Cara Alami Hilangkan Bau Cat Dinding

Properti dan Solusi

Cara Alami Hilangkan Bau Cat Dinding

Memperbaiki penampilan rumah dengan mengecat kembali sebagian atau seluruh dinding bisa membuat suasana rumah menjadi lebih segar dan terlihat bersih. Namun seperti yang telah diketahui, bahwa cat terbuat dari campuran bahan kimia. Bau yang menyebar bisa jadi mengandung senyawa berbahaya yang mengancam kesehatan penghuni rumah.

Merupakan hal yang sangat penting untuk menghilangkan sebaran bau cat tersebut. Agar bau cat tidak menyengat setelah mengecat dinding rumah, ada beberapa cara praktis dan cepat yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau cat. Melalui beberapa cara di bawah ini, bau cat akan berkurang dalam beberapa jam dengan menggunakan cara-cara berikut.

[Baca Juga: Bingung Memilih Wallpaper atau Cat? Ini Perbandingannya]

6 Langkah Mengubah Kamar Jadi Rumah Pilih Warna dan Pengecatan

  • Buka Jendela Lebar-lebar

Pastikan cat sudah mengering dengan sempurna, karena apabila cat terlalu cepat mengering akan membuat hasil cat cepat retak atau pecah dan merusak keindahan. Setelah mengering bukalah semua jendela di rumah dan biarkan udara mengalir sempurna.

Isilah ember dengan air hingga penuh, tambahkan cuka makan secukupnya. Kemudian letakkan di ruangan yang ventilasinya bagus, bukalah pintu semua lemari. Cara ini dapat menguapkan kadar air untuk melindungi cat pada dinding sekaligus dapat menyerap bau tak sedap yang tersisa.

  • Asam Sitrus

Bahan kimia ini bisa didapatkan dengan mudah di toko bahan kimia. Cara menggunakannya celupkan buntalan kapas di dalamnnya, lalu gantungkan di dalam rumah dan di dalam lemari kayu.

  • Gunakan Nanas

Buah nanas adalah buah yang memiliki serat kasar dan dapat menyerap aroma cat. Letakkan sejumlah nanas di setiap ruangan, selain untuk mempercepat hilangkan bau cat, nanas juga dapat menyebarkan aroma segar dan bisa dijadikan sebagai pengharum ruangan alami.

  • Gunakan Kulit Jeruk

Letakkan sejumlah kulit lemon atau kulit jeruk Bali pada ruangan yang baru saja dicat. Bau cat yang tak sedap pun akan berkurang secara efektif dengan cepat.

[Baca Juga: Inilah 7 Kesalahan yang Anda Lakukan Ketika Mengecat Rumah]

Mengecat rumah tak hanya dapat membuat tampilan rumah menjadi bersih aja, tapi juga secara tidak langsung akan mempercantik secara visual. Setelah rumah selesai dicat, Anda langsung ingin menikmatinya. Bau cat yang telah hilang, tentu membuat Anda ingin berlama-lama di dalam rumah.


Read More

Artikel Lainnya

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.


Comments


Please Login to leave a comment.