Beroperasi 2 November, Bus Kita Trans Pakuan Kota Bogor Gratis Hingga Akhir Tahun 1.jpg

Berita Kawasan

Bus Kita Trans Pakuan Kota Bogor Gratis Hingga Akhir Tahun

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor terus berupaya melakukan pembenahan terhadap transportasi umum di Kota Bogor salah satunya konversi (penggabungan tiga angkot menjadi satu bus). Pembenahan tersebut dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi jumlah angkutan perkotaan (angkot) dan memberikan kenyamanan, serta kemudahan bagi masyarakat.

Baru-baru ini, Wali Kota Bogor, Bima Arya memamerkan sebuah bus yang diberi nama Bus Kita Trans Pakuan, hasil kolaborasi Pemerintah Kota Bogor dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ). Bima mengatakan, Bus Kita Trans Pakuan ini nantinya akan diproyeksikan untuk menggantikan angkot-angkot di Kota Bogor, nantinya 49 bus dari BTPJ, akan menggantikan sebanyak 147 unit angkot hingga akhir tahun 2021. Bima menjelaskan para pengemudi angkot akan dijadikan pengemudi bus dengan sistem shift, bagi pengemudi angkot yang tidak menjadi pengemudi bus akan dilatih untuk menjadi mekanik atau ditempatkan di bagian perawatan.

Beroperasi 2 November, Bus Kita Trans Pakuan Kota Bogor Gratis Hingga Akhir Tahun.jpg

Diberitakan kotabogor.go.id (30/10/2021), bus berukuran tiga perempat ini dijadwalkan akan beroperasi pada 2 November 2021 dengan melayani koridor lima yang melintasi rute Ciparigi, Warung Jambu, Jalan Ahmad Yani, Kawasan Air Mancur, Flyover R.E. Martadinata, Merdeka, Jembatan Merah, dan Stasiun Bogor. Kemudian dari Stasiun Bogor kembali menuju Ciparigi melalui Jalan Juanda, Jalan Jend, Sudirman, Jalan Pemuda, Warung Jambu, Jalan Sholeh Iskandar, Talang, dan Simpang Pomad.

Bus ini memiliki bentuk yang futuristik dengan ditambah sentuhan desain Batik Bogor, dilengkapi beberapa fasilitas, seperti fasilitas bracket atau rak khusus sepeda yang dipasang pada bagian depan bus untuk memudahkan para goweser, terdapat juga pendingin ruangan (AC), CCTV, passenger counting system, disability friendly, peralatan keamanan APAR, dan pintu emergency. Bus Kita Trans Pakuan ini diklaim bisa menampung kapasitas penumpang sebanyak 35 orang penumpang yang terdiri dari 20 tempat duduk, dan 15 berdiri.

[Baca Juga: Bantu Penataan Transportasi Ojol, Pemkot Bogor Gandeng Grab]

“Inilah penampilan Bus Kita Trans Pakuan yang sedang diproduksi di karoseri Laksana. Kerjasama dengan BPTJ Kemenhub. Insya Allah 49 bus siap meluncur di November ini menggantikan 147 angkot, konversi tiga angkot menjadi satu bus,” ungkap Bima saat melihat proses produksi Bus Kita Trans Pakuan di Karoseri Laksana, Semarang, Jum’at (29/10/2021).

Di tempat yang sama, Sekretaris BPTJ, Zamrides mengatakan kehadiran Bus Kita Trans Pakuan ini merupakan implementasi program Buy The Service (BTS). Zamrides menambahkan, rencana awal BPTJ akan menghadirkan 75 bus di Kota Bogor, namun dikarenakan waktu yang pendek, baru bisa 49 bus yang dihadirkan.

“Bus Kita Trans Pakuan ini akan soft launching awal November dan sudah langsung beroperasi. Untuk awal gratis hingga akhir tahun, nanti kita akan evaluasi. Bisa saja kalau sudah berbayar, bayarnya setengah atau seperti apa skemanya, tapi tetap ada subsidi,” kata Zamrides.

[Baca Juga: Rekomendasi Kampus Swasta di Bogor, Universitas Pakuan Buka Gelombang Ke-3]

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bogor, Eko Prabowo menyambut baik progres penataan transportasi umum di Kota Bogor ini. Untuk menyukseskan program BTS ini, pihaknya sudah melakukan beberapa persiapan, diantaranya pembekalan dan pelatihan bagi pengemudi bus, cek halte, sosialisasi kepada masyarakat hingga survey kondisi lalu lintas. Eko berharap program BTS ini bisa menjadi batu loncatan untuk penataan transportasi di Kota Bogor selanjutnya, dan menjadi momentum serta semangat baru bagi Pemkot Bogor untuk bekerja sama menata transportasi yang baik untuk ke depannya.

“Silahkan masyarakat menikmati bus ini tidak berbayar alias gratis sampai akhir Desember. Kelebihannya sangat banyak, nyaman, kecepatan waktu karena tidak ngetem, dan terdapat fasilitas lainnya,” kata Eko.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.