Cara Ajarkan Anak Disiplin Sejak Usia Emas

Pendidikan

Cara Ajarkan Anak Disiplin Sejak Usia Emas

Sebagai orangtua, mendidik anak merupakan suatu kewajibannya agar anak dapat berkembang dengan baik. Mendidik anak bukanlah perkara yang mudah, terlebih lagi mendidik anak pada usia balita. Di mana usia 4-5 tahun ini adalah tahap anak sedang tahap aktif dan susahnya diatur. Maka dari itu, sebagai orangtua harus mengetahui ilmunya agar ketika diterapkan ke anak, tidak lagi kepayahan. Berikut caranya mengajarkan anak disiplin yang diambil dari berbagai sumber.

[Baca Juga: 3 Hal yang Harus Dihindari Orangtua dalam Mendidik Anak Usia Dini]

  • Alihkan Gangguan

Jika anak Anda meraih dan memegang sesuatu benda yang membahayakannya. Coba katakan dengan tenang, perkataan tidak. Dan cepat-cepat lepaskan alat itu dari tangannya atau Anda bisa mencoba mengalihkan perhatiannya dengan kegiatan yang menarik baginya. Cara ini akan mendisiplinkan anak untuk memahami sebuah larangan. Jangan memukul atau menampar anak Anda ketika sang anak memegang benda yang berbahaya.

  • Terapkan Sanksi Hukuman

Anak Anda harus memahami sebab-akibat dari hasil yang perbuatannya. Terapkan sanksi hukuman pada anak Anda bila larangan yang Anda buat dilanggar sang Anak. Sebelum menerapkannya, berkomunikasilah pada anak dan beritahu padanya, bila Anak Anda tidak tidur tepat pukul 22.00, ia tidak boleh menonton channel youtube kesukaannya atau memainkan mainan favoritnya. Sebagai orangtua, jangan merasa iba atau kasihan bila sang anak mendapatkan sanksinya.

  • Beri Pujian

Bila anak Anda melakukan kebaikan yang pernah Anda ajarkan, jangan ragu-ragu untuk memujinya. Dengan begitu, anak Anda akan merasa senang dan secara alami memahami bahwa perbuatan yang ia lakukan adalah kebiasaan baik yang bisa dilakukannya sepanjang waktu.

  • Berikan Tugas

Memberikan tugas kepada anak Anda akan melatih anak untuk mandiri dan membiasakan rutinitas yang akan dilakukan olehnya. Hal ini sangat berguna dalam melatih anak untuk mendisiplinkan diri sejak dini.

  • Konsisten

Agar anak tidak bingung dan tidak mudah marah, buatlah peraturan tidak tertulis Anda dengan konsisten. Jangan hari ini boleh, besoknya tidak boleh. Konsisten sangat penting untuk melatih anak disiplin. Ingatkan jadwal harian anak yang membuat Anak tetap konsisten menjalankan tugasnya, seperti jadwal makan, mandi, bermain, tidur, dll.

[Baca Juga: Tips Mendidik Anak dengan Mudah di Era Digital]

Dalam mendidik anak supaya dapat disiplin kuncinya adalah konsisten para orangtua. Konsisten para orangtua semoga dapat dilakukan dengan baik hingga anak tumbuh dengan kebiasaan disiplin.


Read More

Artikel Lainnya

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unai r.jpg

Kesehatan

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unair

27 June 2022, 16:46

Saat ini pemerintah mengungkapkan bahwa kasus COVID-19 jenis Omicron varian BA.4 dan BA.5 telah menginfeksi ratusan orang di Tanah Air dan situasi ini mendorong epidemiolog dari Unair angkat suara.

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda.jpg

Berita Kawasan

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda

27 June 2022, 14:43

Demi terhindar dari potensi terjadinya kejahatan klitih, Yogyakarta secara resmi memberlakukan kebijakan aturan jam malam.

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang

27 June 2022, 10:44

Pada akhir pekan lalu, para anggota Banksasuci Foundation memutuskan turun ke lapangan demi mendorong kesadaran masyarakat dalam menjaga Alun-Alun Tangerang dari sampah.

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.


Comments


Please Login to leave a comment.