Cara Aman Makan di Luar Selama Wabah Virus Corona

Kuliner

Cara Aman Makan di Luar Selama Wabah COVID-19

Seperti di sekolah, tempat kerja, atau di tempat lainnya di mana orang banyak berkumpul. Termasuk di sebuah restoran yang kemungkinan terdapat Virus Corona, tepatnya virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan penyakit COVID-19, dari beberapa pengunjung yang datang. Walaupun begitu, masih ada saja orang yang makan di luar rumah dan memilih restoran atau kafe untuk mereka makan.

Buat Anda yang masih makan di restoran, berikut langkah yang dapat Anda ambil untuk melindungi diri sendiri dan orang lain ketika makan di restoran dengan mengikuti tindakan pencegahan seperti yang disarankan oleh otoritas kesehatan masyarakat, untuk menghindari penyebaran virus lebih lanjut.

[Baca Juga: Apakah Hand Sanitizer Efektif Melawan Virus Corona?]

Dari pakar medis dan kesehatan masyarakat yang dirangkum PingPoint.co.id (16/3/2020), berikut adalah praktik terbaik tentang cara makan dengan aman selama wabah COVID-19:

1) Cek Kesehatan Anda

Sebelum memutuskan untuk makan di restoran, terlebih dulu periksa kondisi kesehatan Anda sendiri. Jika Anda sakit atau mulai merasakan gejala gangguan pernapasan seperti batuk atau bersin, hindari makan di luar agar tidak berisiko menularkan penyakit ke orang lain, terutama kepada orang-orang yang berada dalam kelompok berisiko tinggi yang berusia lebih dari 60 tahun.

Selain itu, bila Anda yang memliki riwayat penyakit seperti diabetes dan penyakit jantung, sebaiknya menahan diri untuk tidak makan di restoran yang ramai dan menghindari kerumunan dan melakukan kontak dekat dengan orang lain.

Cara Aman Makan di Luar Selama Wabah Virus Corona

2) Hindari Jam Ramai di Restoran

Jika Anda berada di tempat keramaian, setidaknya untuk menjauhkan diri dari orang lain dengan berjarak satu meter atau lebih jauh lagi. Bila Anda ingin pergi makan di restoran, sebaiknya hindari jam ramai seperti di jam makan siang atau makan malam. Dengan begitu, Anda mampu memperlambat penyebaran COVID-19 karena membatasi makan di luar di restoran yang ramai. Anda pun tidak perlu berada di dekat orang lain. Tidak duduk langsung di sebelah seseorang juga dapat memperlambat kecepatan wabah dan mencegah lonjakan tajam dalam grafis kurva penyebaran kasus COVID-19.

3) Hindari Penyajian Makanan dengan Buffet atau Prasmanan

Sebaiknya hindari makan di restoran dengan penyajian buffet. Penyajian secara buffet atau prasmanan mengundang banyak pengunjung untuk mengantre mengambil makanan. Antrean menciptakan kedekatan satu sama lain dan memiliki risiko penyebaran COVID-19. Begitu juga dengan festival makanan, sebaiknya Anda dihindari.

[Baca Juga: Kala Social Distancing Ini Hal yang Harus Dilakukan]

4) Cuci Tangan Anda dan Jaga Kebersihan

Mencuci tangan secara menyeluruh dengan sabun dan air selama 20 detik. Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan cairan pembersih tangan berbahan dasar alkohol. Keduanya merupakan metode pencegahan penularan yang paling penting. Cuci tangan sebelum makan, setelah menggunakan kamar kecil, dan setelah menyentuh permukaan yang berpotensi terkontaminasi.

Dari pada menempatkan diri Anda dalam risiko terkena Virus Corona, alangkah lebih baik menghindari tempat ramai. Restoran masuk dalam daftar tersebut karena membuat Anda banyak berinteraksi dengan pelayan dan pengunjung lain. Bila memang tidak memungkinkan lagi, langkah tersebut di atas semoga dapat membantu Anda ya!

Read More

Artikel Lainnya

Hibur Fans Isolasi Diri, J.K Rowling Luncurkan Harry Potter At Home

Pendidikan

Hibur Fans Isolasi Diri, J.K Rowling Luncurkan Harry Potter At Home

03 April 2020, 20:00

J.K Rowling, penulis kisah Harry Potter merilis situs untuk menemani para penggemar saat isolasi diri. Pengunjung dapat membaca banyak artikel, mengerjakan kuis, dan mendengar audiobook Harry Potter.

Rekomendasi Ayam Andalan Dallas Chicken Temani #dirumahaja

Kuliner

Rekomendasi Ayam Andalan Dallas Chicken Temani #dirumahaja

03 April 2020, 19:00

Sajian kreasi ayam spesial Dallas Kitchen yang patut untuk Anda cicipi selama #dirumahaja akibat pandemi COVID-19. Meskipun tengah social distancing, makan enak tetap penting.

Cara Merawat Gigi Agar Tak Perlu ke Dokter di Tengah Pandemi COVID-19

Kesehatan

Cara Merawat Gigi Agar Tak Perlu ke Dokter di Tengah Pandemi COVID-19

03 April 2020, 14:00

Pergi ke dokter gigi di tengah Pandemi COVID-19 sebisa mungkin perlu dihindari. Berikut cara merawat gigi agar selalu sehat dan kuat.

Zoonosis, Kata yang Jadi Akrab di Telinga Kala Pandemi COVID-19

Kesehatan

Zoonosis, Kata yang Jadi Akrab di Telinga Kala Pandemi COVID-19

03 April 2020, 13:00

Zoonosis menjadi salah satu kata yang kini sering ditemui. Apa arti kata itu dan apa hubungannya dengan pandemi COVID-19 yang diakibatkan oleh Virus Corona SARS-CoV-2?


Comments


Please Login to leave a comment.