7 Manfaat Kesehatan Yang Menarik Dari Bawang Merah

Kesehatan

Bukan Cuma Penyedap Rasa, Ini 7 Manfaat Kesehatan Bawang Merah

Bawang merah dengan nama ilmiah Allium Cepa Var. Aggregatum, telah dibudidayakan selama ribuan tahun. Bumbu masakan ini disebut dalam berbagai literatur dan sejarah Yunani. Keserbagunaan bumbu masak ini membuatnya menjadi populer karena dapat ditambahkan ke salad atau dijadikan acar. Rasa khas bawang merah disukai di seluruh dunia dan banyak digunakan dalam masakan Western dan Asian.

Dilansir dari situs Boldsky (12/08/19), berikut manfaat kesehatan dari bawang merah yang PingPoint.co.id rangkum khusus untuk Anda.

Bukan Cuma Penyedap Rasa, Ini 7 Manfaat Kesehatan Bawang Merah

1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Kaya akan zat besi, tembaga, dan kalium, mengkonsumsi bawang merah dapat membantu merangsang produksi sel darah merah. Ini pada gilirannya membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah Anda, transportasi lebih banyak oksigen ke area-area penting tubuh, meningkatkan tingkat energi dan juga meningkatkan pertumbuhan sel kembali.

2. Kelola Kolesterol

Bawang merah mengandung senyawa yang disebut allicin, yang dapat membantu mengelola kadar kolesterol dalam tubuh Anda. Senyawa ini menghasilkan enzim yang disebut reductase (diproduksi di hati) yang dapat membantu mengendalikan produksi kolesterol.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Seperti disebutkan di atas, bawang merah kaya akan allicin dan dengan demikian membantu dalam mengelola kadar kolesterol dalam tubuh Anda. Properti ini membantu meningkatkan kesehatan jantung Anda, karena kadar kolesterol rendah dalam tubuh dapat membantu mencegah timbulnya aterosklerosis, penyakit jantung koroner, serangan jantung, dan stroke.

[Baca Juga: Berbagai Bumbu Dapur ini Bagus untuk Kesehatan]

4. Kurangi Tekanan Darah

Kaya akan potasium dan allicin, kombinasi keduanya berperan sebagai vasodilator, meningkatkan pelepasan oksida nitrat dalam tubuh, secara langsung berdampak pada tingkat tekanan darah tinggi. Potasium membantu relaksasi dinding pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah gratis.

5. Kontrol Diabetes

Allium dan allyl disulfide, dua senyawa fitokimia yang ditemukan dalam bawang merah memiliki sifat anti-diabetes. Senyawa ini membantu dalam mengatur dan mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

6. Meningkatkan Fungsi Otak

Kandungan asam gamma-aminobutyric dalam bawang merah adalah neurotransmitter kunci yang memiliki dampak langsung pada relaksasi otak Anda. Juga, berbagai mineral dan vitamin yang ditemukan dalam bawang merah, termasuk piridoksin meningkatkan fungsi yang sama, menenangkan saraf Anda dan mengurangi stres.

7. Pertahankan Kepadatan Tulang

Bawang merah kaya akan kalsium, bermanfaat tidak hanya untuk mempertahankan tetapi juga meningkatkan kepadatan tulang Anda. Mengkonsumsi bawang merah secara teratur bisa sangat baik untuk kesehatan tulang Anda.

[Baca Juga: 4 Rempah yang Bisa Dijadikan Obat Alami]

Selain manfaat kesehatan, bawang merah sangat baik untuk pertumbuhan rambut dan juga untuk kulit Anda. Jika Anda tidak suka mengonsumsi langsung, Anda dapat sajikan dalam bumbu makanan. Tentunya sajian makanan yang sehat dan tanpa mengandung bahan pengawet.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.