Bupati Bekasi Resmikan Puskesmas Cikarang Utara

Kesehatan

Bupati Bekasi Resmikan Puskesmas Cikarang Utara

Puskesmas atau pusat kesehatan masyarakat merupakan organisasi fungsional yang bertugas untuk memberikan layanan kesehatan dengan sifat menyeluruh, terpadu, merata, dapat diterima, dan terjangkau oleh masyarakat. Puskesmas berfungsi untuk memberikan pelayanan preventif, promotif, kuratif sampai dengan rehabilitatif melalui upaya kesehatan perorangan (UKP).

Puskesmas juga bisa memberikan pelayanan rawat inap selain pelayanan rawat jalan. Maka dari itu, setiap daerah memiliki Puskesmas di wilayahnya. Namun, sejak 2018 lali, Puskesmas Cikarang Utara dipindahkan sementara di gedung Pemadam Kebakaran Cikarang. Karena, bangunan Puskesmas sebelumnya sedang melewati proses removasi total Dinas PUPR Kabupaten Bekasi.

Bupati Bekasi Resmikan Puskesmas Cikarang Utara

Tingginya rasio penduduk yang harus dilayani Puskesmas Cikarang Utara membuah relokasi puskesmas untuk semenetara ini dikeluhkan banyak masyarakat. Namun akhirnya setelah menunggu cukup lama, untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat. Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja, akhirnya meresmikan gedung baru Puskesmas Cikarang Utara pada 5 Juli 2019.

Dalam acara peresmian tersebut, turut hadir pula Camat se-Kabupaten Bekasi, Kepala Desa, Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Kesehatan se-Kabupaten Bekasi.

[Baca Juga: Dinkes Kabupaten Bekasi Sebar Tenaga Medis di 11 Posko Mudik]

Melansir dari humas.bekasikab.go.id (8/7/2019) Puskesmas Cikarang Utara kini sudah menjadi bagian dari Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), yang berguna untuk meningkatkan fleksibilitas terkait anggaran pemenuhan kebutuhan pelayanan masyarakat.

Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja  mengatakan pihaknya kini tengah mencanangkan Universal Health Covarage (UHC) di puskesmas ini, sehingga nantinya seluruh warga Kabupaten Bekasi dapat memperoleh jaminan kesehatan. "Kita terus berupaya agar masyarakat Kabupaten Bekasi mendapat jaminan kesehatan, khususnya bagi warga yang tidak mampu," kata Eka. 

[Baca Juga: Puskesmas Beji Punya Layanan Curhat Dengan Mahasiswa Psikologi UI]

Dengan diresmikannya gedung Puskesmas Cikarang Utara tersebut, Ia berharap tenaga kesehatan yang bekerja didalamnya bisa lebih maksimal dalam memberikan pelayanan dan mutu, sehingga tercapai pelayanan kesehatan yang optimal, efektif dan efisien untuk masyarakat.

"Pemberian pelayanan kepada masyarakat harus optimal, efektif, dan efisien. Masyarakat pun dapat berobat secara gratis di puskesmas ini dengan memanfaatkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) ataupun Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda)," ujar Eka.

Kini, warga Cikarang Utara akan lebih nyaman ketika memiliki masalah kesehatan karena puskesmas telah memiliki fasilitas yang memadai dibandingkan sebelumnya.

Read More

Artikel Lainnya

Pengaruh Musik Metal Terhadap Kegalauan

Kesehatan

Pengaruh Musik Metal Terhadap Kegalauan

21 October 2019, 20:00  |  14 Views

Musik metal sering dianggap sebagai musik dengan konotasi yang negatif. Meski demikian, musik metal dipercaya dapat mengatasi masalah kegalauan.

5 Manfaat Jahe Ampuh Usir Penyakit Ini

Kesehatan

5 Manfaat Jahe Ampuh Usir Penyakit Ini

21 October 2019, 19:00  |  16 Views

Selain bermanfaat untuk menghangatkan badan, jahe juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut penjelasannya.

Temui Diecast Langka dan Spesial di Gelaran The 6th IDE 2019

Berita Kawasan

Temui Diecast Langka dan Spesial di Gelaran The 6th IDE 2019

21 October 2019, 18:41  |  15 Views

Ajang tahunan ini bakal memberikan kesempatan bagi para diecaster untuk melihat dan memiliki diecast langka yang hanya tersedia di The 6th IDE 2019 saja.

Himavoperta IPB Menggelar Seminar Agripreneur

Pendidikan

Himavoperta IPB Menggelar Seminar Agripreneur

21 October 2019, 18:00  |  12 Views

Seminar ini dilaksanakan untuk menambah pengetahuan generasi milenial mengenai pengelolaan sektor pertanian di Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.