MIXED-PENDIDIKAN-TIPS MEMPERHATIKAN PENDIDIKAN ANAK DI SELA KESIBUKAN-RACHLI-1100 px X 600 px-01.jpg

Pendidikan

Cara Memerhatikan Pendidikan Anak di Sela Kesibukan

Memerhatikan pendidikan anak merupakan tanggung jawab orangtua yang tidak bisa dihiraukan. Meskipun orangtua memiliki tingkat kesibukan yang tinggi, tapi hal ini harus tetap dijalankan. Tidak hanya selalu berpatok pada nilai bagus, namun apa yang dilakukan anak selama bersekolah juga perlu diperhatikan.

Nah, bagi para orangtua, berikut ini beberapa tips agar bisa memerhatikan kegiatan anak di sekolah meski memiliki beragam kesibukan.

1. Terlibat Di Kegiatan Sekolah

Beberapa sekolah mengajak orangtua sebagai relawan dalam berbagai kegiatan sekolah. Anda disarankan untuk mengikuti kegiatan tersebut. Pasalnya, Anda bisa mengobservasi pelajaran, bagaimana anak membandingkan diri mereka dengan anak lain, bagaimana perilaku dan sosialisasi anak, bahkan orangtua juga bisa menilai performa guru yang membimbing anak. Meski tak bisa sepanjang hari, sedikit waktu untuk menjadi relawan cukup efektif

[Baca Juga: Mengenal Metode Pendidikan Montessori untuk Anak]

2. Lebih Mengenal Guru

Guru adalah rekan dalam mendidik anak. Karenanya, komunikasi secara langsung maupun tidak langsung, atau berbasa-basi saat mengunjungi kelas penting dilakukan. Tanyakan apakah ada yang perlu Anda tahu, bagaiamana perkembangan anak, dan apa yang harus Anda lakukan di rumah untuk membantu si kecil.

3. Tunjukkan Ketertarikan di Rumah

Memerhatikan anak di sela kesibukan.

Ketika anak pulang ke rumah, tanyakan bagaimana harinya di sekolah, dan jadikan percakapan tersebut sebagai kebiasaan. Secara tidak langsung, anak akan membagi pengalaman saat bersekolah. Artinya, Anda telah terlibat dalam pembicaraan sekolah.

4. Periksa Tas Anak

Perhatikan isi tas anak, dan lihatlah apa saja tugas yang diberikan atau telah diselesaikan olehnya. Bantulah anak untuk memetakan tugas yang didapat, terutama bila dia punya kegiatan lain.

[Baca Juga: Ajarkan Etika Bermedia Sosial Untuk Anak? Ikuti 6 Langkah Ini]

5. Ciptakan Rutinitas Belajar

Berbagai kegiatan yang diikuti anak tidak jarang membuat mereka kesulitan menyediakan waktu khusus untuk belajar. Tekankan pentinya kegiatan mengerjakan tugas atau membaca materi pelajaran. Kalau bisa, jadwalkan secara rutin waktu belajar yang konsisten membantu melatih otak anak untuk belajar pada saat tersebut.

6. Mengenal Orangtua Lain

Mengenal orangtua lain dapat memberi pandangan pada hal-hal yang sedang terjadi di komunitas sekolah. Bertemanlah dengan orangtua dari sahabat si kecil dengan selalu berkontak dengan mereka saat ada pertemuan sekolah.

Tidak sulit bukan enam hal yang disebutkan di atas? Kebiasaan ini bisa Anda mulai dan menjadi bagian dari resolusi Tahun Baru Anda. Selamat mencoba!

Read More

Artikel Lainnya

Kasus Terus Bertambah, Flat Isolasi Mandiri Tower 5 Sudah Terisi 91 Persen

Kesehatan

Kasus Terus Bertambah, Flat Isolasi Mandiri Tower 5 Sudah Terisi 91%

21 September 2020, 16:25

Di Tower 5 sudah terisi 1.442 pasien OTG yang tidak punya tempat untuk melakukan isolasi mandiri. Ini berarti tingkat hunian Flat Isolasi Mandiri mencapai 91,84 persen.

Hasil Patroli Akhir Pekan di Bogor Cenderung Sepi dan Terkendali

Berita Kawasan

Hasil Patroli: Akhir Pekan i Bogor Cenderung Sepi dan Terkendali

21 September 2020, 15:11

Wali Kota Bima Arya dan tim menyisir sejumlah restoran dan kafe di sepanjang Jalan KH Abdulah Bin Nuh (Yasmin), Semplak, Cilendek hingga Gunung Batu di Kota Bogor.

HBO Rajai Emmy Awards untuk Televisi, Apple Raih Piala Pertama

Hobi dan Hiburan

HBO Rajai Emmy Awards untuk Televisi, Apple Raih Piala Pertama

21 September 2020, 14:10

Pelopor streaming online Netflix Inc, yang memimpin perolehan dengan rekor 160 nominasi, memperoleh 21 penghargaan.

MRT Jakarta Raih Enam Penghargaan BUMD Marketeers Awards 2020

Bisnis

MRT Jakarta Raih Enam Penghargaan BUMD Marketeers Awards 2020

21 September 2020, 13:27

PT MRT Jakarta (Perseroda) juga mendapatkan penghargaan ICSB Presidential Award dari International Council for Small Business (ICSB) Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.