelurahan Sukatani di Depok .jpg

Produksi sistik di kelurahan ini dilakukan bukan hanya oleh pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM tapi juga para ibu-ibu yang tergabung dalam Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) di sini.”Sisitik juga mempunyai daya tahan yang cukup lama, jadi tidak takut basi,” ungkap Lurah Sukatani Cahyanto, sebagaimana dikutip dari berita.depok.go.id (22/11/2021).

Menariknya dari sisi bahan bakunya, biaya yang dibutuhkan untuk produksi sistik khas Kelurahan Sukatani ini juga terbilang tidak besar. Dari mulai penggunaan daging ikan lele yang didapatkan dari hasil budidaya warga setempat sampai membeli olahan dari kedelai seperti tempe dan oncom yang bisa dibeli di pasar.

[#R]

Ide menjadikan sistik sebagai ikon Kelurahan Sukatani ini tidak terlepas dari keinginan Tim Penggerak Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kelurajan Sukatani yang ingin produk ini dikenal luas oleh masyarakat Kota Depok. Jadi sebagai langkah pengenalannya maka mereka mencanangkan sistik sebagai ikon wilayah ini. Menariknya, sistik yang dihadirkan kelurahan ini bersifat inovatif dengan varian rasa yang unik.

“Kami bersama UMKM dan ibu-ibu PEKKA di Kelurahan Sukatani masih terus mengembangkan jajanan ini. Hingga sekarang, sistik Sukatani sudah memiliki tiga varian rasa, yaitu Sistik Tempe, Sistik Oncom, dan Sistik Peyeum,” tambah Ketua TP PKK Kelurahan Sukatani Ery Jumiati.


Read More

Artikel Lainnya

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung 2.jpg

Kuliner

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung

07 December 2021, 18:02

Iga Bakar si Jangkung bisa dijadikan pilihan kuliner saat akan berkunjung ke Kota Bandung. Rasa yang ditawarkan begitu gurih dan lezat, apalagi sangat cocok disantap saat panas.

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara.jpg

Berita Kawasan

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara

07 December 2021, 17:35

Dari mulai pompa hingga mengerahkan petugas untuk membersihkan sampah yang diakibatkan banjir rob menjadi bagian upaya Pemkot Jakarta Utara untuk tangani situasi ini.

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

Bisnis

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

07 December 2021, 17:05

Sabun Nature DK bisa dipakai untuk wajah dan tubuh. Fungsinya menutrisi dan membersihkan kulit kita jadi lebih mulus sehat dan wangi.

padepokan talangOK4.jpg

Pendidikan

Lama Mangkrak, Padepokan Silat Gunung Talang akan Dibangun Kembali

07 December 2021, 16:34

“Harapannya tahun depan terealisasi, dan lahan aset Pemkot Semarang ini bisa dimanfaatkan untuk sarana latihan para atlet, khususnya olahraga silat untuk mengasah kemampuan, sehingga berprestasi di ajang event olahraga.”


Comments


Please Login to leave a comment.