Film Adaptasi Cerpen Eka Kurniawan Tayang di Festival Film Busan

Hobi dan Hiburan

Bukan Kontroversi, Film Anak Bangsa ini Tayang di Festival Film Busan

Kali ini bukan kontroversi belaka yang datang dari sineas muda tanah air. Film pendek Tak Ada yang Gila di Kota Ini (No One is Crazy in This Town) yang disutradarai Wregas Bhanuteja dan dibintangi Oka Antara terpilih untuk berkompetisi dalam program Wide Angle: Asian Short Film Competition di Busan International Film Festival (BIFF) ke-24 pada 3-12 Oktober 2019 di Busan, Korea Selatan. Film pendek yang diproduseri Adi Ekatama dari Rekata Studio ini akan tayang World Premiere di salah satu festival film terbesar di Asia tersebut.

Selama penyelenggaraan BIFF 2019 nanti, Tak Ada yang Gila di Kota Ini menjadi satu dari 300 film asal 70 negara yang terpilih untuk diputar di 30 layar bioskop di Kota Busan. Festival film ini akan mengundang 10.000 para pemangku kepentingan (stakeholder) perfilman dari pelbagai negara dan diprediksi akan dihadiri sekitar 200.000 penonton.

Film Adaptasi Cerpen Eka Kurniawan Tayang di Festival Film Busan

Dalam menggarap film pendek Tak Ada yang Gila di Kota Ini, Wregas juga menulis skenarionya dengan mengadaptasi cerpen berjudul sama karya sastrawan Eka Kurniawan. Eka juga menulis novel-novel pemenang perhatgaan seperti Cantik Itu Luka, Lelaki Harimau, O, dan Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas. Cerpen Tak Ada yang Gila di Kota Ini sendiri telah diterbitkan dalam buku Cinta Tak Ada Mati oleh Gramedia Pustaka Utama pada 2018.

Akhir-akhir ini semakin banyak film Indonesia yang diikutkan dalam berbagai festival film dunia untuk memperlihatkan kualitas sineas Nusantara yang mumpuni. Kabar penayangan perdana ini diumumkan melalui akun media sosial milik beberapa orang yang terlibat dalam pembuatan film tersebut seperti sutradara, produser dan penulis cerpen.

[Baca Juga: Ulasan: Film Pertama Jagat Sinema Bumilangit Gundala Buat Kagum]

“Official: Film karya Wregas Bhanuteja berjudul 'No One is Cazy in this Town', berdasarkan cerpen saya 'Tak Ada yang Gila di Kota Ini', diproduseri oleh Adi Ekatama, dalam kompetisi di Busan, untuk film pendek. Cerpen tersebut ada di edisi baru kumcer 'Cinta Tak Ada Mati'. Versi terjemahan Inggris akan terbit dalam kumcer (kumpulan cerpen) 'Kitchen Curse',” tulis Eka di akun Facebook-nya (4/9/20190.

Berdasarkan keterangan di laman resmi BIFF, film No One is Crazy in This Town memiliki durasi 21 menit yang diperankan oleh sejumlah aktor dan aktris ternama Indonesia. Seperti Oka Antara, Sekar Sari, Pritt Timothy, Jamaludiin Latif, dan lain-lain. Sekadar informasi, BIFF yang digelar di Kota Busan, Korea Selatan, merupakan festival yang digelar untuk mengenalkan beragam film-film baru serta karya para sineas muda yang berasal dari negara-negara Asia kepada penonton dunia.

Untuk plot dari film pendek ini sebenarnya seperti yang ada di cerpen Eka Kurniawan, yakni mengenai Marwan dan timnya yang diperintahkan pemilik hotel di kawasan Pantai Selatan Jawa untuk menangkap orang-orang yang dipandang gila oleh masyarakat. Kemudian orang yang dipandang gila itu direlokasi ke area hutan demi membuat para turis merasa tak terganggu dengan adanya keberadaan mereka.

[Baca Juga: Ini 5 Film Wajib Ditonton di Bulan Agustus 2019]

Pengumuman mengenai rencana pembuatan Tak Ada yang Gila di Kota Ini sudah mulai disinggung pada akhir September 2018, tepatnya pada acara International Book Fair. Sebagaimana dilansir dari edukasi.kompas.com (5/9/2019), kala itu Wregas Bhanuteja menyebut, dirinya diajak ikut dalam proyek pembuatan film adaptasi cerpen Eka Kurniawan oleh Chief Operating Officer Gramedia Digital Nusantara Adi Ekatama.

Selain Tak Ada yang Gila di Kota Ini, ini bukan kali pertama karya penulis Eka Kurniawan diadaptasi menjadi film. Pasalnya, semenjak tahun 2018, sutradara film Aruna dan Lidahnya Edwin telah menjalankan proyek pembuatan film adaptasi novel Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas yang diterbitkan Gramedia Pustaka Utama pada tahun 2014.


Read More

Artikel Lainnya

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya.jpg

Pendidikan

Sukses Raih Penghargaan Acer Smart School Awards 2022, Ini 12 Pemenangnya

07 February 2023, 11:00

Melalui Acer Smart School Awards 2022, Acer beri penghargaan kepada belasan sekolah dan para guru kreatif yang dipandang mendorong transformasi pendidikan Indonesia.

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.


Comments


Please Login to leave a comment.