tatiloOK2.jpg

Kecantikan dan Fashion

Cakep! Perusahaan Siswa SMAN 3 Semarang Produksi Tas “Tatilo”

SMAN 3 Semarang yang berdiri sejak tanggal 1 November tahun 1877 dan beralamat di Jalan Bodjong 149 (Jl. Pemuda 149) terkenal dengan sekolah yang menghasilkan bibit unggul dan tokoh sukses di tanah air. Sebut saja Menteri Keuangan, Sri Mulyani, Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi dan Pakar Kuliner, Bondan Winarno merupakan segelintir alumni SMAN 3 Semarang yang memiliki prestasi nasional bahkan internasional. Tak hanya menghasilkan bibit unggul dengan prestasinya di bidang akademik, sekolah ini ternyata mampu menumbuhkan jiwa entrepreneur pada siswanya.

Jiwa enterpreneur siswa SMAN 3 Semarang sudah mulai dibangun dimasa sekolah, ini terlihat dari kreativitas yang dilakukan sejumlah siswa SMAN3 Semarang. Melalui pemikiran muda dan kreatif para siswa mereka mampu mengembangkan bisnis inovatif. Salah satunya adalah usaha yang dilakukan sejumlah siswa dengan memanfaatkan kain-kain bekas yang dijadikan bahan pembuatan sling bag, mini back pack, maupun pouch bag kekinian dengan merk "Tatilo".

tatiloOK3.jpg

Para siswa tersebut tak hanya memproduksi tas saja, sebagai bentuk komitmen dan keseriusan untuk menjalankan usaha ini, siswa-siswi SMA 3 Semarang membentuk sebuah perusahaan yang diberi nama “Wignesa” sebagai perusahaan yang menaungi produk “Tatilo”. Nama Wignesa sendiri diambil dari singkatan Wigunaning Negara Satria Ganesa. Vice President Public Relations Wignesa yang terpilih adalah Salsabila Aulia, ia mengatakan bahwa perusahaan ini berdiri sejak bulan April 2021. Namun selama 5 bulan beroperasi, total produksinya sudah mencapai 100 tas.

Proses produksi tas “Tatilo” dibantu oleh dua orang penjahit. Kain yang digunakan biasanya berbahan kain jeans atau batik bekas. "Untuk produksinya, kami bekerja sama dengan dua penjahit untuk membuat tas-tas tersebut. Kita juga membantu dalam memilah memilih bahan bakunya, biasnya kita menggunakan kain jeans atau batik bekas," ujar Salsabila dalam keterangan tertulis yang diterima Pingpoint.co.id (27/7/2021).

Ada alasan tersendiri mengapa produk tas yang dikeluarkan Wignesa menggunakan kain bekas. Salsabila menyebut bahwa pihaknya memang sengaja memilih bahan baku kain bekas dengan maksud untuk mengatasi pencemaran lingkungan yang disebabkan melimpahnya limbah kain bekas. “Wignesa merupakan perusahaan yang memperhatikan isu lingkungan dan isu sosial atau ecopreneur dan sociopreneur," tambahnya.

tatiloOK.jpg

Harga Tas Tatilo sendiri cukup terjangkau dan berada di kisaran Rp70.000 hingga Rp80.000-an. Tak hanya sekedar mencari keuntungan semata, tas ini juga memberi pesan untuk melestarikan budaya dibalik unsur batiknya. "Selain kami bangga karena Tatilo bisa ikut perlombaan tingkat regional Jateng dan Jatim, harapan kami, dengan Tatilo ini bisa membantu perekonomian para penjahit partner kami. Dalam produksi produk kami juga berusaha memuat unsur budaya Tanah Air berupa kain batik, sebagai upaya kita nguri-nguri budaya," terang Salsabila.


Read More

SMAN 3 Semarang

Sekolah Menengah Atas

+62243544287
None

Artikel Lainnya

Penanjakan

Berita Kawasan

Sensasi 8 Derajat dan Sunrise yang (Nyaris) Tidak Terlihat di Penanjakan

21 September 2021, 21:09

Sejak dini hari, tempat ini sudah mulai dikunjungi masyarakat, beberapa bersama pasangan, keluarga, atau pun rekan-rekannya.

Desa Wisata Edelweis

Berita Kawasan

Desa Wisata Edelweis, Tempat Baru dengan Hamparan Bunga Abadi

21 September 2021, 20:08

Baru sekitar satu bulan disediakan café bagi pengunjung di tempat ini. Sebelumnya, tempat ini hanya berupa perkebunan saja.

Permudah Konsultasi Dokter Spesialis via Telemedicine, AlteaCare Resmi Dilunc urkan.jpg

Kesehatan

Konsultasi Dokter Spesialis via Telemedicine, AlteaCare Resmi Diluncurkan

21 September 2021, 19:07

Dengan menggandeng RS Mitra Keluarga, AlteaCare permudah pasien, khususnya dengan penyakit kronis, berkonsultasi dengan dokter spesialis tanpa perlu keluar dari rumah.

Laque Outfit 3.jpg

Kecantikan dan Fashion

Model Baju Kekinian Ala Drama Korea? Cek di Laque Outfit

21 September 2021, 18:08

Sedang mencari aneka outfit ala Drama Korea? Cobalah untuk melihat-lihat di Laque Outfit, sebuah toko Butik di Bandung.


Comments


Please Login to leave a comment.