MENTENG-KESEHATAN-BUKAN OBAT TAPI RESEP OLAHRAGA YANG DIBERIKAN-OCI-1100 px X 600 px-01.jpg

Kesehatan

Bukan Obat Tetapi Resep Olahraga yang Diberikan

Klinik olahraga Jakarta ini berbeda dengan klinik kesehatan lain. Di Klinik Medifit pasien tidak akan menerima resep obat melainkan resep olahraga di bawah supervisi terapis dan dokter. Klinik Medifit juga berbeda dengan pusat kebugaran pada umumnya karena alat-alat olahraga yang disediakan dirancang khusus sesuai kebutuhan pasien. Bahkan orang dengan keluhan cedera olahraga dan penyandang disabilitas juga bisa berlatih kardio dengan alat-alat tersebut.

Konsep Medifit tidak berdasarkan keanggotaan tetapi seperti klinik pada umumnya. Pasien yang datang berdasarkan perjanjian akan bertemu dokter olahraga untuk didiagnosis. Setelah pemeriksaan, pasien baru bisa menjalani terapi sesuai diagnosis dokter. Bisa ke ruang terapi dan mendapatkan layanan dari fisioterapis, atau menjalankan latihan dengan “resep” sesuai anjuran dokter.

Sebelum bertemu dokter, pasien akan mengisi formulir tingkat kebugaran dan diukur semua faktor risiko kesehatannya oleh perawat meliputi tensi, tinggi badan, dan pemeriksaan komposisi tubuh. Dokter yang akan memeriksa adalah dokter spesialis olahraga. “Kami akan memberikan latihan sesuai kebutuhan dan kondisi pasien. Jika memang ada keluhan pasien bisa mendapatkan terapi pengobatan sebelum masuk ke fase pemulihan dan penguatan otot,” ujar dr. Sophia Hage, Sp.KO, salah satu dokter yang berparktek di klinik Medifit ketika diwawancara via aplikasi pesan singkat.

Setelah faktor risiko kesehatan pasien diketahui, pasien akan menerima resep olahraga sesuai dengan kondisi atau faktor risiko kesehatannya. Alat-alat olahraga yang digunakan semuanya berteknologi tinggi dengan adanya chip yang bisa merekam aktivitas pasien selama menggunakan alat olahraga.

Pasien akan didampingi trainer dalam menjalankan latihan. Semua alat alat olahraga yang digunakan akan disesuaikan dengan kondisi kesehatan masing-masing pasien. Bedanya dengan alat gym, dr. Sophia menjelaskan, alat di Medifit dapat mencatat interval gerakan dan menyimpan semua latihan tiap-tiap pasien. Jadi, dokter bisa melihat kemajuan pasien dari catatan-catatan tersebut.

Semua semua program olahraga pasien di Medifit disupervisi oleh tenaga medis. Terapis akan ditraining di Medifit yang berkomunikasi secara rutin dengan dokter sehingga dapat dimonitor perkembangan pasien pada setiap kunjungan.

Fasilitas Penunjang

Selain klinik olahraga, di lantai 1 juga tersedia Medifit Kitchen, healthy kafe yang menyediakan berbagai menu makanan sehat dengan citarasanya yang tetap lezat. Medifit Kitchen merupakan hasil kerja sama dengan Slim Gourmet untuk menu dan kandungan nutrisinya.

“Medifit Kitchen menerapkan konsep open kitchen yang menyediakan menu makanan sehat, selain itu ada juga layanan konsultasi nutrisi untuk mendukung program olahraga yang sudah diberikan dokter,” ujar ahli gizi lulusan Master of Nutrition & Dietetics dari University of Sydney Jocelyn Halim yang mengelola Medifit Kitchen dan pemilik SlimGourmet.

Jocelyn menambahkan, Medifit Kitchen ingin memberikan pengetahuan pada masyarakat mengenai makanan yang sehat dengan porsi terkontrol. Olah karena itu, Medifit Kitchen juga berkonsep mencantumkan jumlah kalori tiap makanan yang ada di dalam menu. Pengunjung pun bisa melihat secara langsung bagaimana persiapan penyajian menu makanan sehat di Medifit Kitchen.

Semua menu di Medifit Kitchen disusun oleh ahli gizi bersertifikat dan mempunyai kandungan nutrisi seperti jumlah lemak, karbohidrat dan protein. Ditambahkan dr. Sophia, gaya hidup sehat bukan hanya milik orang-orang yang ingin menurunkan berat badan tetapi semua orang seharusnya bisa mendapatkan informasi mengenai gaya hidup sehat dengan mudah, dengan olahraga dan mengatur pola makan dengan baik.

Klinik yang berlokasi di Jalan Musi No. 15, Cideng, Jakarta Pusat ini merupakan jawaban akan kebutuhan edukasi mengenai gaya hidup sehat untuk masyarakat. Mulai beroperasi pada Maret 2018, klinik olahraga Jakarta ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin mengurangi konsumsi obat dan memilih mencegah penyakit dengan cara-cara yang sehat.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.