Buku Ini Ulas Layanan Kesehatan Jiwa di Indonesia

Kesehatan

Buku Ini Ulas Layanan Kesehatan Jiwa di Indonesia

Masih banyak yang memandang sebelah mata mengenai kesehatan jiwa atau mental di Indonesia. Acap kali, masyarakat awam memandang pendekatannya dalam menanganinya cukup melalui sisi religi saja dan memilih tidak menanganinya secara serius. Padahal di belakang “layar” terdapat sejumlah praktisi kesehatan jiwa dan orang-orang yang berusaha mengemukakan isu kesehatan jiwa ini agar lebih diperhatikan publik serta pemerintah. Pasalnya, terdapat pandangan yang terkesan menganaktirikan kesehatan jiwa dibandingkan kesehatan fisik pada umumnya. Oleh karena itulah buku Jiwa Sehat, Negara Kuat dirilis untuk menunjukkan realita layanan kesehatan di Indonesia.

Dengan judul lengkap Jiwa Sehat, Negara Kuat: Masa Depan Layanan Kesehatan Jiwa di Indonesia, dua jilid buku ini secara resmi dirilis pada 13 Agustus 2019. Dalam proses pembuatan, buku ini melibatkan puluhan orang yang berasal dari lintas disiplin dan memiliki kepedulian di bidang kesehatan jiwa Indonesia. Dari mulai pengalaman layanan kesehatan jiwa yang berbasis komunitas hingga tantangan khusus yang harus dihadapi sejumlah pihak dalam menangani peliknya kesehatan jiwa di Tanah Air diulas dalam dua jilid buku ini.

Buku Ini Ulas Layanan Kesehatan Jiwa di Indonesia

Tim editor dari buku Jiwa Sehat, Negara Kuat menjelaskan, buku ini diluncurkan guna mengapresiasi kerja keras para dokter, psikolog, dan psikiater yang berusaha memberikan layanan kesehatan jiwa untuk masyarakat Indonesia di tengah berbagai keterbatasan yang ada. Mengingat jumlah praktisi kesehatan jiwa tidak seimbang dengan jumlah warga negara Indonesia, buku ini diharapkan dapat membantu pembaca melihat realita tersebut.

“Kita harus melihat gambar yang lebih luas. Kita harus berpikir karena kebanyakan dokter, psikolog, dan psikiater bekerja sangat keras. Mereka bekerja di universitas, klinik, praktik pribadi, dan saya sangat mengapresiasi dedikasi mereka. Namun hal lain perlu dilakukan, mengingat di Indonesia ada 1.000 psikiater untuk 165 juta penduduk Indonesia. Sehingga dibutuhkan suatu sistem untuk mengorganisir pelayanan kesehatan jiwa,” ungkap salah satu editor Jiwa Sehat, Negara Kuat Hans Pols kepada PingPoint.co.id terkait inspirasi buku tersebut di Universitas Atma Jaya, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan (13/8/2019).

[Baca Juga: Mari Ubah Stigma Negatif Terhadap Layanan Kesehatan Jiwa]

Menurut associate professor di Universitas Sydney itu buku ini ditargetkan untuk mahasiswa kedokteran, psikologi, dan psikiater agar mereka bisa menjadi generasi penerus yang mampu memunculkan inovasi sistem seperti yang diulas di atas. Selain itu, Hans Pols mengatakan, buku ini juga perlu dibaca para pemangku kebijakan di Indonesia.

“Orang-orang dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Sosial perlu membaca buku ini. Karena dua lembaga ini perlu bekerjasama agar mampu menangani masalah tunawisma serta membantu orang-orang berkebutuhan khusus yang hanya mampu ditangani jika keduanya saling bertukar keahlian. Orang-orang di dinas kesehatan juga diharapkan membacanya,” ujar Hans Pols.

[Baca Juga: Jangan Takut Konsumsi Obat Demi Kesehatan Jiwa]

Selain itu, Hans Pols berharap, masyarakat umum juga mau membaca buku Jiwa Sehat, Negara Kuat. Karena menurutnya, buku ini juga diharapkan dapat membantu meningkatkan kesadaran mengenai kesehatan jiwa di Indonesia serta layanannya.

“Buku ini dapat dibaca siapa saja, Anda tidak memerlukan gelar akademik untuk membacanya. Cerita-cerita di dalamnya juga dapat menginspirasi, seperti kisah perjuangan mengenai kesehatan jiwa seniman yang membuat sampulnya Anto Sg dan Vindy Ariella yang membuat ilustrasi di dalam bukunya. Saya pikir pemahaman umum mengenai gangguan kesehatan jiwa di Indonesia saat ini telah meningkat tapi masih membutuhkan ruang untuk peningkatan dan yang dibutuhkan adalah awareness dari gejala itu merupakan langkah pertama yang penting,” pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.


Comments


Please Login to leave a comment.