7 Manfaat Kesehatan Yang Menarik Dari Bawang Merah

Kesehatan

Bukan Cuma Penyedap Rasa, Ini 7 Manfaat Kesehatan Bawang Merah

Bawang merah dengan nama ilmiah Allium Cepa Var. Aggregatum, telah dibudidayakan selama ribuan tahun. Bumbu masakan ini disebut dalam berbagai literatur dan sejarah Yunani. Keserbagunaan bumbu masak ini membuatnya menjadi populer karena dapat ditambahkan ke salad atau dijadikan acar. Rasa khas bawang merah disukai di seluruh dunia dan banyak digunakan dalam masakan Western dan Asian.

Dilansir dari situs Boldsky (12/08/19), berikut manfaat kesehatan dari bawang merah yang PingPoint.co.id rangkum khusus untuk Anda.

Bukan Cuma Penyedap Rasa, Ini 7 Manfaat Kesehatan Bawang Merah

1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Kaya akan zat besi, tembaga, dan kalium, mengkonsumsi bawang merah dapat membantu merangsang produksi sel darah merah. Ini pada gilirannya membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah Anda, transportasi lebih banyak oksigen ke area-area penting tubuh, meningkatkan tingkat energi dan juga meningkatkan pertumbuhan sel kembali.

2. Kelola Kolesterol

Bawang merah mengandung senyawa yang disebut allicin, yang dapat membantu mengelola kadar kolesterol dalam tubuh Anda. Senyawa ini menghasilkan enzim yang disebut reductase (diproduksi di hati) yang dapat membantu mengendalikan produksi kolesterol.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Seperti disebutkan di atas, bawang merah kaya akan allicin dan dengan demikian membantu dalam mengelola kadar kolesterol dalam tubuh Anda. Properti ini membantu meningkatkan kesehatan jantung Anda, karena kadar kolesterol rendah dalam tubuh dapat membantu mencegah timbulnya aterosklerosis, penyakit jantung koroner, serangan jantung, dan stroke.

[Baca Juga: Berbagai Bumbu Dapur ini Bagus untuk Kesehatan]

4. Kurangi Tekanan Darah

Kaya akan potasium dan allicin, kombinasi keduanya berperan sebagai vasodilator, meningkatkan pelepasan oksida nitrat dalam tubuh, secara langsung berdampak pada tingkat tekanan darah tinggi. Potasium membantu relaksasi dinding pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah gratis.

5. Kontrol Diabetes

Allium dan allyl disulfide, dua senyawa fitokimia yang ditemukan dalam bawang merah memiliki sifat anti-diabetes. Senyawa ini membantu dalam mengatur dan mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

6. Meningkatkan Fungsi Otak

Kandungan asam gamma-aminobutyric dalam bawang merah adalah neurotransmitter kunci yang memiliki dampak langsung pada relaksasi otak Anda. Juga, berbagai mineral dan vitamin yang ditemukan dalam bawang merah, termasuk piridoksin meningkatkan fungsi yang sama, menenangkan saraf Anda dan mengurangi stres.

7. Pertahankan Kepadatan Tulang

Bawang merah kaya akan kalsium, bermanfaat tidak hanya untuk mempertahankan tetapi juga meningkatkan kepadatan tulang Anda. Mengkonsumsi bawang merah secara teratur bisa sangat baik untuk kesehatan tulang Anda.

[Baca Juga: 4 Rempah yang Bisa Dijadikan Obat Alami]

Selain manfaat kesehatan, bawang merah sangat baik untuk pertumbuhan rambut dan juga untuk kulit Anda. Jika Anda tidak suka mengonsumsi langsung, Anda dapat sajikan dalam bumbu makanan. Tentunya sajian makanan yang sehat dan tanpa mengandung bahan pengawet.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.