Biaya Pasien Corona Tidak Ditanggung BPJS, tapi Anggaran Kemenkes

Kesehatan

Cara Cegah Virus Corona dengan Tingkatkan Sistem Imun Tubuh

Sistem kekebalan tubuh atau imunitas tubuh berperan penting untuk melindungi diri dari virus penyakit yang menyerang. Sistem imunitas didesain untuk menghancurkan patogen, yaitu suatu benda atau bahan yang dapat menimbulkan penyakit pada manusia.

Patogen secara umum dipakai untuk organisme penyebab penyakit termasuk COVID-19 yang menyebabkan penyakit pernapasan. Nah, sistem kekebalan tubuh bekerja melindungi tubuh manusia dari mikroba penyebab penyakit tersebut. Untuk itu, Anda perlu meningkatkan sistem imun. Berikut cara sederhana dan mudah dilakukan agar daya tahan tubuh meningkat dan melindungi diri dari Virus Corona baru yang dinamakan SARS-CoV-2 yang menyebabkan penyakit COVID-19.

[Baca Juga: Langkah Penetapan Suspect Corona Berubah, Ini Yang Terbaru!]

1) Cukup Tidur dan Kelola Stres

Kurang tidur dan stres yang berlebihan dapat meningkatkan hormon kortisol. Hal ini justru akan menekan fungsi kekebalan tubuh.

2) Hindari Asap Rokok

Asap rokok merusak pertahanan kekebalan tubuh serta dapat meningkatkan risiko bronkitis dan pneumonia pada semua orang, dan infeksi telinga tengah pada anak-anak. Hindari asap rokok agar sistem imun tubuh Anda tetap kuat.

3) Makan-makanan Sehat

Makan banyak sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian akan memberi tubuh Anda nutrisi yang dibutuhkan sistem kekebalan tubuh Anda. Sebuah penelitian pada orang dewasa yang lebih tua menunjukkan bahwa meningkatkan asupan buah dan sayuran meningkatkan respons antibodi terhadap vaksin Pneumovax, yang melindungi terhadap Streptococcus pneumonia.

Cara Memulai Hidup Sehat dengan Makanan Ini

4) Konsumsi Probiotik.

Studi menunjukkan dengan mengonsumsi suplemen vitamin yang mengandung probiotik dapat mengurangi infeksi pernapasan dan gastrointestinal. Produk susu fermentasi juga telah terbukti mengurangi infeksi pernapasan pada orang dewasa dan anak-anak.

5) Sinar Matahari

Berjemur di bawah sinar matahari sekitar 10-15 menit, dapat meningkatkan sistem imun tubuh Anda. Sinar matahari yang mengandung vitamin D selain dapat menyehatkan tulang dan otot, vitamin D yang terdapat pada sinar matahari juga dapat melindungi tubuh terhadap penyakit dan melawan infeksi saluran pernapasan.

6) Konsumsi Bawang Putih

Bawang putih memiliki kandungan antimikroba yang dapat menambah kekebalan tubuh. Namun, perlu diingat, bahan makananan ini bukanlah obat. Selain bawang putih, banyak cara lain untuk meningkatkan imunitas tubuh. Jadi, Anda tidak perlu memborong bawang putih, apalagi memaksakan diri memakannya bila tidak suka. Konsumsi makanan sehat kaya vitamin pun sudah bisa meningkatkan imunitas tubuh.

[Baca Juga: Pandemi Influenza 1918 Bukti Social Distancing Tekan Sebaran Virus]

Satu hal yang perlu Anda ingat, dengan melakukan cara-cara di atas imunitas memang meningkat. Namun, bukan berarti Anda tidak akan terkena Virus Corona. Anda bisa tetap positif COVID-19 dan tidak menunjukkan gejala sakit atau asimptomatik. Artinya, Anda akan menjadi pembawa virus dan menularkannya tanpa disadari.

Hal inilah yang membuat COVID-19 menjadi pandemi. Tidak benar jika untuk mencegah penularan Virus Corona yang sedang mewabah ini Anda cukup perlu menjaga kebersihan diri dan kesehatan. Ada satu hal penting yang juga wajib dilakukan: pembatasan sosial atau social distancing.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesi a.jpg

Hobi dan Hiburan

Tak Sampai Rp2 Juta! Redmi 10A Resmi Hadir di Indonesia

20 May 2022, 18:40

Xiaomi Indonesia secara resmi meluncurkan produk entry-level mereka yang terbaru dengan kehadiran Redmi 10A.

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill.jpg

Bisnis

East Ventures Suntik Pendanaan Awal ke Startup Pendidikan MySkill

20 May 2022, 16:37

Startup yang berfokus meningkatkan skill para pencari kerja di Tanah Air, My Skill, disebut meraih pendanaan awal dari East Ventures.

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Adakan Diskon Hingga 90 %.jpg

Bisnis

Sampai 29 Mei 2022, Toys Kingdom Gandaria City Diskon Hingga 90%

20 May 2022, 14:36

Bagi Anda yang berniat membelikan mainan untuk buah hati maka bisa memanfaatkan momen Crazy Sale di Toys Kingdom Mall Gandaria City.

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kot a.jpg

Berita Kawasan

CFD Akan Kembali Digelar di Wilayah Ibu Kota

20 May 2022, 11:34

Pemprov DKI Jakarta mengumumkan akan melakukan uji coba penerapan CFD alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor di wilayahnya pada akhir pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.