BUMD Bahu-membahu Bantu Pemprov pada Masa PSBB Jakarta

Bisnis

BUMD Bahu-membahu Bantu Pemprov pada Masa PSBB Jakarta

Per Rabu (29/4/2020) situs covid19.go.id melaporkan sebanyak 4.092 warga Jakarta dinyatakan positif terinfeksi virus SARS-CoV-2. Sementara, jumlah pasien sembuh mencapai 440 orang dan 370 orang lainnya dilaporkan meninggal dunia.

Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) adalah kebijakan yang telah diterapkan Pemprov DKI Jakarta sejak periode 10-14 April lalu diperpanjang 28 hari hingga 22 Mei 2020 mendatang, untuk menekan laju penyebaran COVID-19.

Dalam menyukseskan program ini perlu sinergi semua pihak, bukan hanya elemen pemerintahan dan masyarakat saja. Dibutuhkan juga dukungan dari kalangan pengusaha atau badan usaha (swasta dan non-swasta), sebagaimana yang dilakukan dua Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) ini.

[Baca Juga: Belasan BUMD Bersatu Atasi Persoalan COVID-19 di Jakarta]

PD Dharma Jaya menyerahkan bantuan sebesar Rp200 juta kepada Baznas Bazis DKI Jakarta untuk membantu penanganan pandemi COVID-19 di Ibukota Jakarta. Penyerahan bantuan turut disaksikan langsung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Direktur Utama PD Dharma Jaya, Raditya Endra Budiman mengatakan, penyerahan bantuan berlangsung di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat. "Bantuan ini untuk warga DKI Jakarta yang terdampak COVID-19," ujar Raditya, seperti dilansir beritajakarta.id (29/4/2020).

Bantuan ini, jelasnya, merupakan bentuk kepedulian PD Dharma Jaya terhadap kondisi warga DKI Jakarta yang menjadi rentan akibat dampak pandemi COVID-19. Raditya menambahkan, nantinya bantuan akan disalurkan langsung oleh Baznas Bazis DKI Jakarta sesuai data yang mereka miliki.

BUMD Bahu-membahu Bantu Pemprov pada Masa PSBB Jakarta

Dia pun berharap, bantuan ini bisa digunakan untuk masyarakat terdampak COVID-19, atau dapat digunakan oleh Pemprov DKI Jakarta untuk kebutuhan lain yang memerlukan tambahan biaya. "Harapannya bantuan ini dapat membantu meringankan beban warga," tandasnya.

Sehari sebelumnya, Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Arief Nasruddin mengungkapkan, setidaknya ada tiga bentuk dukungan atas kebijakan PSBB yang diterapkan Pemprov DKI Jakarta. "Pertama, bentuk dukungan kami berawal dari menutup pasar tradisional non pangan seperti Pasar Tanah Abang dan lainnya sejak satu bulan lalu," ujar Arief, Selasa (28/4/2020).

[Baca Juga: BUMD Ini Dirikan 22 Westafel Portabel Bagi Warga Bogor]

Bentuk dukungan kedua, sambung Arief, untuk pasar pangan tetap buka melayani masyarakat dengan memperhatikan prosedur tetap (protap) penanganan pencegahan COVID-19 berjalan lancar. "Ketiga, Perumda Pasar Jaya memastikan ketersediaan bahan pangan selama pandemi COVID-19 dan di bulan Ramadan cukup, aman dan terkendali bekerja sama dengan BUMD pangan lain seperti PT Food Station Tjipinang Jaya dan PD Dharma Jaya," bebernya.

Sementara, untuk pengambilan pangan bersubsidi, lanjutnya, Arief memastikan stoknya tidak terganggu. Hanya saja karena penerapan PSBB, maka kegiatan ini untuk sementara dihentikan. "Pengambilan pangan bersubsidi di outlet Pasar Jaya seperti JakGrosir, Mini DC, dan Jakmart untuk sementara waktu dihentikan selama PSBB dan akan dibuka kembali setelah berakhirnya PSBB," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.

Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space.jpg

Hobi dan Hiburan

Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space

23 June 2022, 17:30

Duet Boyzlife disebut akan diboyong untuk tampil pada 7 Agustus 2022 nanti untuk menampilkan lagu-lagu hits kedua anggotanya ketika masih di grup boyband Boyzone serta Westlife.


Comments


Please Login to leave a comment.