Cara Aman Makan di Luar Selama Wabah Virus Corona

Kuliner

Cara Aman Makan di Luar Selama Wabah COVID-19

Seperti di sekolah, tempat kerja, atau di tempat lainnya di mana orang banyak berkumpul. Termasuk di sebuah restoran yang kemungkinan terdapat Virus Corona, tepatnya virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan penyakit COVID-19, dari beberapa pengunjung yang datang. Walaupun begitu, masih ada saja orang yang makan di luar rumah dan memilih restoran atau kafe untuk mereka makan.

Buat Anda yang masih makan di restoran, berikut langkah yang dapat Anda ambil untuk melindungi diri sendiri dan orang lain ketika makan di restoran dengan mengikuti tindakan pencegahan seperti yang disarankan oleh otoritas kesehatan masyarakat, untuk menghindari penyebaran virus lebih lanjut.

[Baca Juga: Apakah Hand Sanitizer Efektif Melawan Virus Corona?]

Dari pakar medis dan kesehatan masyarakat yang dirangkum PingPoint.co.id (16/3/2020), berikut adalah praktik terbaik tentang cara makan dengan aman selama wabah COVID-19:

1) Cek Kesehatan Anda

Sebelum memutuskan untuk makan di restoran, terlebih dulu periksa kondisi kesehatan Anda sendiri. Jika Anda sakit atau mulai merasakan gejala gangguan pernapasan seperti batuk atau bersin, hindari makan di luar agar tidak berisiko menularkan penyakit ke orang lain, terutama kepada orang-orang yang berada dalam kelompok berisiko tinggi yang berusia lebih dari 60 tahun.

Selain itu, bila Anda yang memliki riwayat penyakit seperti diabetes dan penyakit jantung, sebaiknya menahan diri untuk tidak makan di restoran yang ramai dan menghindari kerumunan dan melakukan kontak dekat dengan orang lain.

Cara Aman Makan di Luar Selama Wabah Virus Corona

2) Hindari Jam Ramai di Restoran

Jika Anda berada di tempat keramaian, setidaknya untuk menjauhkan diri dari orang lain dengan berjarak satu meter atau lebih jauh lagi. Bila Anda ingin pergi makan di restoran, sebaiknya hindari jam ramai seperti di jam makan siang atau makan malam. Dengan begitu, Anda mampu memperlambat penyebaran COVID-19 karena membatasi makan di luar di restoran yang ramai. Anda pun tidak perlu berada di dekat orang lain. Tidak duduk langsung di sebelah seseorang juga dapat memperlambat kecepatan wabah dan mencegah lonjakan tajam dalam grafis kurva penyebaran kasus COVID-19.

3) Hindari Penyajian Makanan dengan Buffet atau Prasmanan

Sebaiknya hindari makan di restoran dengan penyajian buffet. Penyajian secara buffet atau prasmanan mengundang banyak pengunjung untuk mengantre mengambil makanan. Antrean menciptakan kedekatan satu sama lain dan memiliki risiko penyebaran COVID-19. Begitu juga dengan festival makanan, sebaiknya Anda dihindari.

[Baca Juga: Kala Social Distancing Ini Hal yang Harus Dilakukan]

4) Cuci Tangan Anda dan Jaga Kebersihan

Mencuci tangan secara menyeluruh dengan sabun dan air selama 20 detik. Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan cairan pembersih tangan berbahan dasar alkohol. Keduanya merupakan metode pencegahan penularan yang paling penting. Cuci tangan sebelum makan, setelah menggunakan kamar kecil, dan setelah menyentuh permukaan yang berpotensi terkontaminasi.

Dari pada menempatkan diri Anda dalam risiko terkena Virus Corona, alangkah lebih baik menghindari tempat ramai. Restoran masuk dalam daftar tersebut karena membuat Anda banyak berinteraksi dengan pelayan dan pengunjung lain. Bila memang tidak memungkinkan lagi, langkah tersebut di atas semoga dapat membantu Anda ya!


Read More

Artikel Lainnya

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).


Comments


Please Login to leave a comment.