Cara Ajarkan Anak Tentang Gaya Hidup Zero Waste

Pendidikan

Cara Ajarkan Anak Tentang Gaya Hidup Zero Waste

Gaya hidup zero waste atau “bebas sampah” kini semakin naik daun. Gaya hidup ini merupakan siklus hidup dengan meminimalkan sampah rumah tangga sehingga produk bisa digunakan kembali. Gaya hidup ini sangat menjauhi penggunaan plastik satu kali pakai. Gaya hidup ini dilakukan demi keadaan bumi yang makin lama makin rusak akibat tumpukan sampah yang makin menggunung.

Maka dari itu, kaum muda kini didorong untuk turut aktif mengurangi sampah plastik demi kepentingan bumi yang jadi tempat tinggal generasi penerus nantinya. Agar anak terbiasa untuk tidak menghasilkan sampah, tentunya Anda harus segera mulai menanamkan nilai dan pendidikan mengenai bumi dan pentingnya menjaga lingkungan.

Cara Ajarkan Anak Tentang Gaya Hidup Zero Waste

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menerapkan gaya hidup ini pada si kecil. Sebagai mana dilansir dari kumparan.com (27/8/2019) menurut pemilik situs Zero Waste Home Bea Honson, Anda bisa mulai menerapkan 5R, yaitu refuse (menolak), reduce (mengurangi), reuse (menggunakan kembali), recycle (mendaur ulang), dan rot (kompos).

[Baca Juga: Baru Memulai Gaya Hidup Zero Waste? Ikuti Langkah Ini]

  • Beri Penjelasan

Sebagai orang tua Anda harus menjelaskan betapa pentingnya gaya hidup bebas sampah dengan berbagai cara. Tanamkan pada buah hati jika sampah yang kita hasilkan merupakan tanggung jawab pribadi. Pastikan Anda, keluarga, serta kerabat tak lepas mendukung si kecil untuk terbiasa dengan gaya hidup ini dengan memberikan contoh, sehingga si kecil menanamkan nilai-nilai tersebut dengan baik.

  • Akrabkan dengan Gaya Hidup Zero Waste

Setelah Anda beri penjelasan mengenai gaya hidup bebas sampah, Anda sudah bisa memulai mengakrabkan kegiatan tersebut. Misalnya, ajak si kecil mengolah sampah menjadi karya yang bisa dipajang atau dijadikan mainan.

  • Libatkan si Kecil

Setelah mulai akrab, ajak si kecil terjun langsung dalam gaya hidup bebas sampah, Anda bisa ajak si kecil bergabung dalam komunitas, membersihkan sampah di lingkungan rumah bersama, membuat kompos bersama, dan lain sebagainya.

  • Dukung Agar Terbiasa

Jika Anda baru mengajarkan buah hati pada gaya hidup ini tentu akan terasa sulit, namun Anda sebagai orang tua harus menjadi support system yang baik untuk anak, sebagai mana dilansir dari lifestyle.kompas.com. motivasi dan beri dorongan ke anak untuk mengurangi sampah, minimal dari dirinya sendiri. Beri gambaran yang nyata pada anak mengenai sampah yang mereka hasilkan, apa akibat yang akan timbul, dan lainnya.

[Baca Juga: Keseruan Anak-anak Mengenal Sampah di Pinggir Ciliwung]

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membiasakan buah hati memiliki gaya hidup bebas sampah. Yang perlu diingat, Anda dan lingkungan harus memberikan contoh secara aktif agar anak lebih mudah meniru.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.