Bupati Bekasi Resmikan Puskesmas Cikarang Utara

Kesehatan

Bupati Bekasi Resmikan Puskesmas Cikarang Utara

Puskesmas atau pusat kesehatan masyarakat merupakan organisasi fungsional yang bertugas untuk memberikan layanan kesehatan dengan sifat menyeluruh, terpadu, merata, dapat diterima, dan terjangkau oleh masyarakat. Puskesmas berfungsi untuk memberikan pelayanan preventif, promotif, kuratif sampai dengan rehabilitatif melalui upaya kesehatan perorangan (UKP).

Puskesmas juga bisa memberikan pelayanan rawat inap selain pelayanan rawat jalan. Maka dari itu, setiap daerah memiliki Puskesmas di wilayahnya. Namun, sejak 2018 lali, Puskesmas Cikarang Utara dipindahkan sementara di gedung Pemadam Kebakaran Cikarang. Karena, bangunan Puskesmas sebelumnya sedang melewati proses removasi total Dinas PUPR Kabupaten Bekasi.

Bupati Bekasi Resmikan Puskesmas Cikarang Utara

Tingginya rasio penduduk yang harus dilayani Puskesmas Cikarang Utara membuah relokasi puskesmas untuk semenetara ini dikeluhkan banyak masyarakat. Namun akhirnya setelah menunggu cukup lama, untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat. Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja, akhirnya meresmikan gedung baru Puskesmas Cikarang Utara pada 5 Juli 2019.

Dalam acara peresmian tersebut, turut hadir pula Camat se-Kabupaten Bekasi, Kepala Desa, Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Kesehatan se-Kabupaten Bekasi.

[Baca Juga: Dinkes Kabupaten Bekasi Sebar Tenaga Medis di 11 Posko Mudik]

Melansir dari humas.bekasikab.go.id (8/7/2019) Puskesmas Cikarang Utara kini sudah menjadi bagian dari Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), yang berguna untuk meningkatkan fleksibilitas terkait anggaran pemenuhan kebutuhan pelayanan masyarakat.

Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja  mengatakan pihaknya kini tengah mencanangkan Universal Health Covarage (UHC) di puskesmas ini, sehingga nantinya seluruh warga Kabupaten Bekasi dapat memperoleh jaminan kesehatan. "Kita terus berupaya agar masyarakat Kabupaten Bekasi mendapat jaminan kesehatan, khususnya bagi warga yang tidak mampu," kata Eka. 

[Baca Juga: Puskesmas Beji Punya Layanan Curhat Dengan Mahasiswa Psikologi UI]

Dengan diresmikannya gedung Puskesmas Cikarang Utara tersebut, Ia berharap tenaga kesehatan yang bekerja didalamnya bisa lebih maksimal dalam memberikan pelayanan dan mutu, sehingga tercapai pelayanan kesehatan yang optimal, efektif dan efisien untuk masyarakat.

"Pemberian pelayanan kepada masyarakat harus optimal, efektif, dan efisien. Masyarakat pun dapat berobat secara gratis di puskesmas ini dengan memanfaatkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) ataupun Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda)," ujar Eka.

Kini, warga Cikarang Utara akan lebih nyaman ketika memiliki masalah kesehatan karena puskesmas telah memiliki fasilitas yang memadai dibandingkan sebelumnya.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.