Cara Atasi Limbah di Saluran Air.jpg

Berita Kawasan

Cara Menanggulangi Limbah pada Saluran Air

Limbah adalah musuh yang terus bermunculan akibat ulah manusia sendiri. Kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan memang sangat kurang. Hal itu terbukti dengan banyaknya saluran air yang mapet gara-gara sampah.

Salah satu daerah yang mengalami pencemaran limbah dari Mall Cibubur Junction ialah saluran air Bumi perkemahan Cibubur.

Kepala Bumi Perkemahan Cibubur Supriyadi, membenarkan adanya pencemaran limbah yang mengakibatkan bau tak sedap di saluran air Bumi Perkemahan Cibubur. Padahal, Bumi Perkemahan Hijau merupakan kawasan perhijauan di area Cibubur.

[Baca Juga: Inspiratif! Warga Meruya Utara Olah Sampah Jadi Energi]

“Perkemahan Cibubur ini ialah kawasan serapan dan juga tempat pendidikan, jadi limbah yang masuk ke saluran air sangat mengganggu sekali,” tutur Supriyadi kepada Ping Point via telepon (6/2/2019).

Untuk jenis imbahnya sendiri, Supriyadi mengaku dirinya masih mengkaji lagi perihal jenis limbah seperti apa yang menyebabkan bau. “Saat ini kami sedang mengkaji jenis limbahnya agar bisa dicarikan solusinya,” tambahnya.

Maka, cara yang paling utama agar kejadian di Cibubur tak terulang ialah dengan tidak membuang sampah dalam bentuk apapun ke saluran air. Pergunakanlah air sebagaimana mestinya, yakni menjadi alur pembuangan air dan bersih dari sampah.

[Baca Juga: Cleanee Jakarta Project, Gerakan Anak Muda Peduli Masalah Sampah]

Kegiatan rumah tangga seringkali menghasilkan limbah kimia. Seperti pada air bekas cucian yang mengandung zat pemutih, dan sabun, sebaiknya Anda hilangkan dulu limbah kimia tersebut sebelum membuangnya ke saluran air.

Jika Anda sudah mencegah saluran air tercemar dari limbah, ada baiknya Anda harus rutin membersihkannya. Perhatikan pula daun-daun atau ranting pepohonan yang masuk ke saluran air tanpa terduga.

Karena sampah daun atau ranting bisa menghambat saluran air. Setidaknya Anda membersihkan tiga kali satu bulan sekali khusus untuk saluran air agar terhindar dari pencemaran limbah.

Selain bisa mengurangi potensi saluran air dari kotor dan berlumut, jika Anda rutin membersihkan saluran air, Anda juga turut membantu mengecilkan potensi banjir di daerah Anda.

Read More

Artikel Lainnya

Sosok KH.Tubagus Muhammad Falak yang Dijadikan Nama Jalan di Kota Bogor

Berita Kawasan

Sosok KH.Tubagus Muhammad Falak yang Dijadikan Nama Jalan di Kota Bogor

24 October 2020, 18:03

Peresmian dilakukan Wali Kota Bogor Bima Arya usai mengikuti peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2020 Tingkat Kota Bogor di Pondok Pesantren Al Falak, Pagentongan, Bogor Barat, Kota Bogor.

Maybelline X Janji Jiwa Luncurkan Superstay Matte Ink Coffee Edition

Kecantikan dan Fashion

Maybelline X Janji Jiwa Luncurkan Superstay Matte Ink Coffee Edition

24 October 2020, 15:08

Masih sama dengan edisi sebelumnya, Maybelline Superstay Matte Ink Coffee Edition diklaim memiliki formula lip cream yang intens, tahan lama hingga 16 jam, dan transferproof.

Warga Warakas, Tanjung Priok Manfaatkan Lahan Kolong Tol untuk Urban Farming

Berita Kawasan

Warga Warakas, Tanjung Priok Manfaatkan Lahan Kolong Tol untuk Urban Farming

24 October 2020, 12:21

Lahan seluas sekitar 500 meter persegi tersebut dikelola Kelompok Wanita Tani (KWT) Hijau Daun RW 09, Kelurahan Warakas, Tajung Priok, Jakarta Utara.

Naughty by Nature, Gerai KFC Tematik Pertama di Indonesia.jpg

Kuliner

Naughty by Nature, Gerai KFC Tematik Pertama di Indonesia

23 October 2020, 17:21

Dengan berbagai menu yang tak ditemukan di gerai lainnya, Naughty by Nature hadir sebagai KFC tematik pertama yang ada di Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.