Bupati Bekasi Imbau Warga Jauhi Lokasi Rawan Banjir

Berita Kawasan

Bupati Bekasi Imbau Warga Jauhi Lokasi Rawan Banjir

Tahun baru 2020, Jabodetabek dikejutkan dengan banjir di beberapa titik. Kondisi ini tentunya menimbulkan beberapa masalah seperti lumpuhnya jalur transportasi dan sangat rentan timbul banyak penyakit. Beberapa lokasi di Bekasi bahkan mengalami dampak dari hujan besar yang terjadi 12 jam nonstop saat tahun baru.

Karena intensitas hujan yang masih cukup tinggi, melansir dari bekasi.pojoksatu.go.id (2/1/2019) Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja mengimbau masyarakat agar mengungsi dan menjauh dari titik lokasi rawan banjir. Karena hingga saat ini air masih merendam pemukiman dan intensitas hujan masih cukup tinggi hingga beberapa hari ke depan. “Masyarakat yang tinggal di daerah rawan banjir dipersilahkan untuk menjauh atau mengungsi ke lokasi yang lebih aman untuk sementara waktu,” ujar Eka.

Bupati Bekasi Imbau Warga Jauhi Lokasi Rawan Banjir

Eka menambahkan, berdasarkan laporan yang ia dapatkan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terdapat 21 desa di 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Bekasi kini terendam banjir. Ia meminta agar masyarakat mengungsi sambil menunggu bantuan dari pihak terkait. “Kita terus monitor lokasi banjir. Upaya-upaya yang sudah kita (pemerintah Kabupaten Bekasi) lakukan seperti membuat tanggul sementara, untuk meminimalisir banjir yang makin parah,” kata Eka.

[Baca Juga: Ulurkan Tangan untuk Korban Banjir Jakarta di Posko Ini]

Menurut Eka, banjir yang dialami oleh 12 kecamatan di Kabupaten Bekasi disebabkan intensitas hujan yang cukup tinggi sehingga air kali atau sungai meluap ke pemukiman warga. Mengutip dari detik.com, hujan yang mengguyur Jabodetabek pada tahun baru 2020 ini merupakan curah hujan tertinggi sejak 1996 menurut Kepala Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati.

Bupati Bekasi Imbau Warga Jauhi Lokasi Rawan Banjir

Beberapa daerah yang mengalami musibah di tahun baru ini di antaranya adalah Kali Jambe, Kali CBL dan Sungai Citarum. Eka menyebutkan, dari akhir tahun 2019 hujan terus-terusan menurun hingga volume air meningkat dan meluap. Karena saat ini hujan masih akan terjadi, warga diharapkan menjauhi titik lokasi banjir.

Untuk warga yang menjadi korban banjir, Eka mengerahkan pihaknya untuk seluruh perangkat daerah memantau dan memberikan bantuan langsung. “Saya sudah instruksikan kepada mereka supaya terjun langsung ke lokasi banjir. Pantau kondisinya dan berikan bantuan kepada korban banjir,” ujar Eka.

[Baca Juga: Wali Kota Jakarta Timur Cek Kesiapan Jatinegara Hadapi Banjir]

Berdasarkan informasi yang diperoleh, selain pemukiman warga juga ada bangunan milik negara yang ikut terendam banjir, seperti pasar dan 30 bangunan sekolah di Kabupaten Bekasi


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Kelly 2 years, 8 months lalu
    kelly

    Poker165,co merupakan situs game online aman dan terpercaya yang menyediakan Berbagai Promo salah satunya Tripple Bonus yang Wow dan tidak pernah anda jumpai di tempat lain. Buruan bergabung serta Menangkan Hadiah & permainan nya, Cukup 1 user id saja anda bisa banyak bermain game. Pelayanan cepat, aman & terbaik!, Cs kami siap melayani Anda 24 jam nonstop!!! Untuk info lebih lanjut bisa hub cs kami di livechat/Wa : +855973489346 silahkan bisa di cek ke TKP dan buktikan sekarang juga. .