Bupati Semarang Meminta Warga Ikut Pantau Para Pendatang

Berita Kawasan

Bupati Semarang Meminta Warga Ikut Pantau Para Pendatang

Bupati Semarang Mundjirin meminta warganya terlibat dalam upaya menekan laju penyebaran COVID-19. Saat penyerahan sembako di Kantor Kecamatan Banyubiru pada Senin (27/4/2020), Ia meminta warga memantau dan mencatat para pendatang di Kabupaten Semarang selama masa pandemi COVID-19. Data hasil pantauan warga dibutuhkan agar para pendatang tersebut mendapat penanganan sesuai protokol kesehatan.

“Para ketua RT dan RW perlu mengajak warga untuk peduli memantau para pendatang. Sebab, bisa saja mereka merupakan Orang Dalam Pemantauan atau pun Pasien Dalam Pengawasan karena Virus Corona. Laporkan ke bidan desa atau petugas kesehatan terdekat untuk mendapat penanganan sesuai protokol kesehatan,” kata Mundjirin, dikutip dari jatengprov.go.id (28/4/2020).

Bupati Semarang Meminta Warga Ikut Pantau Para Pendatang

Hingga kini, sudah ada laporan bahwa banyak pendatang yang tiba di Kabupaten Semarang. Salah satu kabar datang dari Desa Sepakung, Kecamatan Banyubiru. Kepala Desa Sepakung Ahmad Nuri mengatakan, sudah ada 63 warganya pulang dari perantauan. Mereka adalah warga Desa Sepakung yang mengadu nasib di Kalimantan, Jakarta, Surabaya, Malaysia, dan Singapura.

Ahmad mengungkapakan, 63 orang tersebut akan menjalani karantina mandiri selama empat belas hari di rumah masing-masing. Pihaknya juga telah menyiapkan balai desa sebagai tempat karantina. Kebijakan ini, kata Ahmad, merupakan aturan yang dibuat oleh pemerintah desa untuk menindak para pendatang.

Mundjirin sendiri meyakini masih akan ada banyak pendatang yang tiba di tengah pandemi. Oleh karenanya, seluruh kepala desa diminta aktif menggerakan perangkatnya untuk mendata para pendatang.

[Baca Juga: Aturan Penting PKM, "PSBB" ala Kota Semarang]

Selain mendata, Mundjirin juga meminta kepala desa mengalokasikan dana desa untuk mengadakan bantuan sosial bagi warga yang terdampak secara ekonomi. Hal ini karena bantuan sembako dari Pemerintah Kabupaten belum dapat mencukupi seluruh warga yang terdampak. Mundjirin mengingatkan kepala desa untuk menaati peraturan yang ada dalam pengalokasian dana desa ini.

Hingga 28 Aoril 2020 pukul 07.00 WIB, melalui situs corona.semarangkab.go.id, tercatat 11 kasus positif COVID-19 di Kabupaten Semarang. Dari jumlah tersebut, 6 di antaranya dinyatakan sembuh, 2 meninggal dunia, dan 3 orang lagi sedang mendapat perawatan.

Sementara itu, total PDP yang tercatat sebanyak 39 orang. Terdapat 24 orang di antaranya dinyatakan negatif melalui uji swab, 8 meninggal dunia, dan 7 orang lagi masih dirawat serta menunggu hasil uji laboratorium.


Read More

Artikel Lainnya

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar.jpg

Berita Kawasan

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar

05 December 2022, 14:15

Festival Dayung Ciliwung 2022 berhasil digelar pada akhir pekan kemarin yang disebut digelar untuk meningkatkan kepedulian publik Ibu Kota untuk menjaga lingkungan sungai.

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakart a Barista League 2022 Sukses Digelar.jpg

Berita Kawasan

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakarta Barista League 2022 Sukses Digelar

05 December 2022, 10:14

Pada akhir pekan kemarin, Pemprov DKI Jakarta sukses menggelar event Jakarta Barista League 2022 yang menjadi wadah kompetisi bagi para barista dari berbagai wilayah Tanah Air.

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.


Comments


Please Login to leave a comment.