Cantik dari Luar dan Dalam dengan Bahan-bahan Alami dari Javara.jpg

Kecantikan dan Fashion

Cantik dari Luar dan Dalam dengan Bahan Alami Javara

Jamu berasal dari dua kata: “Jampi-jampi”, yaitu doa dan “Husodo” yang berarti kesehatan dalam Bahasa jawa. Jamu dapat diolah dari bahan-bahan alami, seperti daun, akar, kulit kayu, bunga, biji dan buahan.

Mengenal lebih dekat dengan obat herbal tradisional ini, Javara Indigenous Indonesia mengadakan sebuah workshop dengan tema “Ngadi Saliro-Beautiful Inside Out, The Natural Way” yang berlokasi di Jalan Kemang Utara (26/02/2019). Tak hanya untuk hari ini saja, Javara akan mengadakan beberapa workshop untuk seminggu ke depan dengan tema yang berbeda. Kali ini, PingPoint.co.id berkesempatan menghadiri workshop untuk menjelajahi rasa jamu.

[Baca Juga: Berburu Barang-barang Garage Sale di Suwe Ora Jamu]

Dalam workshop yang dipandu Plant-Based Certified Nutritionist dan Cicit dari Pendiri PT. Ny. Meneer Vanessa Kalani Ong itu menjelaskan tentang tema Ngadiro Saliro. Artinya yaitu ritual putri keraton yang secara turun-menurun dari putri-putri keraton di Solo. Ia mencontohkan ritual yang dilakukan Putri Solo Gusti Nurul. Menurutnya, putri keraton ini sangat menjaga penampilannya dari luar dan dalam. Salah satu ramuan yang dipakai dari luar adalah bedak Centhini atau yang kita kenal dengan bedak dingin.

Bedak Centhini Berbahan Alami dari Javara

Bedak Centhini

Sesi pertama workshop ini, membuat bedak Centhini dari bahan-bahan alami yang telah disediakan di meja para peserta. Bahan-bahannya terdiri dari beras putih Javara (yang sudah dihaluskan) bunga melati, kulit jeruk purut, daun pandan, temugiring, air atau teh embun atau air mawar. Para peserta berkesempatan membuatnya sendiri.

Cara membuatnya cukup mudah: melati, jeruk purut dan daun pandan ditumbuk sampai halus dan diberi sedikit air lalu disaring. Setelah disaring, ambil sedikit beras putih Javara dan campurkan sedikit dari air yang sudah disaring tersebut dan dibentuk bulat-bulat kecil. Setelah dibentuk, lalu keringkan sampai kering.

Banyak sekali manfaat menggunakan bedak centhini, antara lain: mengencangkan dan mencerahkan kulit. Mencegah kerut, flek-flek.

Teh Srikandi dari Bahan-bahan Alami Javara

Teh Srikandi

Sesi kedua, workshop dilanjutkan dengan membuat Teh Srikandi yang juga merupakan ramuan putri keraton untuk menjaga kesehatan dari dalam. Bahan-bahan membuat Teh Srikandi terbuat dari daun jati Belanda yang dapat melangsingkan badan, Pulosari yang berguna mejaga kerapatan miss V, serta Madu Tamarind Javara untuk meningkatkan stamina, anti bakteri, anti jamur, dan membuat kulit halus dan lembut.

Workshop yang terdiri dari dua sesi tersebut berlangsung selama tiga jam. Selama sesi kedua, peserta membuat teh dan makan siang sambil menunggu bedak centhini mengering dan bisa dibawa pulang.

Workshop Jamu Javara Culture

Javara Culture

Sebelum workshop dimulai, Associate Director untuk Divisi Marketing, Branding & Activation Javara Sutji Sasrowardjojo menjelaskan sejarah berdirinya rumah produksi makanan terbaik warisan budaya Indonesia ini.

Javara berangkat dari fakta bahwa setiap tahun kehilangan satu juta orang petani, karena petani-petani tidak mau menurunkan ilmunya kepada anak-anaknya dan anak-anaknya tidak terinspirasi untuk menjadi petani. Padahal, bahan pangan Indonesia begitu kaya bahkan banyak yang terlupakan itu, sarat manfaat dan sarat makna secara spiritual. Ada banyak sekali cerita dari beras atau daun-daun di sekitar Anda.

[Baca Juga: Pelatihan Pangan Nusantara di Kabupaten Tangerang]

“Javara itu sendiri mengubah bahan pangan menjadi sesuatu produk yang tahan lama dan lebih mudah dipakai, jadi orang lebih tahu,” ucap Sutji.

Itulah mengapa Javara mengadakan workshop jamu ini. Setelah ini, Javara juga akan rutin mengadakan kegiatan lain seperti cara membuat tempe, cokelat, keju, dan pemutaran film tentang zero waste, serta masih banyak lagi. Cek media sosial Javara untuk keterangan lebih lanjut.

Read More

Artikel Lainnya

Konsumen Bisa Jadi Lebih Bijak, WWF Getol Gaungkan BeliYangBaik

Berita Kawasan

Konsumen Bisa Jadi Lebih Bijak, WWF Getol Gaungkan #BeliYangBaik

29 February 2020, 09:00

WWF Indonesia mengajak masyarakat Indonesia untuk bisa lebih bijak menjadi konsumen demi lingkungan yang lestari.

Kontrak IPCM dan Nusantara Regas Tunjang Pendapatan Perseroan

Bisnis

Kontrak IPCM dan Nusantara Regas Tunjang Pendapatan Perseroan

28 February 2020, 21:00

Kontrak kerjasama IPCM dan Nusantara Regas tunjang pendapatan sektor pasar Terminal Khusus hingga 200 persen.

Ulasan Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2, Dibuat Lebih Mencekam

Berita Kawasan

Ulasan Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2, Dibuat Lebih Mencekam

28 February 2020, 20:00

Sutradara Timo Tjahjanto kembali membawa tokoh Alfie ke jeratan teror supranatural dalam Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2.

Museum Internasional Sejarah Nabi Peradaban Islam Segera Didirikan

Berita Kawasan

Museum Internasional Sejarah Nabi & Peradaban Islam Segera Didirikan

28 February 2020, 19:00

Ibu Kota akan segera memiliki lokasi wisata religi baru di wilayah utara dengan proyek pembangunan Museum Internasional Sejarah Nabi dan Peradaban Islam.


Comments


Please Login to leave a comment.