MATRAMAN_PROPERTI_INI HAL YANG HARUS ANDA KETAHUI SEBELUM MEMILIKI KOLAM RENANG DALAM RUMAH_KIKI_REVISI 01-01.jpg

Properti dan Solusi

Cara Membuat dan Merawat Kolam Renang di Rumah

Salah satu tempat favorit bermain untuk anak-anak adalah kolam renang. Untuk membahagiakan anak, kerap kali beberapa orang tua secara rutin mengajak anak-anaknya berwisata ke waterpark terdekat. Namun, terpikirkah Anda untuk membuat kolam renang pribadi di rumah?

Kolam renang bukan hanya bisa menjadi tempat bermain anak, namun Anda juga bisa menjadikan kolam renang sebagai tempat meluapkan stress. Selain itu, adanya kolam renang dalam rumah membuat keadaan rumah Anda makin nyaman dan sejuk. Luas kolam renang juga bisa menyesuaikan lahan yang ada di rumah, tidak selalu harus berukuran besar.

Bahkan Anda bisa juga membuat kolam renang dalam rumah sendiri. Jika terpikirkan untuk membangun kolam renang sendiri, seperti dikutip dari rumah.com dan moneysmart.id, Anda bisa lakukan untuk membuat kolam sendiri atau menggunakan jasa kontraktor beserta cara merawatnya. Berikut tipsnya.

  1. Sewa profesional untuk menggali lubang

Untuk membuat kolam renang, Anda membutuhkan lubang yang dalam sehingga rasanya tidak mungkin jika Anda lakukan sendiri. Jika Anda melakukan sendiri, tentunya akan memakan waktu lama. Sewalah penggali lubang profesional yang menggunakan mesin, sehingga tidak memakan waktu yang lama. Biasanya, jika penggalian menggunakan mesin hanya menghabiskan waktu selama 1-2 hari. Dengan begitu, Anda bisa mengerjakan proses kontruksinya.

2. Pondasi

Walaupun kolam renang hanya sarana bermain, namun harus memiliki pondasi yang cukup kuat. Anda bisa menggunakan plat baja untuk kerangka dinding dan lantai kolam. Dengan menggunakan baja, Anda harus lebih berhati-hati, bahkan jika bisa, ajak beberapa kerabat untuk membantu langkah ini.

3. Lantai dan Dinding

Agar lantai kolam lebih kokoh gunakan beton. Persiapkan semen yang dibutuhkan untuk ukuran kolam yang Anda buat. Ketika lantainya sudah terbentuk, bentuk juga dinding menggunakan beton. Penggunaan beton tentunya untuk menghindari dinding yang mudah runtuh. Walaupun Anda membuat kolam sendiri, tentu harus mengedepankan keselamatan bukan?

4. Sistem tahan air

Agar kolam renang yang Anda buat tidak mudah rusak karena stuktur bangunan yang tidak tahan air, gunakan produk yang berkualitas. Pastikan Anda menggunakan beberapa lapisan tahan air di bagian dalam dinding dan lantai.

5. Keramik Kolam

Cara memasang keramik di kolam renang, dengan bagian rumah lain tidak ada bedanya. Pilihlah motif dan warna cerah, agar lebih mudah terlihat jika kotor. Sehingga Anda bisa langsung segera membersihkannya.

6. Air dan sirkulasi

Anda hanya perlu mengisi air dan memasang instalasi mesin penyaring air, penyedot kotoran dari dasar kolam, pompa air dan lainnya. Kolam renang pun siap digunakan!

Menggunakan Jasa Kontraktor

Bagi Anda yang tinggal disekitar Matraman dan tak ingin membuang-buang waktu untuk membuat kolam renang sendiri, Anda juga bisa menggunakan jasa kontraktor Fumida Pool, Cipinang Muara. Tidak perlu repot dan lelah, Anda hanya perlu mengungkapkan kolam renang seperti apa yang ingin Anda miliki, kemudian kontraktor akan mengerjakannya untuk Anda.

Berdasarkan data yang diambil dari kontraktorkolamrenang.co.id, untuk membangun kolam renang pribadi dengan menggunakan jasa Fumida Pool, Anda memerlukan Rp2,5juta per meter persegi. Anda bisa mengunjungi Graha Komando, Jalan Cipinang Indah Raya No.1, Kelurahan Cipinang Muara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pembuatan kolam renang dalam rumah, Anda bisa menghubungi 021 2904 9130.

Merawat Kolam Renang Dalam Rumah

Setiap minggunya Anda harus rutin menambah volume air antara 10-15 persen, bukan mengurasnya. Hal ini disebabkan karena penguapan air yang ada di kolam. Untuk menjaga kolam agar tetap bersih, bebas dari lumut, atau bakteri, sebaiknya menggunakan zat kimia yang aman.

Zat kimia yang paling terkenal untuk menjaga kebersihan kolam adalah kaporit. Jika Anda telusuri di situs jual beli online sekarang ini, harga kaporit bubuk hanya Rp20.000 per 500 gram. Caranya, taburkan kaporit satu hingga dua genggam setiap tiga atau empat hari. Sirkulasi air juga harus tetap berjalanan setiap harinya.

Itulah yang harus Anda ketahui jika ingin memiliki kolam renang dalam rumah. Tentunya memiliki kolam renang dalam rumah tidak sesulit yang Anda pikirkan bukan?

Read More

Artikel Lainnya

Kampung Kepo Dukung Wanita Lebih Peduli dengan Kanker Serviks

Kesehatan

Kampung Kepo Dukung Wanita Lebih Peduli dengan Kanker Serviks

18 August 2019, 20:00  |  3 Views

Untuk meningkatkan kepedulian serta mendorong wanita untuk melakukan deteksi dini kanker, Kampung Kepo diresmikan.

Ampas Kopi Ternyata Punya Manfaat Istimewa

Properti dan Solusi

Ampas Kopi Ternyata Punya Manfaat Istimewa

18 August 2019, 19:00  |  3 Views

Biasanya ampas kopi selalu berakhir di tempat sampah, namun ternyata endapan hasil akhir dari minuman lezat ini masih dapat Anda manfaatkan.

Bayar Ongkos Kirim Barang di Gerai JNE Kini Bisa Pakai GoPay

Bisnis

Bayar Ongkos Kirim Barang di Gerai JNE Kini Bisa Pakai GoPay

18 August 2019, 18:00  |  7 Views

GoPay menjadi uang elektronik pertama yang dapat menjadi opsi pembayaran biaya kirim barang melalui JNE. Kirim barang pun jadi lebih praktis.

Kader JKN Dekatkan BPJS Kesehatan untuk Pelayanan Masyarakat

Kesehatan

Kader JKN Dekatkan BPJS Kesehatan untuk Pelayanan Masyarakat

18 August 2019, 17:00  |  6 Views

Kader JKN berperan aktif menyukseskan Program JKN-KIS. Selain itu, berbagi informasi dan membawa manfaat kepada masyarakat.


Comments


Please Login to leave a comment.