Cara Memilih Suplemen yang Tepat Bagi Kesehatan Tubuh

Kesehatan

Cara Memilih Suplemen yang Tepat Bagi Kesehatan Tubuh

Kebanyakan orang bisa mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dari makanan yang dikonsumsi. Namun, bagi sebagian orang membutuhkan suplemen untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi kesehatan tubuh. Banyaknya suplemen yang beredar di pasaran tentu terkadang membuat bingung.

Melansir health.com (10/4/2019), para peneliti di Tufts University menemukan data hasil evaluasi hubungan antara suplemen, makanan dan kematian yang diperoleh dari analisis lebih dari 27.000 orang di Amerika Serikat. Mereka menemukan bahwa nutrisi yang berasal dari makanan bisa membuat seseorang berumur panjang.

[Baca Juga: Hindari Stunting dengan Perhatikan Gizi Anak]

Sementara, seseorang yang mengkonsumsi suplemen untuk memenuhi nutrisi dalam tubuh memiliki risiko kematian yang lebih tinggi. Temuan menarik lainnya dari para peneliti di Amerika Serikat adalah bagi orang yang mengonsumsi suplemen vitamin D meskipun tubuhnya tidak kekurangan vitamin D, maka bisa meningkatkan peluang kematian karena kanker.

Untuk memilih mengonsumsi suplemen vitamin, maka sebaiknya sesuaikan suplemen yang ingin dikonsumsi dengan kondisi tubuh agar tidak terkena kanker dan menyebabkan kematian. Namun, bila Anda mengenal berbagai kandungan nutrisi dari makanan dan bisa mengonsumsinya, akan lebih baik jika memenuhi kekurangan nutrisi dari makan berbagai makanan bergizi.

[Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Daun Kelor yang Kaya Manfaat]

Bagi Anda yang memilih untuk mengonsumsi suplemen, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat berbelanja suplemen vitamin. Berikut cara memilih suplemen vitamin yang tepat untuk kesehatan tubuh yang dirangkum PingPoint.co.id dari berbagai sumber:

  • Pilih suplemen sesuai yang dibutuhkan tubuh dengan cara berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter ahli gizi ataupun tenaga kesehatan yang bisa menyarankan asupan gizi yang dibutuhkan
  • Pilih suplemen berlabel izin dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dan lebih baik lagi bersertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI)
  • Perhatikan tanggal kadaluarsa
  • Hindari membeli suplemen yang terbuat dari Cina
  • Hindari diskon saat berbelanja mencari suplemen, karena dosis yang direkomendasikan untuk produk yang lebih murah cenderung tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan
  • Beli suplemen di tempat yang terpercaya, seperti apotek atau toko swalayan
  • Jangan mengonsumsi suplemen yang mengandung bahan yang dikaitkan dengan kerusakan hati seperti kromium, yang berhubungan dengan anemia seperti jeruk pahit dan yang dikaitkan dengan serangan jantung dan stroke.

[Baca Juga: 6 Manfaat Rosehips Oil untuk Kulit]

Jika Anda memang membutuhkan suplemen untuk mengobati kondisi medis, pastikan Anda berhati-hati ketika memilih yang mana yang bisa dikonsumsi setiap hari. Namun, jika Anda cukup sehat untuk menghindari suplemen, fokuslah untuk mendapatkan vitamin yang cukup dari makanan yang mengandung berbagai kandungan gizi.

Read More

Artikel Lainnya

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

Berita Kawasan

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

26 September 2020, 17:46

Menelan anggaran sebesar 20 milyar rupiah, pelebaran akses yang menghubungkan Gunungpati dan Gajahmungkur itu ditargetkan rampung November 2020.

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

Hobi dan Hiburan

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

26 September 2020, 11:39

Ini dilakukan outdoor. Mudah-mudahan tidak terlalu khawatir juga sama COVID-19. Karena kita berada di mobil sendiri relatif lebih aman.

Di Bawah Rp500 Ribuan, Amazfit Neo Siap Diluncurkan .jpg

Bisnis

Di Bawah Rp500.000-an, Amazfit Neo Siap Diluncurkan

25 September 2020, 18:43

Perusahaan Huami siap meramaikan pasar jam tangan pintar di Indonesia dengan produk Amazfit Neo yang memiliki harga tak sampai Rp500 ribuan.

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

Kecantikan dan Fashion

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

25 September 2020, 16:06

Ternyata algoritma matematika bisa menghasilkan corak batik. Begini cara membuat batik frctal dengan apliksi yang diciptakan anak bangsa.


Comments


Please Login to leave a comment.