Cara Memilih Suplemen yang Tepat Bagi Kesehatan Tubuh

Kesehatan

Cara Memilih Suplemen yang Tepat Bagi Kesehatan Tubuh

Kebanyakan orang bisa mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dari makanan yang dikonsumsi. Namun, bagi sebagian orang membutuhkan suplemen untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi kesehatan tubuh. Banyaknya suplemen yang beredar di pasaran tentu terkadang membuat bingung.

Melansir health.com (10/4/2019), para peneliti di Tufts University menemukan data hasil evaluasi hubungan antara suplemen, makanan dan kematian yang diperoleh dari analisis lebih dari 27.000 orang di Amerika Serikat. Mereka menemukan bahwa nutrisi yang berasal dari makanan bisa membuat seseorang berumur panjang.

[Baca Juga: Hindari Stunting dengan Perhatikan Gizi Anak]

Sementara, seseorang yang mengkonsumsi suplemen untuk memenuhi nutrisi dalam tubuh memiliki risiko kematian yang lebih tinggi. Temuan menarik lainnya dari para peneliti di Amerika Serikat adalah bagi orang yang mengonsumsi suplemen vitamin D meskipun tubuhnya tidak kekurangan vitamin D, maka bisa meningkatkan peluang kematian karena kanker.

Untuk memilih mengonsumsi suplemen vitamin, maka sebaiknya sesuaikan suplemen yang ingin dikonsumsi dengan kondisi tubuh agar tidak terkena kanker dan menyebabkan kematian. Namun, bila Anda mengenal berbagai kandungan nutrisi dari makanan dan bisa mengonsumsinya, akan lebih baik jika memenuhi kekurangan nutrisi dari makan berbagai makanan bergizi.

[Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Daun Kelor yang Kaya Manfaat]

Bagi Anda yang memilih untuk mengonsumsi suplemen, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat berbelanja suplemen vitamin. Berikut cara memilih suplemen vitamin yang tepat untuk kesehatan tubuh yang dirangkum PingPoint.co.id dari berbagai sumber:

  • Pilih suplemen sesuai yang dibutuhkan tubuh dengan cara berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter ahli gizi ataupun tenaga kesehatan yang bisa menyarankan asupan gizi yang dibutuhkan
  • Pilih suplemen berlabel izin dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dan lebih baik lagi bersertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI)
  • Perhatikan tanggal kadaluarsa
  • Hindari membeli suplemen yang terbuat dari Cina
  • Hindari diskon saat berbelanja mencari suplemen, karena dosis yang direkomendasikan untuk produk yang lebih murah cenderung tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan
  • Beli suplemen di tempat yang terpercaya, seperti apotek atau toko swalayan
  • Jangan mengonsumsi suplemen yang mengandung bahan yang dikaitkan dengan kerusakan hati seperti kromium, yang berhubungan dengan anemia seperti jeruk pahit dan yang dikaitkan dengan serangan jantung dan stroke.

[Baca Juga: 6 Manfaat Rosehips Oil untuk Kulit]

Jika Anda memang membutuhkan suplemen untuk mengobati kondisi medis, pastikan Anda berhati-hati ketika memilih yang mana yang bisa dikonsumsi setiap hari. Namun, jika Anda cukup sehat untuk menghindari suplemen, fokuslah untuk mendapatkan vitamin yang cukup dari makanan yang mengandung berbagai kandungan gizi.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.