Cuma untuk Masak, Alumunium Foil Selimut Terbaik Atasi Hipotermia

Kesehatan

Bukan Cuma untuk Masak, Alumunium Foil Selimut Terbaik Atasi Hipotermia

Curah hujan di Jabodetabek diprediksi masih akan tinggi selama beberapa hari ke depan. Masyarakat diminta waspada terhadap hujan dengan intensitas tinggi mengingat awal tahun baru beberapa titik di Jabodetabek tergenang air. Musibah ini mengakibatkan setidaknya melansir dari cnnindonesia.com (3/1/2019) menurut Badan Nasional Penganggulangan Bencana (BNPB) korban tewas banjir mencapai 43 orang.

Salah satu penyebab meninggalnya korban banjir Jabodetabek 2020 ini adalah Hipotermia, dimana panas tubuh turun lebih cepat dari pada biasanya sehingga membuat suhu tubuh menjadi dingin. Hipotermia dapat mengakibatkan gagal jantung, gangguan sistem pernafasan, hingga kematian.

Cuma untuk Masak, Alumunium Foil Selimut Terbaik Atasi Hipotermia

Saat banjir lalu, tubuh yang terendam air dalam jangka waktu yang lama tentu bisa jadi salah satu penyebab banyak orang mengalami hipotermia. Apalagi cuaca dingin karena hujan tak kunjung berhenti. Jika Anda melihat keluarga terdekat menggigil, kulit pucat, respon melambat, kaku, dan tubuhnya dingin. Banyak orang yang bilang sentuhan kulit dapat menaikkan suhu tubuh.

[Baca Juga: Puluhan Korban Banjir di Kelurahan Kwitang Mulai Terserang Penyakit]

Namun, menurut dr. Anita Kurniasih dari Puskesmas Kecamatan Mampang salah satu pertolongan yang paling efektif untuk menangani hipotermia adalah aluminum foil yang biasa digunakan untuk memasak. Seperti yang dikutip dari detikHealth, aluminum foil dapat membantu mengembalikan suhu tubuh yang mengalami hipotermia.

Namun tentunya jangan hanya mengandalkan aluminum foil saja, ada baiknya Anda segera memberikan selimut, baju tebal yang kering, serta minuman hangat. Menurut dr. Anita, jika hipotermia yang dialami cenderung ringan hingga sedang, pertolongan pertamanya cukup diberikan hal yang disebutkan di atas.

[Baca Juga: ANRI Siapkan Layanan Restorasi Gratis Arsip Keluarga Korban Banjir]

Sedangkan menurut dr Wisnu Pramudito D. Pusponegoro, SpB dari Perhimpunan Dokter Emergensi Indonesia (PDEI),hipotermia bisa diatasi dengan dua cara. Yang pertama adalah penghangatan aktif, yaitu dengan mengaplikasikan sumber panas dari luar ke tubuh, kemudian ada penghangatan pasif yaitu dengan menggunakan selimut, pakaian tebal, dan minuman hangat.

Untuk mencegah hipotermia, Anda bisa melakukan beberapa upaya pencegahan seperti menjaga tubuh tetap kering, persiapkan pakaian yang tebal, bergerak atau lakukan gerakan yang mampu membuat panas tubuh stabil atau meningkat, hindari minuman yang mengandung kafein.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 11 months lalu
    suki

    pingin miliki barang kesukaan tp isi dompet gak pernah tercukupi.. jangan bersedih guys….karena kamu punya partner yang bisa wujudkan impianmu segera aja ke dupa88,net dan jangan lupa join now yach… bukan hanya wujudkan impianmu tp juga bisa bikin kamu menjadi jutawan.