Bukan Hanya Cantik, Ini 4 Manfaat Kembang Telang untuk Kesehatan

Kesehatan

Bukan Hanya Cantik, Ini 5 Manfaat Kembang Telang untuk Kesehatan

Kembang telang atau bunga telang merupakan bunga berwarna biru keunguan yang banyak tumbuh di Indonesia. Bunga ini bukan hanya dikenal berkat warnanya yang eksotis, namun juga berkat manfaatnya yang baik untuk kesehatan.

Di beberapa daerah yang ada di Indonesia, kembang telang digunakan sebagai pewarna makanan atau tekstil. Namun ada juga yang menggunakan sebagai jamu atau obat-obatan tradisional. Sebenarnya apa saja sih kemampuan si bunga biru ini?

Bukan Hanya Cantik, Ini 4 Manfaat Kembang Telang untuk Kesehatan

Melansir dari berbagai sumber (19/8/2019) inilah manfaat kembang telang untuk kesehatan tubuh.

1. Bagus Untuk Kesehatan Mata

Jika sekarang Anda menggunakan obat tetes mata yang ada di apotek, orang zaman dahulu menggunakan perasan kembang telang untuk mengobati penyakit mata. Biasanya mereka meracik kembang telang untuk mata yang lelah, mata merah, dan membersihkan warna mata agar lebih bersih.

[Baca Juga: Atalia Kamil Apresiasi Pengrajin Bunga Telang Asal Bekasi]

Orang asli Maluku, membuat ramuan lima kembang telang yang sudah diperas dengan 50 ml air. Proses pemerasan akan menghasilkan air biru yang agak kental.Saring air agar terhindar dari sari-sari bunga yang masih kasar. Setelah air bersih dan bening, Anda kemudian bisa menggunakannya.

2. Mengobati Bisul

Bukan hanya warnanya yang cantik, bunga ini juga dapat dimanfaatkan untuk kecantikan kulit. Tumbuhan kembang telang dipercaya mampu mengobati bisul atau jerawat. Anda bisa menumbuk kembang telang dengan gula jawa, kemudian oleskan pada bisul. Ulangi proses tersebut hingga bisul sembuh.

Atalia Kamil Apresiasi Pengrajin Bunga Telang Asal Bekasi

3. Melancarkan Pencernaan

Karena mengandung antioksidan yang tinggi, kembang ini mampu mendetoksifikasi pencernaan Anda. Teh herbal yang terbuat dari bunga telang dapat menghilangkan racun yang ada dalam sistem pencernaan. Anda hanya perlu menyeduh tiga sampai empat bunga telang kering di air panas, rendam selama 10 menit kemudian minum. Konsumsi rutin setiap harinya agar hasilnya maksimal.

4. Mencegah Obesitas

Sebuah penelitian menunjukan teh yang dibuat dari kembang telang dapat membantu beberapa orang melewati masalah obesitas atau penumpukan lemak. Konsumsi teh kembang telang secara teratur merangsang tubuh membakar kalori dan meningkatkan metabolisme. Teh tersebut mengandung asam amino yang membantu melawan efek saraf dari kafein.

5. Melancarkan Haid

Jika saat datang bulan perut Anda kram dan sakit, ada baiknya Anda mengkonsumsi bunga yang satu ini. Bunga telang dipercaya mampu mengobati gangguan infertilitas, maupun masalah haid yang tidak lancar. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa memanfaatkan akar kembang telang yang direbus lalu meminumnya secara rutin.

[Baca Juga: Ini Manfaat Bunga Safron Untuk Kesehatan]

Tak disangka, manfaat kembang telang untuk kesehatan sangat banyak dan beragam ya. Anda bisa mencoba teh kembang telang, di market place teh organik ini dijual dengan harga Rp15.000 per-100 gram.

Read More

Artikel Lainnya

Kemenperin Kembali Gelar Modest Fashion Project

Bisnis

Kemenperin Kembali Gelar Modest Fashion Project

20 September 2019, 13:00  |  8 Views

Untuk mengembangkan industri fesyen muslim di Indonesia, Kemenperin kembali menggelar kompetisi fesyen untuk IKM dimulai dengan gelaran road to MOFP di Bandung dan Semarang.

Hadapi Revolusi Industri 4.0, Kemendikbud Rilis Program Digitalisasi Sekolah

Pendidikan

Songsong Revolusi Industri 4.0, Kemendikbud Rilis Digitalisasi Sekolah

20 September 2019, 12:00  |  7 Views

Kemendikbud memberikan bantuan berupa peralatan berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk mempersiapkan sekolah songsong Revolusi Industri 4.0.

Jakarta Selatan Bersiap Antisipasi Musim Hujan

Berita Kawasan

Jakarta Selatan Bersiap Antisipasi Musim Hujan

20 September 2019, 11:00  |  7 Views

Mendekati musim penghujan, Pemkot Jakarta Selatan mulai melakukan beberapa langkah persiapan. Apa saja yang dilakukan?

Tips Merawat Kaktus Hias Dalam Rumah

Properti dan Solusi

Tips Merawat Kaktus Hias Dalam Rumah

20 September 2019, 10:00  |  12 Views

Ragam kaktus hias dapat membuat ruangan rumah menjadi menarik. Agar berusia panjang, ada sejumlah cara merawat kaktus hias dengan tepat.


Comments


Please Login to leave a comment.