Bus JRC Jadi Varian Transportasi Publik Teranyar Warga Depok

Berita Kawasan

Bus JRC Jadi Varian Transportasi Publik Teranyar Warga Depok

Moda transportasi massal yang aman, nyaman dan dengan jumlah yang memadai adalah salah satu kebutuhan masyarakat yang harus segera dipenuhi, agar dapat mengalihkan penggunaan kendaraan pribadi di jalan raya sekaligus menekan angka kemacetan lalu lintas.

Hal itu yang tengah diupayakan oleh Pemerintahan Kota (Pemkot)Depok. Wilayah yang dijuluki sebagai Kota Petir ini sejatinya memiliki rencana untuk meningkatkan jumlah moda angkutan publik sebanyak 40 persen dari jumlah yang telah ada.

Bus JRC Jadi Varian Transportasi Publik Teranyar Warga Depok

Karenanya, Dinas Perhubungan Kota Depok senantiasa selalu berkolaborasi dengan berbagai pihak termasuk dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Dishub DKI Jakarta, Transjakarta dan PPD, dengan asas prinsip collaborative governance.

Berkat kolaborasi yang telah dijalani, kini warga Kota Depok memiliki varian transportasi publik anyar. Baru-baru ini Dishub Kota Depok telah resmi mengoperasikan Bus Jabodetabek Residence Connexion (JRC) dengan rute perumahan Grand Depok City (GDC) menuju ITC Cempaka Mas, Jakarta Pusat.

[Baca Juga: Sosialisasi Jak Lingko, Layanan Transportasi Terintegrasi]

Untuk kali ini rute tersebut melayani masyarakat pada pagi hari pukul 06:00 dan 06:15 WIB untuk keberangkatan dan di sore hari pada pukul 17:00 dan 17:15 WIB untuk kepulangan. “Tujuannya tak lain dan tak bukan untuk memberikan kemudahan akses layanan transportasi publik langsung dari sumbernya dan mengurangi keberadaan angkutan pribadi di jalan raya,” tutur Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok Dadang Wihana di kantornya, seperti dilansir republika.co.id (27/2/2020).

Dia menambahkan untuk saat ini dalam rangka uji coba pelayanan JRC dimulai dari GDC-Halte Juanda-Pintu Tol Cijagi-ITC Cempaka Mas dengan tarif Rp15.000 dan ke depannya akan dikembangkan rute baru. Yakni, dari Kota Depok ke Lebak Bulus dan Lapangan Banteng.

[Baca Juga: Perbandingan Tarif 4 Transportasi Bandara, Lebih Murah Mana Ya?]

“Nanti saat pintu tol Sawangan 4 dibuka akan diuji coba dari pemukiman Sawangan Permai. Untuk saat ini, baru dua bus yang beroperasi dan setiap busnya berkapasitas 50 penumpang. JRC ini layanannya bersifat premium dan kami melihat trennya cukup positif,” bebernya.

Menambahkan, Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Dishub Kota Depok Marbudiantono menjelaskan bahwa sasaran dari bus JRC adalah warga di pemukiman yang 80 persen aktivitas pekerjaannya berada di Kota Jakarta.

“Tidak menutup kemungkinan nantinya bus ini juga akan tersedia di perumahan di wilayah timur mau pun wilayah barat dengan berbagai trayek. Mudah-mudahan ini menjadi salah satu solusi agar warga mau beralih ke transportasi umum,” harapnya.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.