Kombinasi Makanan Yang Berbahaya Untuk Anak-Anak

Pendidikan

Cara Bijak Menanggapi Anak yang Terus Bertanya

Menginjak usia balita, anak-anak biasanya lebih aktif berbicara mengikuti hal yang ia dengar dari sekitarnya atau bertanya ke orang tua atau orang terdekat. Anak-anak memang dipenuhi rasa ingin tahu, hal itu terjadi karena adanya dorongan untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih banyak. Uniknya, anak-anak biasanya bertanya seakan tak ada habisnya.

Memang, jika anak-anak mulai bertanya mungkin akan menguji kesabaran dan ilmu pengetahuan Anda. Namun, bertanya bisa jadi salah satu cara anak untuk berkomunikasi. Anda juga bisa memanfaatkan pertanyaan anak untuk sama-sama belajar dan menambah pengetahuan si kecil.

Bertanya merupakan hal normal yang dilakukan anak-anak, menurut Leon Hoffman MD, co-director Pacella Parent Child Center di New York Psychoanalytic Society & Institute, anak bertanya karena ingin mempelajari kosakata. Namun jika buah hati bertanya berkali-kali, bisa jadi mereka ingin memahami kalimat atau kata yang Anda ucapkan.

[Baca Juga: Mengapa Saat Orang Berbicara di Ponsel Berjalan Bolak-Balik?]

Namun memang, mendapatkan pertanyaan dari anak-anak kerap kali membuat Anda kerepotan apalagi jika Anda sedang melakukan kegiatan yang membutuhkan konsentrasi seperti menyetir atau bekerja. Dibandingkan jawab asal atau memarahi buah hati, ada respon yang lebih tepat dan bijak saat anak bertanya. Respon yang Anda berikan juga dapat melatih kemampuan anak untuk berpikir.

Maka dari itu, melansir dari berbagai sumber (8/1/2019) berikut cara bijak menanggapi buah hati yang terus-terusan bertanya atau menanyakan hal yang cenderung sulit.

1) Buat Kesepakatan

Ajarkan anak Anda untuk menunggu dan sabar untuk membuat kesepakatan waktu bertanya. Mengutip dari kompas.com, ada baiknya Anda memberi pemahaman ke buah hati jika ia tak bisa mengajukan pertanyaan disaat-saat tertentu. Misalnya, perbolehkan dia bertanya kapanpun kecuali saat Anda bekerja di depan laptop.

Jika ia melanggar kesepakatan yang telah dibuat, jangan terlebih dahulu memarahi anak. Namun Anda bisa tawarkan bantuan agar ia mengerti jika Anda sedang benar-benar tak bisa diganggu. Jangan lupa untuk terus mengingatkan kesepakatan yang telah dibuat.

MENTENG-PENDIDIKAN-AGAR ANAK SEMANGAT SEKOLAH TERAPKAN KEBIASAAN INI SELAMA LIBURAN-KIKI-1100 px X 600 px-02.jpg

2) Tidak Tahu, Tidak Apa-Apa

Dibanding Anda menjawab ‘dari sananya memang sudah begitu’, Anda lebih baik mengakui jika Anda belum tau jawaban dari pertanyaan yang ia ajukan. Menjawab “Mama, tidak tahu jawabannya. Nanti mama cari tahu ya!” akan lebih bisa diterima oleh si kecil.

Anda bisa memanfaatkan waktu ini untuk mengajak si buah hati mencari tahu jawabannya bersama-sama lewat buku, video, atau internet. Cara ini bisa menumbuhkan motivasi belajar dan membaca pada anak, ia akan meniru langkah Anda.

3) Bertanya Balik

Jika pertanyaan anak tak kunjung berhenti coba Tanya balik mengenai pertanyaan yang ia ajukan. Biarkan anak berpikir dan mengasah otaknya. Cara ini dapat melatih buah hati lebih kritis terhadap sesuatu yang terjadi di sekitarnya. Namun jika buah hati melontarkan jawaban yang tidak masuk akal, jangan sampai Anda tertawa ya. Biarkan diskusi terjadi secara alami sehingga anak merasa dihargai dan ia memiliki cara pandang yang beragam.

[Baca Juga: TALKINC Ingatkan Pentingnya Komunikasi di Era Digital]

Itulah beberapa cara yang anda bisa lakukan saat anak bertanya, momen ini bisa Anda manfaatkan untuk mengasah kemampuan anak, meningkatkan kedekatan dan komunikasi.


Read More

Artikel Lainnya

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

Bisnis

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

05 December 2022, 16:14

Inisiatif East Ventures melalui IDPB MTPM saat ini telah mencapai tahap coaching serta hackaton dengan total ada 120 tim yang mengikutinya.

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar.jpg

Berita Kawasan

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar

05 December 2022, 14:15

Festival Dayung Ciliwung 2022 berhasil digelar pada akhir pekan kemarin yang disebut digelar untuk meningkatkan kepedulian publik Ibu Kota untuk menjaga lingkungan sungai.

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakart a Barista League 2022 Sukses Digelar.jpg

Berita Kawasan

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakarta Barista League 2022 Sukses Digelar

05 December 2022, 10:14

Pada akhir pekan kemarin, Pemprov DKI Jakarta sukses menggelar event Jakarta Barista League 2022 yang menjadi wadah kompetisi bagi para barista dari berbagai wilayah Tanah Air.

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.