Kombinasi Makanan Yang Berbahaya Untuk Anak-Anak

Pendidikan

Cara Bijak Menanggapi Anak yang Terus Bertanya

Menginjak usia balita, anak-anak biasanya lebih aktif berbicara mengikuti hal yang ia dengar dari sekitarnya atau bertanya ke orang tua atau orang terdekat. Anak-anak memang dipenuhi rasa ingin tahu, hal itu terjadi karena adanya dorongan untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih banyak. Uniknya, anak-anak biasanya bertanya seakan tak ada habisnya.

Memang, jika anak-anak mulai bertanya mungkin akan menguji kesabaran dan ilmu pengetahuan Anda. Namun, bertanya bisa jadi salah satu cara anak untuk berkomunikasi. Anda juga bisa memanfaatkan pertanyaan anak untuk sama-sama belajar dan menambah pengetahuan si kecil.

Bertanya merupakan hal normal yang dilakukan anak-anak, menurut Leon Hoffman MD, co-director Pacella Parent Child Center di New York Psychoanalytic Society & Institute, anak bertanya karena ingin mempelajari kosakata. Namun jika buah hati bertanya berkali-kali, bisa jadi mereka ingin memahami kalimat atau kata yang Anda ucapkan.

[Baca Juga: Mengapa Saat Orang Berbicara di Ponsel Berjalan Bolak-Balik?]

Namun memang, mendapatkan pertanyaan dari anak-anak kerap kali membuat Anda kerepotan apalagi jika Anda sedang melakukan kegiatan yang membutuhkan konsentrasi seperti menyetir atau bekerja. Dibandingkan jawab asal atau memarahi buah hati, ada respon yang lebih tepat dan bijak saat anak bertanya. Respon yang Anda berikan juga dapat melatih kemampuan anak untuk berpikir.

Maka dari itu, melansir dari berbagai sumber (8/1/2019) berikut cara bijak menanggapi buah hati yang terus-terusan bertanya atau menanyakan hal yang cenderung sulit.

1) Buat Kesepakatan

Ajarkan anak Anda untuk menunggu dan sabar untuk membuat kesepakatan waktu bertanya. Mengutip dari kompas.com, ada baiknya Anda memberi pemahaman ke buah hati jika ia tak bisa mengajukan pertanyaan disaat-saat tertentu. Misalnya, perbolehkan dia bertanya kapanpun kecuali saat Anda bekerja di depan laptop.

Jika ia melanggar kesepakatan yang telah dibuat, jangan terlebih dahulu memarahi anak. Namun Anda bisa tawarkan bantuan agar ia mengerti jika Anda sedang benar-benar tak bisa diganggu. Jangan lupa untuk terus mengingatkan kesepakatan yang telah dibuat.

MENTENG-PENDIDIKAN-AGAR ANAK SEMANGAT SEKOLAH TERAPKAN KEBIASAAN INI SELAMA LIBURAN-KIKI-1100 px X 600 px-02.jpg

2) Tidak Tahu, Tidak Apa-Apa

Dibanding Anda menjawab ‘dari sananya memang sudah begitu’, Anda lebih baik mengakui jika Anda belum tau jawaban dari pertanyaan yang ia ajukan. Menjawab “Mama, tidak tahu jawabannya. Nanti mama cari tahu ya!” akan lebih bisa diterima oleh si kecil.

Anda bisa memanfaatkan waktu ini untuk mengajak si buah hati mencari tahu jawabannya bersama-sama lewat buku, video, atau internet. Cara ini bisa menumbuhkan motivasi belajar dan membaca pada anak, ia akan meniru langkah Anda.

3) Bertanya Balik

Jika pertanyaan anak tak kunjung berhenti coba Tanya balik mengenai pertanyaan yang ia ajukan. Biarkan anak berpikir dan mengasah otaknya. Cara ini dapat melatih buah hati lebih kritis terhadap sesuatu yang terjadi di sekitarnya. Namun jika buah hati melontarkan jawaban yang tidak masuk akal, jangan sampai Anda tertawa ya. Biarkan diskusi terjadi secara alami sehingga anak merasa dihargai dan ia memiliki cara pandang yang beragam.

[Baca Juga: TALKINC Ingatkan Pentingnya Komunikasi di Era Digital]

Itulah beberapa cara yang anda bisa lakukan saat anak bertanya, momen ini bisa Anda manfaatkan untuk mengasah kemampuan anak, meningkatkan kedekatan dan komunikasi.


Read More

Artikel Lainnya

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.


Comments


Please Login to leave a comment.