Cara Membuat Kopi French Press Sempurna di Rumah

Kuliner

Cara Membuat Kopi French Press Sempurna di Rumah

Pada masa pandemi ini, Anda mulai terbiasa menyesuaikan diri untuk bekerja dari rumah dan tidak pergi ke mana-mana. Kemungkinan, rutinitas pagi kita juga berubah. Bisa jadi Anda biasanya mengandalkan keajaiban tangan barista dan presisi mesin di kedai kopi atau alat espresso di kantor. Namun, untuk memenuhi kebutuhan kafein harian sekarang Anda kesulitan. Membuat kopi yang rasanya enak di rumah memang tidak mudah.

Demi kebutuhan kafein harian Anda, PingPoint.co.id mencari cara untuk membuat kopi berkualitas dengan cara sederhana.

Cara Membuat Kopi French Press Sempurna di Rumah

French press adalah cara yang mudah untuk membuat secangkir kopi yang lezat di rumah. Pasti Pointers juga sudah menyimpan satu atau mungkin dua french press di lemari dapur karena tawaran toko daring yang menggoda. French press menawarkan hasil kopi pekat panuh kafein yang dapat menyalakan pagi Anda. Berikut adalah petunjuk langkah demi langkah untuk membuat secangkir kopi pers Perancis yang kaya dan kompleks, menurut inovator minuman di Peet’s Coffee asar AS Patrick Main, seperti dirangkum dari realsimple.com (5/4/2020).

[Baca Juga: Ini Tips Memilih Kopi Berkualitas ala Barista]

  1. Panaskan air segar hingga 100° C. Jika Anda tidak memiliki termometer, Anda dapat mendidihkan air dan kemudian diamkan selama 30 detik. Panaskan french press dengan air panas dan diamkan. Pemanasan awal membantu suhu tetap lebih konsisten selama proses penyeduhan.
  2. Siapkan bubuk kopi dengan ukuran coarse. Atau jika Anda punya mesin giling kopi, siapkan 55 gram biji kopi yang baru dipanggang. Jika Anda tidak memiliki timbangan, Anda bisa mengukur 5,5 sendok kopi standar atau 11 sendok makan. Giling kopi hingga ukuran coarse. Ukuran bubuk kopi yang konsisten memungkinkan ekstraksi merata. Jika alat plunger sulit ditekan ke bawah di akhir minuman, coba bubuk yang lebih kasar di lain waktu.
  3. Buang air panas dari french press. Tambahkan bubuk kopi dalam cangkirnya. Atur timer Anda selama empat menit dan tuangkan dalam air yang cukup untuk merendam semua bubuk kopi, sekitar 110 ml air atau dua kali berat kopi. Aduk-aduk, lalu tunggu 30 detik. "Ketika air panas memenuhi bubuk kopi, karbon dioksida keluar dan mengembang dan memekarkan bubuk kopi. Begitu proses mekar selesai, bubuk kopi lebih mudah menyerap air, menghasilkan ekstraksi rasa yang lebih baik," jelas Main.
  4. Lanjutkan menuangkan air panas hingga 880 ml atau air mencapai bagian tengah pita logam, sekitar 2,5 cm di bawah tutup. Menurut Main, rahasia untuk menyempurnakan kopi adalah perbandingan kopi yang tepat dengan air, yaitu 1:16, atau 1 gram kopi untuk setiap 16 ml air.
  5. Pasang plunger yang tadi dicopot, lalu dorong perlahan ke bawah dan tarik kembali ke bawah permukaan. Penurunan setengah jalan membuat kopi tetap jenuh, memungkinkan ekstraksi merata. Ini juga membantu membuat tuangan kopi terakhir lebih mudah.
  6. Setelah empat menit berlalu, tekan plunger ke bawah. Kopi Anda siap dituangkan.

Mudah bukan. Dengan mengikuti enam langkah di atas, Anda bisa merasakan kopi berkualitas tanpa harus ke luar rumah. Kebutuhan kafein harian Anda pun dapat terus terjaga. Selamat mencoba, Pointers!

Read More

Artikel Lainnya

Ganjar Minta Mahasiswa Ikut Edukasi Masyarakat Tentang Pandemi Covid-19.jpeg

Pendidikan

Ganjar Minta Mahasiswa Ikut Edukasi Masyarakat Tentang Pandemi

02 June 2020, 21:00

Mahasiswa dapat membantu masyarakat mulai mengedukasi, pendataan hingga menggerakkan ekonomi masyarakat desa.

Mulai 12 April, Pengguna Transportasi Umum Jakarta Wajib Pakai Masker

Bisnis

Selain Masalah Protokol Kesehatan, Ini Tantangan Transportasi Umum Di Masa New Normal

02 June 2020, 20:28

Bila nantinya wacana new normal ini benar-benar diterapkan, maka perlu kesiapan dalam pengaktifan transportasi umum di Ibu Kota.

Atasi Gerah di Rumah Tanpa AC_1.jpg

Properti dan Solusi

Atasi ‘Gerah’ di Rumah Tanpa AC dengan Cara Ini

02 June 2020, 20:23

Selain menggunakan AC, cara berikut dapat dipraktikkan agar tidak merasa kepanasan di dalam rumah.

Masa Transisi di Malang, Karyawan Boleh Tetap Kerja dari Rumah

Berita Kawasan

Masa Transisi di Malang, Karyawan Boleh Tetap Kerja dari Rumah

02 June 2020, 20:00

Selama masa pandemi COVID-19, perusahaan dapat menentukan pekerja yang perlu bekerja di kantor atau bekerja dari rumah.


Comments


Please Login to leave a comment.