Daun Kelor, Si Hijau nan Bermanfaat untuk Kesehatan

Kesehatan

Bukan Cuma untuk Hal Gaib, Ini Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Jika Anda yang belum pernah mengonsumsi daun kelor, hal yang terbesit di benak Anda saat mendengar nama ini pasti berhubungan dengan hal-hal gaib. Karena di masyarakat yang percaya hal-hal klenik, daun kelor kerap digosipkan memiliki kemampuan menangkal guna-guna. Padahal, sebenarnya daun ini kaya manfaat untuk kesehatan. Sudah diketahui di dunia herbal, daun kelor sebenarnya memang memiliki beragam manfaat dan bisa dijelaskan secara medis.

Sesuai namanya, daun kelor berasal dari tanaman kelor yang memiliki nama latin Moringa oleifera, Di Indonesia sendiri, daun kelor sebenarnya sudah sering digunakan sebagai bagian dari masakan seperti diolah menjadi sayur bening atau tumis-tumisan. Manfaat kesehatan daun kelor pun sudah dikenal dunia internasional, di mana banyak yang mengolahnya untuk dijadikan suplemen makanan karena kandungan nutrisinya.

Daun Kelor, Si Hijau nan Bermanfaat untuk Kesehatan

Pada artikel sebelumnya, PingPoint.co.id sudah mengulas empat manfaat dari daun kelor. Namun masih ada manfaat lain dari si hijau ini ternyata. Penasaran apa saja manfaatnya? Berikut sejumlah manfaat lain daun kelor sebagaimana dilansir dari mindbodygreen.com (7/10/2019).

  • Membantu Seimbangkan Hormon

Daun kelor ternyata disinyalir dapat membantu menyeimbangkan hormon, khususnya untuk perempuan yang sudah mengalami menopause. Pada studi yang dipulikasi dalam Journal of Food and Science Technologi diketahui para perempuan yang mengalami kondisi post-menopause dan mengonsumsi bubuk daun kelor yang dikombinasikan dengan bubuk daun bayam selama tiga bulan secara rutin memiliki hormon yang lebih seimbang. Bahkan daun kelor disebut meningkatkan kesehatan tiroid yang bertanggung jawab dalam mengontrol hormon untuk tidur serta pencernaan.

  • Melindungi Kesehatan Hati

Hati merupakan organ di tubuh Anda yang bekerja layaknya penyaring. Organ ini menyaring darah, memetabolisme lemak, detoksifikasi kimia yang ada di tubuh dan daun kelor disebut dapat membantu hati bekerja lebih baik. Ada penelitian yang menyebut dengan mengonsumsi daun kelor secara rutin maka dapat mengurangi fibrosis hati. Selain itu, konsentrasi polifenol di daun kelor juga dapat membalikkan terjadinya oksidasi di dalam hati.

[Baca Juga: 4 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan]

  • Baik untuk Vitalitas Pria

Ternyata daun kelor disebut juga bagus untuk membantu vitalitas pria apalagi yang dibayangi rasa stres. Pasalnya, stres dapat mengganggu kadar hormon di tubuh Anda, meningkatkan hormon kortisol, dan mengurangi dopamin. Konsumsi daun kelor secara rutin disebut dapat menurunkan kadar kortisol dan meningkatkan kadar testosteron secara alami.

  • Membantu Menjaga Kesehatan Otak

Gangguan kesehatan yang paling sering menyerang otak adalah alzheimer terhadap orang-orang yang sudah berumur di atas 65 tahun. Demi mencegah hal ini, ada baiknya Anda mengonsumsi daun kelor secara rutin sebelum menginjak usia tersebut. Pasalnya, daun kelor memiliki kandungan vitamin C dan vitamin E yang tinggi. Di mana kedua vitamin ini baik untuk melawan stres oksidatif yang dapat memicu alzheimer.

[Baca Juga: Cara Memasak Daun Kelor Ada di 5 Resep Lezat Ini]

Itulah sejumlah manfaat daun kelor yang bagus untuk kesehatan Anda jika dikonsumsi secara rutin. Jika ingin merasakan efek yang lebih baik, ada pandangan agar daun kelor dikonsumsi layaknya teh. Anda bisa merebusnya dengan air atau memasukkannya dalam gelas dan dicampur dengan air hangat. Kemudian untuk menambah rasanya, Anda dapat menambahkan lemon dan sedikit madu.


Read More

Artikel Lainnya

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

Bisnis

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

05 December 2022, 16:14

Inisiatif East Ventures melalui IDPB MTPM saat ini telah mencapai tahap coaching serta hackaton dengan total ada 120 tim yang mengikutinya.

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar.jpg

Berita Kawasan

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar

05 December 2022, 14:15

Festival Dayung Ciliwung 2022 berhasil digelar pada akhir pekan kemarin yang disebut digelar untuk meningkatkan kepedulian publik Ibu Kota untuk menjaga lingkungan sungai.

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakart a Barista League 2022 Sukses Digelar.jpg

Berita Kawasan

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakarta Barista League 2022 Sukses Digelar

05 December 2022, 10:14

Pada akhir pekan kemarin, Pemprov DKI Jakarta sukses menggelar event Jakarta Barista League 2022 yang menjadi wadah kompetisi bagi para barista dari berbagai wilayah Tanah Air.

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.