Bulog Surakarta Mulai Salurkan Gula Pasir Sesuai HET

Bisnis

Bulog Surakarta Mulai Salurkan Gula Pasir Sesuai HET

Di tengah pandemi COVID-19 dan bulan Ramadan ini, harga gula pasir mengalami kenaikan. Rata-rata, harga gula pasir yang semula berada pada kisaran Rp12.000 per kilogram menjadi sekitar Rp18.000 per kilogram hingga Rp20.000 per kilogram.

Perum Bulog Subdivre III Surakarta kini mulai menyalurkan gula pasir kepada masyarakat sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) atau Rp12.500 per kilogram. Hal ini dilakukan menyusul kenaikan harga gula pasir yang menembus Rp20.000 per kilogram.

[Baca Juga: Gula Bukan Hanya Pemanis, Ini 6 Manfaat Gula untuk Rumah Anda]

"Saat ini kami sudah menyalurkan di dua kecamatan di Kabupaten Sukoharjo," kata Kepala Perum Bulog Subdivre III Surakarta Imam Firdaus Jamal dilansir dari antaranews.com (28/4/2020).

Imam mengatakan, bentuk penyaluran tersebut dalam bentuk paket murah senilai Rp45.000. Tiap paket berisi 1 liter minyak goreng, 1 kg tepung terigu, dan 2 kg gula pasir.

"Untuk pemerataan, satu kecamatan kuotanya 2.500 paket. Jadi saat ini sudah ada sekitar 5.000 paket yang disalurkan. Besok kami menerima daftar penerima untuk kecamatan ketiga di Sukoharjo," katanya.

[Baca Juga: Antisipasi Panic Buying, Pemprov DKI Pastikan Stok Bahan Pangan Aman]

Guna mencegah terjadinya kerumunan saat pandemi COVID-12, pihaknya akan menyalurkan ke tingkat desa sebagaimana dengan jumlah yang diajukan kecamatan melalui Dinas Perdagangan. Imam pun berharap untuk kota dan kabupaten lainnya bisa mengikuti penyaluran seperti yang dilakukan di Kabupaten Sukoharjo.

Sementara itu, stok gula pasir yang kini dimiliki oleh Bulog Surakarta yakni sebanyak 20 ton. Sebanyak 700 ton lainnya sedang dalam proses pengiriman. Terkait dengan kemungkinan diadakannya operasi gula pasir di pasar tradisional Kota Solo, Imam mengatakan pihaknya belum menerima arahan tersebut.

"Kebetulan kami belum dilibatkan di situ karena kami sudah ikut waktu paket penanganan COVID-19. Kalau harus ada penyaluran lagi, saya menyarankan seperti Sukoharjo ini. Didata, terus nanti kami drop. Itu juga termasuk operasi pasar," katanya.


Read More

Artikel Lainnya

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount.jpg

Bisnis

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount

09 February 2023, 14:46

Titipku mengklaim ekosistem digital yang diterapkan perusahaannya di Pasar Modern Paramaount mampu mendorong model bisnis B2B2C, hingga menjadi lahan mengumpulkan pundi-pundi rupiah bagia Jatiper.

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.


Comments


Please Login to leave a comment.