Cara Atasi 'Panas' di Balik Pemakaian Masker.jpg

Kesehatan

Cara Atasi 'Panas' di Balik Pemakaian Masker

Musim kemarau membuat wilayah Jakarta terasa panas saat siang hari. Udara panas terasa semakin menusuk ketika Anda berada di tempat umum yang terpapar sinar matahari secara langsung. Rasa gerah ditambah dengan aturan penggunaan masker untuk mencegah penularan COVID-19 mungkin membuat orang-orang sedikit tersiksa. Pasalnya, bagian wajah yang tertutup masker sering kali basah karena cucuran keringat.

Dr. Richard Wenzel, seorang profesor di Departemen Penyakit Infeksi di Fakultas Kedokteran Virginia Commonwealth University, Amerika Serikat mengatakan, memakai masker wajah membuat pemakainya merasa lebih panas. “Menggunakan masker yang membuat kita semakin cepat merasa panas mengakibatkan peningkatan suhu yang ekstrem, terutama jika disertai kelembapan,” tutur Wenzel, dikutip dari cnn.com (15/6/2020).

Untuk mengatasi rasa panas di balik penggunaan masker, ada beberapa hal yang dapat dilakukan.

Puskesmas Setiabudi Galakkan Pemberantasan TBC

1) Hindari Kerumunan dan Lepas Masker Sementara

Ketika panas sudah tak tertahankan sementara Anda berada di tempat umum, cobalah mencari tempat terbuka yang tidak terlalu ramai. Kemudian, lepas sementara masker Anda.

“Pastikan saja Anda dapat menjaga jarak fisik [di tempat tersebut] setidaknya enam kaki dari orang lain, coba duduk dan minumlah air,” saran Wenzel.

[Baca Juga: Hindari Penggunaan Masker Saat Berolahraga]

2) Pilih Bahan Masker yang Membuat Anda Lebih Mudah Bernapas

Pemilihan bahan masker juga dapat membantu Anda mengatasinya. Anne Rimoin, seorang profesor epidemiologi di University of California, AS menyarankan menggunakan masker kain berbahan katun. “Masker katun lebih banyak dipilih oleh banyak orang karena kemampuannya yang membuat [pemakai] lebih mudah bernapas serta nyaman,” kata Rimoin.

Kini Haruskah Pakai Masker Saat Keluar Rumah

3) Memakai Masker dengan Benar.

Merasa kepanasan dan membuat Anda sulit bernapas ketika mengenakan masker bisa disebabkan oleh pemakaian masker yang tak benar.

Rimoin menuturkan, masker harus menutupi hidung dan mulut, dan pas dengan sisi wajah [kanan dan kiri], tetapi longgar di bagian dalam sehingga pemakai tidak merasa terhalang ketika bernapas. “Pas tapi nyaman,” kata Rimoin menekankan.

[Baca Juga: Panduan Mencuci Masker Kain dari BPOM]

4) Ganti Masker

Cobalah membiasakan membawa masker lebih dari satu. Ketika masker kain yang Anda pakai sudah basah karena berkeringat, Anda bisa membukanya dan menukar dengan masker bersih. Sebab, masker yang basah dapat menempel di wajah Anda dan semakin menghalangi Anda bernapas.

Wenzer juga mengingatkan kepada para penderita asma dan penyakit lainnya untuk menaruh perhatian di tengah situasi pandemi COVID-19 ini. "Jika Anda memiliki asma, penyakit paru-paru kronis, atau penyakit pernapasan lainnya, perhatikan bagaimana kemampuan pernapasan Anda berubah dalam situasi panas. Kalau menjadi parah, sebisa mungkin hindari kondisi panas," pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.