Cara Angkie Yudistia Mengatasi Postpartum Depression

Kesehatan

Cara Angkie Yudistia Mengatasi Postpartum Depression

Post partum depression atau depresi pasca kehamilan, sesuai namanya biasanya dialami oleh ibu pasca melahirkan. Biasanya hal ini disebabkan karena adanya ketidakseimbangan zat kimia di otak. Angka pengidapnya pun terbilang cukup banyak, yaitu lebih dari 80 persen terkesan sindrom yang satu ini. walaupun sama-sama terjadi pasca melahirkan dan punya anak, baby blues dan post partum depression merupakan kondisi yang berbeda.

Postpartum depression merupakan kondisi di mana penderita merasa putus harapan, merasa jadi ibu yang tidak baik hingga merasa tidak ingin mengurus anak. kondisi ini biasanya dialami selama 3-6 bulan setelah bayi lahir, namun jangan berpikir kondisi ini hanya dialami oleh ibu, seorang ayah pun juga sangat mungkin terkena postpartum depression.

Cara Angkie Yudistia Mengatasi Postpartum Depression

Saat ditemui PingPoint.co.id (12/2/2020) Pendiri Thisable Enterprise dan Staf Khusus Presiden Angkie Yudistia mengaku, saat melahirkan buah hatinya, ia pernah mengalami postpartum depression. Sebagai working mom, perempuan dengan disabilitas ini yang sangat menginspirasi banyak orang ini menceritakan kisahnya saat mengalami kondisi tersebut.

“Ya, saya pernah mengalami itu (Postpartum depression). Karena, saya awalnya cukup sibuk (dengan pekerjaan), kemudian saat menjadi ibu, rasanya 24 jam tidak cukup. Saya dihadapi dengan makhluk kecil menggemaskan yang kadang membuat kita merasakan dalam fase hidup baru,” kata Angkie.

[Baca Juga: Kenali Gejala dan Cara Mengatasi Depresi]

Ia melanjutkan, terkadang bayi yang baru lahir hanya bisa berkomunikasi lewat tangisan, di mana sebagai ibu baru, dirinya tidak cukup paham maksud si buah hati. Hal tersebut membuat, dirinya tertekan dan memikirkan, apakah kebutuhan anaknya akan tercukupi.

“ASI kita cukup tidak, ya? kita akan selalu nangis terus-terusan, kita juga terkadang membenci diri sendiri. Bahkan kita terkadang tidak mau bertemu dengan siapapun,” lanjut perempuan lulusan SMAN 2 Bogor.

Teman tuli yang aktif menggerakkan hak para disabilitas di Indonesia ini pun membagikan kiatnya untuk bangkit dari kondisi tersebut. Angkie menyebutkan, saat ia sadar tengah mengalami kondisi tersebut, segera ia berkonsultasi dan berbicara dengan pasangannya.

[Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Sindrom Baby Blues]

“Yang bisa menyelematkan saya itu, suami sendiri, sebagai pasangan saya, bukan orang lain. Kalau suami sendiri tidak mengerti kondisi saya, mungkin kita akan terus terusan bertengkar. Kita berbicara dari hati ke hati, mengutarakan apa yang ingin saya lakukan,” cerita Angkie.

Saat itu, dirinya mengucapkan jika dirinya merupakan ibu bekerja yang terkadang membutuhkan aktivitas yang dapat membuatnya bahagia, atau me time. Setelah perbincangan tersebut, akhirnya pasangan pun mengerti dan memberikan kebebasan memilih untuk Angkie, asalkan dirinya dan buah hati tetap bahagia.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.