Daun Kelor, Si Hijau nan Bermanfaat untuk Kesehatan

Kesehatan

Bukan Cuma untuk Hal Gaib, Ini Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Jika Anda yang belum pernah mengonsumsi daun kelor, hal yang terbesit di benak Anda saat mendengar nama ini pasti berhubungan dengan hal-hal gaib. Karena di masyarakat yang percaya hal-hal klenik, daun kelor kerap digosipkan memiliki kemampuan menangkal guna-guna. Padahal, sebenarnya daun ini kaya manfaat untuk kesehatan. Sudah diketahui di dunia herbal, daun kelor sebenarnya memang memiliki beragam manfaat dan bisa dijelaskan secara medis.

Sesuai namanya, daun kelor berasal dari tanaman kelor yang memiliki nama latin Moringa oleifera, Di Indonesia sendiri, daun kelor sebenarnya sudah sering digunakan sebagai bagian dari masakan seperti diolah menjadi sayur bening atau tumis-tumisan. Manfaat kesehatan daun kelor pun sudah dikenal dunia internasional, di mana banyak yang mengolahnya untuk dijadikan suplemen makanan karena kandungan nutrisinya.

Daun Kelor, Si Hijau nan Bermanfaat untuk Kesehatan

Pada artikel sebelumnya, PingPoint.co.id sudah mengulas empat manfaat dari daun kelor. Namun masih ada manfaat lain dari si hijau ini ternyata. Penasaran apa saja manfaatnya? Berikut sejumlah manfaat lain daun kelor sebagaimana dilansir dari mindbodygreen.com (7/10/2019).

  • Membantu Seimbangkan Hormon

Daun kelor ternyata disinyalir dapat membantu menyeimbangkan hormon, khususnya untuk perempuan yang sudah mengalami menopause. Pada studi yang dipulikasi dalam Journal of Food and Science Technologi diketahui para perempuan yang mengalami kondisi post-menopause dan mengonsumsi bubuk daun kelor yang dikombinasikan dengan bubuk daun bayam selama tiga bulan secara rutin memiliki hormon yang lebih seimbang. Bahkan daun kelor disebut meningkatkan kesehatan tiroid yang bertanggung jawab dalam mengontrol hormon untuk tidur serta pencernaan.

  • Melindungi Kesehatan Hati

Hati merupakan organ di tubuh Anda yang bekerja layaknya penyaring. Organ ini menyaring darah, memetabolisme lemak, detoksifikasi kimia yang ada di tubuh dan daun kelor disebut dapat membantu hati bekerja lebih baik. Ada penelitian yang menyebut dengan mengonsumsi daun kelor secara rutin maka dapat mengurangi fibrosis hati. Selain itu, konsentrasi polifenol di daun kelor juga dapat membalikkan terjadinya oksidasi di dalam hati.

[Baca Juga: 4 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan]

  • Baik untuk Vitalitas Pria

Ternyata daun kelor disebut juga bagus untuk membantu vitalitas pria apalagi yang dibayangi rasa stres. Pasalnya, stres dapat mengganggu kadar hormon di tubuh Anda, meningkatkan hormon kortisol, dan mengurangi dopamin. Konsumsi daun kelor secara rutin disebut dapat menurunkan kadar kortisol dan meningkatkan kadar testosteron secara alami.

  • Membantu Menjaga Kesehatan Otak

Gangguan kesehatan yang paling sering menyerang otak adalah alzheimer terhadap orang-orang yang sudah berumur di atas 65 tahun. Demi mencegah hal ini, ada baiknya Anda mengonsumsi daun kelor secara rutin sebelum menginjak usia tersebut. Pasalnya, daun kelor memiliki kandungan vitamin C dan vitamin E yang tinggi. Di mana kedua vitamin ini baik untuk melawan stres oksidatif yang dapat memicu alzheimer.

[Baca Juga: Cara Memasak Daun Kelor Ada di 5 Resep Lezat Ini]

Itulah sejumlah manfaat daun kelor yang bagus untuk kesehatan Anda jika dikonsumsi secara rutin. Jika ingin merasakan efek yang lebih baik, ada pandangan agar daun kelor dikonsumsi layaknya teh. Anda bisa merebusnya dengan air atau memasukkannya dalam gelas dan dicampur dengan air hangat. Kemudian untuk menambah rasanya, Anda dapat menambahkan lemon dan sedikit madu.

Read More

Artikel Lainnya

Ramai-ramai Galang Donasi, Banjir Jakarta Menarik Banyak Simpati

Berita Kawasan

Apakah Fungsi Ada Kotak Biru di Stasiun LRT?

27 February 2020, 13:00

Apakah Pointers pernah melihat ada kotak biru di seluruh stasiun LRT Jakarta? Kota itu akan ada sampai 2 Maret 2020. Kotak apakah itu?

Ini Alasan Roti Sourdough Lebih Sehat dari Roti Biasa

Kuliner

Ini Alasan Roti Sourdough Lebih Sehat dari Roti Biasa

27 February 2020, 12:00

Tahukah Anda kandungan nutrisi dalam roti sourdough terbilang lebih baik untuk tubuh manusia dibandingkan roti konvensional?

Ramai-ramai Galang Donasi, Banjir Jakarta Menarik Banyak Simpati

Berita Kawasan

Ramai-ramai Galang Donasi, Banjir Jakarta Menarik Banyak Simpati

27 February 2020, 11:00

Terendamnya 94 titik di Jakarta telah menarik simpati berbagai pihak. Solidaritas untuk sesama, PT LRT Jakarta dan ACT Sulsel galang donasi bagi warga korban banjir.

Gelar Produk IKM Jakarta Digelar Hingga 1 Maret di Sarinah

Bisnis

Gelar Produk IKM Jakarta Digelar Hingga 1 Maret di Sarinah

27 February 2020, 10:00

Gelar Produk IKM Jakarta dilangsungkan di Mal Sarinah. Pusat perbelanjaan tertua di Jakarta ini memang fokus pada UKM.


Comments


Please Login to leave a comment.