Cara Mencegah Mastitis Pada Ibu Menyusui

Kesehatan

Cara Mencegah Mastitis Pada Ibu Menyusui

Mastitis pada ibu menyusui (lactating mastitis) adalah infeksi jaringan payudara saat ibu sedang menyusui. Kondisi ini utamanya terjadi karena mampatnya saluran air susu ibu (ASI) yang menggumpal (clogged milk duck). Penggumpalan itu juga disertai bakteri yang masuk ke dalam jaringan payudara ibu melalui puting susu. Mastitis jenis lain (non-lactating mastitis) bisa juga terjadi pada ibu yang tidak menyusui, tapi kondisi ini jarang ditemukan.

Dokter spesialis bedah Siloam Hospitals Lippo Village dr. Freda Susana Halim, Sp.B mengatakan, untuk mendiagnosis bisanya dokter melakukan pemeriksaan radiologi berupa ultrasonografi atau USG. “Pemeriksaan ini sangat aman dan tidak nyeri karena alat yang dipakai sama seperti USG selama kehamilan. Bedanya hanya peletakkan alat yaitu ditempelkan pada payudara ibu,” katanya dikutip dari siloamhospitals.com (31/7/2019).

DEPOK_KESEHATAN_INISIASI MENYUSUI DINI PENTING UNTUK IBU DAN BAYI_OCI-01.jpg

Karena disebabkan mampatnya aliran ASI dan infeski bakteri, maka pengobatan bertujuan untuk menghilangkan kedua faktor tersebut. Pertama, memperbaiki aliran ASI dengan melakukan direct breastfeeding atau menyusui langsung sesering mungkin.

Jika terasa sakit, ibu dapat meringankan rasa sakitnya dengan kompres air hangat dan pemijatan payudara sebelum dan sesudah menyusui. Namun bila tidak memungkinkan menyusui, ibu bisa menggunakan alternatif lain seperti memompa atau breast pump. “Selain itu, sangat disarankan bagi ibu untuk tidak menggunakan bra menyusui yang terlalu ketat agar terhindar dari gesekan area yang sakit,” ujarnya.

[Baca Juga: AIMI Gelar Menyusui Serentak di Pekan Menyusui Sedunia]

Kedua, mengurangi infeksi bakteri dengan pemberian antibiotik yang aman untuk ibu menyusui dan banyinya. Namun, ibu harus berhati-hati karena selama menyusui ada beberapa obat-obatan yang dilarang untuk dikonsumsi. Tentunya, harus selalu berkonsultasi dengan dokter.

Mastitis dapat menimbulkan komplikasi seperti abses payudara. Berbeda dengan pengobatan mastitis, terapi untuk abses adalah melalui operasi atau pembedahan guna mengeluarkan nanah yang terkumpul dalam payudara (drainage atau abscess drainage).

[Baca Juga: Inisiasi Menyusui Dini Penting Untuk Ibu dan Bayi]

Sebagai bentuk pencegahan infeksi pada jaringan payudara, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, seperti

  • Sering menyusui bayi secara langsung atau direct brestfeeding karena akan memastikan pengosongan payudara lebih optimal daripada memompa. Teknik menyusui yang benar perlu diperhatikan agar isapan mulut bayu juga lebih optimal.
  • Sering memompa apabila tidak memungkinkan menyusui langsung (untuk menghindari terjadinya clogged milk ducts).
  • Kompres air hangat dan lakukan pemijatan payudara sebelum dan sesudah memompa untuk mengosongkan payudara secara optimal.
  • Hindari penggunaan bra menyusui yang terlalu ketat.
  • Jaga kondisi kesehatan secara umum (cukup istirahat dan gizi).
  • Konsultasikan diri dengan konsultan laktasi jika terdapat masalah dengan teknik menyusui

Sangat penting untuk mewaspadai mastitis agar momen kebersamaan antara ibu dan bayi tidak terganggu. Segera periksa dan konsultasikan dengan dokter jika kondisi ini terjadi.


Read More

Artikel Lainnya

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.


Comments


Please Login to leave a comment.