Bukan Sabotase, Ini Fungsi Tumpukan Karung Pasir Pada Boks Utilitas

Berita Kawasan

Bukan Sabotase, Ini Fungsi Tumpukan Karung Pasir Pada Boks Utilitas

Isu liar tentang adanya oknum yang menyabotase saluran air hingga menyebabkan banjir, sempat merebak di kalangan warga Jakarta. Kesimpangsiuran ini bermula saat adanya temuan tumpukan karung berisi semen dan pasir, yang didapati petugas Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Selatan saat pemeriksaan rutin gorong-gorong kawasan Jalan Fatmawati Raya, bulan November 2019 yang lalu.

Bukan Sabotase, Ini Fungsi Tumpukan Karung Pasir Pada Boks Utilitas

Di bulan Desember 2019 isu tersebut jadi kian ramai, lantaran Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali menyampaikan kegelisahannya ke publik. Kala itu dia mengungkapkan ada oknum tak bertanggung jawab, yang dengan cara sengaja membuang tumpukan karung berisi semen dan pasir ke dalam saluran air atau gorong-gorong.

[Baca Juga: Warga Tanjung Priok Manfaatkan Saluran Air untuk Budidaya Lele]

Kondisi semakin memanas, lantaran tersebarnya sebuah video yang mendokumentasi kegiatan penumpukan karung berisi semen dan pasir oleh pihak-pihak yang diduga pasukan bayaran anti-Anies, di jagat maya. Belakangan terungkap bahwa video yang sempat viral tersebut adalah berita bohong alias hoax dan pelaku penyebar video kini tengah diburu oleh pihak kepolisian.

Bukan Sabotase, Ini Fungsi Tumpukan Karung Pasir Pada Boks Utilitas

Meluruskan kesimpangsiuran, Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho menegaskan, penimbunan boks utilitas berisi karung pasir di sejumlah jalan di Jakarta adalah sebuah keharusan prosedur yang mesti dipenuhi. Menurutnya boks utilitas (manhole) memang perlu ditimbun karung pasir terlebih dulu sebelum ditutup untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

Lebih lanjut dia menambahkan, karung-karung pasir tersebut dimasukkan dalam boks utilitas di saat kegiatan pengerjaan utilitas telah dirampungkan. “Tujuannya adalah untuk mengantisipasi adanya kendaraan yang terperosok karena kerusakan pada tutup manhole,” ujarnya seperti lansir beritajakarta.go.id (27/2/2020).

[Baca Juga: Normalisasi Saluran Air Di Jalan Kartini Raya Baru 60 Persen]

Sejalan dengan itu dia juga menegaskan bahwa apa bila yang didapati adalah temuan karung pasir di dalam boks saluran air, barulah bisa disebut sebagai sebuah upaya menyabotase, sebagaimana temuan yang diungkapkan Walikota Jakarta Selatan beberapa waktu lalu. “Kalau dilakukan dengan menyumbat saluran itu yang disebut pelanggaran,” tegasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Sekadar Pendanaan Startup, IDPM MPTM Juga Hadirkan Lowongan Pekerjaa n.jpg

Bisnis

Tak Hanya Sekadar Pendanaan Startup, IDPM MPTM Juga Hadirkan Lowongan Pekerjaan

28 November 2022, 15:58

East Ventures melalui IDPM MPTM berupaya membuka kesempatan kepada para founder startup meraih pendanaan dan mereka yang terdampak badai PHK industri digital mendapatkan pekerjaan baru.

Fore Coffee Perpanjang Periode The Classic Treasure Series Sampai Tahun Depa n.jpg

Kuliner

Fore Coffee Perpanjang Periode The Classic Treasure Series Sampai Tahun Depan

28 November 2022, 14:56

Setelah ribuan konsumennya bersuara, Fore Coffee memutuskan untuk memperpanjang menu seasonal The Classic Treasure Series sampai tahun depan.

Konser di Edutorium UMS, Dewa 19 Sukses Hibur Penggemarnya di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser di Edutorium UMS, Dewa 19 Sukses Hibur Penggemarnya di Solo

28 November 2022, 10:55

Pada akhir pekan kemarin, band Dewa 19 bersama mantan anggotanya yang ikonik sukses manggung di Kota Solo melalui konser 30 Tahun Berkarya Dewa 19.

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar.jpg

Kecantikan dan Fashion

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar

25 November 2022, 16:36

Pihak penyelenggaran JFW 2023 mengungkapkan bahwa ini merupakan salah satu penyelenggaraan Jakarta Fashion Week dengan animo serta respons yang sangat positif dari fashionista di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.