Cara Atasi Limbah di Saluran Air.jpg

Berita Kawasan

Cara Menanggulangi Limbah pada Saluran Air

Limbah adalah musuh yang terus bermunculan akibat ulah manusia sendiri. Kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan memang sangat kurang. Hal itu terbukti dengan banyaknya saluran air yang mapet gara-gara sampah.

Salah satu daerah yang mengalami pencemaran limbah dari Mall Cibubur Junction ialah saluran air Bumi perkemahan Cibubur.

Kepala Bumi Perkemahan Cibubur Supriyadi, membenarkan adanya pencemaran limbah yang mengakibatkan bau tak sedap di saluran air Bumi Perkemahan Cibubur. Padahal, Bumi Perkemahan Hijau merupakan kawasan perhijauan di area Cibubur.

[Baca Juga: Inspiratif! Warga Meruya Utara Olah Sampah Jadi Energi]

“Perkemahan Cibubur ini ialah kawasan serapan dan juga tempat pendidikan, jadi limbah yang masuk ke saluran air sangat mengganggu sekali,” tutur Supriyadi kepada Ping Point via telepon (6/2/2019).

Untuk jenis imbahnya sendiri, Supriyadi mengaku dirinya masih mengkaji lagi perihal jenis limbah seperti apa yang menyebabkan bau. “Saat ini kami sedang mengkaji jenis limbahnya agar bisa dicarikan solusinya,” tambahnya.

Maka, cara yang paling utama agar kejadian di Cibubur tak terulang ialah dengan tidak membuang sampah dalam bentuk apapun ke saluran air. Pergunakanlah air sebagaimana mestinya, yakni menjadi alur pembuangan air dan bersih dari sampah.

[Baca Juga: Cleanee Jakarta Project, Gerakan Anak Muda Peduli Masalah Sampah]

Kegiatan rumah tangga seringkali menghasilkan limbah kimia. Seperti pada air bekas cucian yang mengandung zat pemutih, dan sabun, sebaiknya Anda hilangkan dulu limbah kimia tersebut sebelum membuangnya ke saluran air.

Jika Anda sudah mencegah saluran air tercemar dari limbah, ada baiknya Anda harus rutin membersihkannya. Perhatikan pula daun-daun atau ranting pepohonan yang masuk ke saluran air tanpa terduga.

Karena sampah daun atau ranting bisa menghambat saluran air. Setidaknya Anda membersihkan tiga kali satu bulan sekali khusus untuk saluran air agar terhindar dari pencemaran limbah.

Selain bisa mengurangi potensi saluran air dari kotor dan berlumut, jika Anda rutin membersihkan saluran air, Anda juga turut membantu mengecilkan potensi banjir di daerah Anda.

Read More

Artikel Lainnya

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik .jpg

Berita Kawasan

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik

29 September 2020, 16:08

Salah satu inovasi yang diterapkan di Terminal Jatijajar di masa pandemi seperti sekarang adalah pemberlakukan sistem e-ticketing.

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir.jpg

Berita Kawasan

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir

29 September 2020, 15:03

Wali Kota Tangerang memastikan pihaknya sudah mempersiapkan skenario antisipasi terhadap potensi terjadinya banjir akibat musim hujan.

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember

29 September 2020, 14:02

Pemkot Tangerang saat ini tengah bekerja keras untuk mengubah status wilayahnya dari zona orange menjadi zona hijau COVID-19.

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September .jpg

Berita Kawasan

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September

29 September 2020, 13:01

Pasar Ciplak di wilayah Jakarta Selatan disebut ditutup pada pekan ini usai ada pedagang yang positif COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.