Atasi Mastitis dengan Cara Ini Busui

Kesehatan

Busui, Pahami dan Atasi Mastitis dengan Cara-cara Ini!

Sebagai seorang ibu, menyusui sang buah hati adalah bentuk perjuangan. Berbagai masalah saat menyusui pun sering dialami ibu menyusui atau busui. Seperti kondisi saluran ASI tersumbat hingga menyebabkan radang payudara serta membengkaknya jaringan payudara. Kondisi tersebut dinamakan dengan mastitis yang menyebabkan ibu menyusui atau busui demam, letih, dan lesu.

Masitis dapat terjadi ketika bakteri yang seringkali dari mulut bayi, memasukkan saluran susu melalui celah di puting susu ibu. Seperti dilansir webmd.com (06/12/2019). Pada wanita sehat, mastitis jarang terjadi. Namun, wanita dengan diabetes, penyakit kronis, AIDS, atau gangguan sistem kekebalan tubuh kemungkinan lebih rentan menderita masitis. Bagi ibu mengalami mastitis tentu tidak enak rasanya. Namun, sangat membantu membersihkan infeksi dan tidak akan membahayakan bayi.

[Baca Juga: Cara Mencegah Mastitis Pada Ibu Menyusui]

Mengapa Bisa Terjadi Mastitis?

  • Tersumbatnya saluran ASI ini dapat terjadi karena saat bayi menyusui tidak benar-benar mengisap puting ibunya. Ibu menyusui perlu mengubah posisi menyusui bayinya sehingga bayi mengisap ASI dengan benar.
  • Tekanan pada payudara seperti mengenakan bra dengan ketat bisa membuat tekanan payudara.
  • Jarang menyusui ketika bayi mulai tidur sepanjang malam.

Atasi Mastitis dengan Cara Ini Busui

Cara Mengatasi Mastitis

Bagi ibu menyusui yang sedang mengalami mastitis. Anda tidak perlu khawatir tidak bisa menyusui bayi Anda lagi. Kondisi tersebut bisa diatasi dengan melakukan 4 langkah ini.

  1. Berikan waktu untuk istirahat Anda, saat mastitis terjadi pada Anda. Istirahat berguna untuk merilekskan tubuh Anda akibat mastitis. Perbanyaklah minum air mineral agar tehidrasi dan mendapatkan nutrisi yang cukup baik.
  2. Mengutip medicalnewstoday.com (06/12/2019). Minumlah Echinacea dan Vitamin C untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi. Jika infeksi berlanjut hingga beberapa hari, segera konsultasikan ke dokter.
  3. Kompres payudara dengan air hangat ke area saluran payudara yang tersumbat. Atau merendam payudara Anda ke dalam wadah yang berisi air hangat. Mandi air hangat atau mandi juga bisa meredakan mastitis.
  4. Posisi menyusui yang benar dengan mengusahakan untuk menyusui bayi di sisi saluran yang tersumbat sesering dan selama mungkin untuk mengatasi penyumbatan. Memijat payudara saat bayi menyusu juga dapat membantu.

[Baca Juga: Busui, Inilah 5 Cara Memperbanyak ASI Secara Alami]

Menyusui si kecil memang butuh pengorbanan dan perjuangan, tapi ingatlah kebutuhan bayi untuk mendapatkan ASI juga sangat baik bagi kehidupannya kelak.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.