Camat Cipayung Ajak Tokoh Masyarakat Edukasi Kurangi Penggunaan Plastik

Berita Kawasan

Camat Cipayung Ajak Tokoh Masyarakat Edukasi Kurangi Plastik

Tak bisa dipungkiri bahwa banyak warga di Tanah Air yang masih bergantung terhadap penggunaan kantong plastik dalam membawa barang belanjaan mereka. Namun karena membutuhkan ratusan tahun untuk terurai, sampah dari kantong plastik pun menuai masalah lingkungan. Permasalahan penggunaan kantong plastik ini turut menuai perhatian Camat Cipayung Asep Rahmat. Ia mengajak banyak pihak untuk membantu melakukan sosialisasi pengurangan penggunaan kantong plastik.

Kampanye mengenai kantong plastik dari Camat Cipayung, Depok tersebut bertepatan dengan digelarnya Plastic Bag-Free Day atau Hari Anti-Kantong Plastik internasional. Asep menegaskan bahwa pihaknya terus mengampanyekan hal tersebut demi mengurangi dampak lingkungan yang disebabkan kantong plastik.

Camat Cipayung Ajak Tokoh Masyarakat Edukasi Kurangi Penggunaan Plastik

“Dalam setiap kesempatan, kami selalu memberikan sosialisasi pengurangan penggunaan plastik kepada warga, khususnya di Cipayung. Saya juga mengajak masyarakat melalui sosial media,” jelasnya, sebagaimana dikutip dari depok.go.id (4/7/2019).

Jajaran otoritas di wilayah Kecamatan Cipayung, Kota Depok juga turut mendapatkan instruksi untuk membantu Asep dalam melakukan kampaye mengenai penghentian penggunaan kantor plastik. Bahkan ia tak segan mengajak tokoh agama untuk ikut melakukan sosialisasi tersebut. “Kepada Ketua MUI Kecamatan Cipayung, kami minta agar para mubalig bisa menyisipkan informasi itu di setiap ceramahnya,” ungkapnya.

[Baca Juga: Kurangi Konsumsi Plastik, Penggunaan Tumbler Terus Digencarkan]

Camat Cipayung itu juga mengingatkan agar masyarakat di wilayahnya dapat membantu melakukan pengelolaan sampah rumah tangga di lingkungan mereka. Hal ini disebut sudah sesuai dengan peraturan pemerintah dan bisa dilakukan dengan memilah sampah yang dibuang para warga, salah satunya dengan memisahkan plastik dengan sampah lainnya. Asep menambahkan, lebih baik warganya untuk membawa tempat minum sendiri dibandingkan menggunakan pembungkus plastik yang kelak langsung dibuang usai dikonsumsi.

Hal yang serupa sebenarnya sudah disuarakan Wali Kota Depok Mohammad Idris semenjak Maret 2019. Ia juga memberikan imbauan agar warga di wilayahnya berhenti menggunakan kantung plastik. Bahkan untuk menguatkan imbauan tersebut, ia pun mempertimbangkan untuk menambah peraturan daerah atau Perda Kota Depok terkait kantong plastik.

[Baca Juga: Kreativitas Warga Sunter Agung Merajut Limbah Plastik]

“Perda pengelolaan sampah Kota Depok kita sudah punya. Kita lihat apakah direvisi atau membuat khusus perda larangan penggunaan kantong plastik tersebut. Kalau menurut saya Perda pengelolaan sampah itu direvisi, namun ditambah adanya larangan penggunaan kantong plastik,” ujar Wali Kota Depok tersebut, sebagaimana dilansir dari suara.com (1/3/2019).


Read More

Artikel Lainnya

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga.jpg

Hobi dan Hiburan

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga

08 August 2022, 14:14

Mengenang wafatnya senimaan kenamaan di arean Jalan Braga Kota Bandung, pameran Pulau Emas digelar di Galeri Seni Ropih.

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan.jpg

Bisnis

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan

08 August 2022, 11:12

: Dalam upaya membantu pemasaran produk wirausaha di wilayahnya, Pemprov DKI Jakarta baru-baru ini mengikutsertakan produk Jakpreneur di event Pujafest 2022 di Candi Prambanan.

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran Hingga 9 Agustus 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran

05 August 2022, 17:28

Pameran sekaligus kompetisi filateli tingkat internasional saat ini tengah digelar di Jiexpo Kemayoran dan bisa Anda kunjungi tanpa biaya sepeser pun.


Comments


Please Login to leave a comment.