Car Free Day Akan Diadakan Minggu Depan di Kota Surabaya

Berita Kawasan

Car Free Day Akan Diadakan Minggu Depan di Kota Surabaya

Berbagai kegiatan untuk masyarakat kembali digelar Pemkot Surabaya. Salah satunya, car free day (CFD) yang biasanya dimanfaatkan warga untuk berolahraga. Rencananya, mulai akhir pekan ini kegiatan tersebut kembali diadakan.

Kegiatan itu kembali digelar setelah Surabaya berada di level 1 pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Nanti masyarakat bisa menikmati lagi beraktivitas tanpa gangguan kendaraan bermotor. Menikmati pagi berolahraga di jalan raya.

Car Free Day Akan Diadakan Minggu Depan di Kota Surabaya

Biasanya kegiatan itu diadakan di jalan-jalan utama Surabaya. Misalnya, Jalan Tunjungan, Jalan Raya Darmo, dan Jalan Kembang Jepun. Namun, untuk pembukaan pertama ini ada penyesuaian yang dilakukan. Tahap pertama, CFD bakal dihelat di satu titik saja. Kemudian nanti berlanjut ke tempat lain. Itu dilakukan bila keadaannya kondusif dan memungkinkan untuk digelar lagi.

Sebagai antisipasi kerumunan, ada ketentuan untuk melakukan scan barcode dengan aplikasi PeduliLindungi. Selain itu, pihaknya meminta masyarakat yang beraktivitas di CFD harus sudah divaksin. Hal itu diterapkan demi menjaga agar tidak muncul klaster akibat CFD. Kerumunan pun bisa dikontrol melalui aplikasi tersebut.

[Baca Juga: Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Car Free Day Ditiadakan Sementara]

Sementara itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya menyebut pembukaan CFD bakal dilakukan bertahap. Untuk pekan ini, kawasan Jalan Kembang Jepun yang bakal dilakukan uji coba. ’’Kami lakukan dulu di satu titik,’’ terang Plt Sekretaris DLH Chamida.

Dia menjelaskan, pihaknya akan bersinergi lintas OPD untuk memantau CFD di sana. Linmas hingga dishub bakal mengatur arus keluar masuk orang. Menurunnya mobilitas dan kerumunan kelompok menjadi perhatian mereka.

Jangan sampai ada kelompok besar yang bisa menimbulkan kerumunan. Diupayakan pergerakan itu terus berjalan. ’’Nanti CFD berlangsung pukul 06.00–09.00. Silakan masyarakat menikmati, tapi tetap harus berhati-hari dan jalankan protokol kesehatan,’’ terangnya.


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.