Camat Cipayung Ajak Tokoh Masyarakat Edukasi Kurangi Penggunaan Plastik

Berita Kawasan

Camat Cipayung Ajak Tokoh Masyarakat Edukasi Kurangi Plastik

Tak bisa dipungkiri bahwa banyak warga di Tanah Air yang masih bergantung terhadap penggunaan kantong plastik dalam membawa barang belanjaan mereka. Namun karena membutuhkan ratusan tahun untuk terurai, sampah dari kantong plastik pun menuai masalah lingkungan. Permasalahan penggunaan kantong plastik ini turut menuai perhatian Camat Cipayung Asep Rahmat. Ia mengajak banyak pihak untuk membantu melakukan sosialisasi pengurangan penggunaan kantong plastik.

Kampanye mengenai kantong plastik dari Camat Cipayung, Depok tersebut bertepatan dengan digelarnya Plastic Bag-Free Day atau Hari Anti-Kantong Plastik internasional. Asep menegaskan bahwa pihaknya terus mengampanyekan hal tersebut demi mengurangi dampak lingkungan yang disebabkan kantong plastik.

Camat Cipayung Ajak Tokoh Masyarakat Edukasi Kurangi Penggunaan Plastik

“Dalam setiap kesempatan, kami selalu memberikan sosialisasi pengurangan penggunaan plastik kepada warga, khususnya di Cipayung. Saya juga mengajak masyarakat melalui sosial media,” jelasnya, sebagaimana dikutip dari depok.go.id (4/7/2019).

Jajaran otoritas di wilayah Kecamatan Cipayung, Kota Depok juga turut mendapatkan instruksi untuk membantu Asep dalam melakukan kampaye mengenai penghentian penggunaan kantor plastik. Bahkan ia tak segan mengajak tokoh agama untuk ikut melakukan sosialisasi tersebut. “Kepada Ketua MUI Kecamatan Cipayung, kami minta agar para mubalig bisa menyisipkan informasi itu di setiap ceramahnya,” ungkapnya.

[Baca Juga: Kurangi Konsumsi Plastik, Penggunaan Tumbler Terus Digencarkan]

Camat Cipayung itu juga mengingatkan agar masyarakat di wilayahnya dapat membantu melakukan pengelolaan sampah rumah tangga di lingkungan mereka. Hal ini disebut sudah sesuai dengan peraturan pemerintah dan bisa dilakukan dengan memilah sampah yang dibuang para warga, salah satunya dengan memisahkan plastik dengan sampah lainnya. Asep menambahkan, lebih baik warganya untuk membawa tempat minum sendiri dibandingkan menggunakan pembungkus plastik yang kelak langsung dibuang usai dikonsumsi.

Hal yang serupa sebenarnya sudah disuarakan Wali Kota Depok Mohammad Idris semenjak Maret 2019. Ia juga memberikan imbauan agar warga di wilayahnya berhenti menggunakan kantung plastik. Bahkan untuk menguatkan imbauan tersebut, ia pun mempertimbangkan untuk menambah peraturan daerah atau Perda Kota Depok terkait kantong plastik.

[Baca Juga: Kreativitas Warga Sunter Agung Merajut Limbah Plastik]

“Perda pengelolaan sampah Kota Depok kita sudah punya. Kita lihat apakah direvisi atau membuat khusus perda larangan penggunaan kantong plastik tersebut. Kalau menurut saya Perda pengelolaan sampah itu direvisi, namun ditambah adanya larangan penggunaan kantong plastik,” ujar Wali Kota Depok tersebut, sebagaimana dilansir dari suara.com (1/3/2019).


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.