Bulog Surakarta Mulai Salurkan Gula Pasir Sesuai HET

Bisnis

Bulog Surakarta Mulai Salurkan Gula Pasir Sesuai HET

Di tengah pandemi COVID-19 dan bulan Ramadan ini, harga gula pasir mengalami kenaikan. Rata-rata, harga gula pasir yang semula berada pada kisaran Rp12.000 per kilogram menjadi sekitar Rp18.000 per kilogram hingga Rp20.000 per kilogram.

Perum Bulog Subdivre III Surakarta kini mulai menyalurkan gula pasir kepada masyarakat sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) atau Rp12.500 per kilogram. Hal ini dilakukan menyusul kenaikan harga gula pasir yang menembus Rp20.000 per kilogram.

[Baca Juga: Gula Bukan Hanya Pemanis, Ini 6 Manfaat Gula untuk Rumah Anda]

"Saat ini kami sudah menyalurkan di dua kecamatan di Kabupaten Sukoharjo," kata Kepala Perum Bulog Subdivre III Surakarta Imam Firdaus Jamal dilansir dari antaranews.com (28/4/2020).

Imam mengatakan, bentuk penyaluran tersebut dalam bentuk paket murah senilai Rp45.000. Tiap paket berisi 1 liter minyak goreng, 1 kg tepung terigu, dan 2 kg gula pasir.

"Untuk pemerataan, satu kecamatan kuotanya 2.500 paket. Jadi saat ini sudah ada sekitar 5.000 paket yang disalurkan. Besok kami menerima daftar penerima untuk kecamatan ketiga di Sukoharjo," katanya.

[Baca Juga: Antisipasi Panic Buying, Pemprov DKI Pastikan Stok Bahan Pangan Aman]

Guna mencegah terjadinya kerumunan saat pandemi COVID-12, pihaknya akan menyalurkan ke tingkat desa sebagaimana dengan jumlah yang diajukan kecamatan melalui Dinas Perdagangan. Imam pun berharap untuk kota dan kabupaten lainnya bisa mengikuti penyaluran seperti yang dilakukan di Kabupaten Sukoharjo.

Sementara itu, stok gula pasir yang kini dimiliki oleh Bulog Surakarta yakni sebanyak 20 ton. Sebanyak 700 ton lainnya sedang dalam proses pengiriman. Terkait dengan kemungkinan diadakannya operasi gula pasir di pasar tradisional Kota Solo, Imam mengatakan pihaknya belum menerima arahan tersebut.

"Kebetulan kami belum dilibatkan di situ karena kami sudah ikut waktu paket penanganan COVID-19. Kalau harus ada penyaluran lagi, saya menyarankan seperti Sukoharjo ini. Didata, terus nanti kami drop. Itu juga termasuk operasi pasar," katanya.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.