Cara Mencuci Buah dan Sayuran dengan Tepat Agar Bebas Pestisida

Properti dan Solusi

Cara Mencuci Buah dan Sayuran dengan Tepat Agar Bebas Pestisida

Buah dan sayur mengandung vitamin dan serat yang tinggi. Banyak dokter kesehatan menyarankan agar lebih sering mengonsumsi buah dan sayur untuk mendapatkan gizi yang seimbang.

Sebelum dikonsumsi, buah dan sayur harus dibersihkan dengan benar dan tepat. Karena buah dan sayur yang sering Anda konsumsi tersebut masih sering meninggalkan zat kimia, yaitu pestisida. Pestisida sering digunakan para petani untuk membunuh hama pada tanaman dan mencegah gagal panen. Pestisida yang masih menempel pada buah dan sayuran ini dapat membahayakan kesehatan. Untuk itu, yang perlu Anda lakukan adalah mencucinya dengan benar dan tepat. Berikut, cara yang benar dan tepat mencuci buah dan sayuran Anda di rumah.

[Baca Juga: 5 Langkah Mencuci Pakaian Bayi Yang Benar]

Cara Mencuci Buah dan Sayuran dengan Tepat Agar Bebas Pestisida

1) Baking Soda

Gunakan 2 sendok makan baking soda yang dicampur dengan 1 sendok makan lemon atau jeruk nipis serta takaran air sebanyak 250 ml. Rendam buah dan sayuran kesukaan Anda dengan perkiraan waktu 5 hingga 10 menit. Setelah itu, baru dibilas dengan air bersih. Cara lainnya dengan mencampurkan bahan-bahan tersebut yang dimasukkan ke dalam botol semprotan. Lalu Anda tinggal menyemprotkan pada buah dan sayur. Diamkan selama 5 hingga 10 menit lalu bilas. Merendam dengan baking soda dapat menyingkirkan sisa-sisa pestisida.

2) Larutan Cuka

Mencuci buah dan sayuran dengan menggunakan larutan cuka dapat menurunkan kandungan pestisida yang menempel dan mampu menekan mikroba. Caranya, rendam buah dan sayur dengan campuran cuka dan air selama 5 hingga 10 menit. Perlu diingat, cara ini bisa mempengaruhi rasa pada beberapa jenis bahan makanan.

3) Rendaman Garam

Rendaman air garam selain dapat mematikan ulat yang terdapat pada sayuran, Rendaman air garam juga efektif membersihkan sisa-sisa pestisida. Letakkan sayur dan buah dalam wadah yang sudah diisi dengan campuran air dan garam. Rendamlah 15 hingga 30 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

[Baca Juga: 5 Cara Efektif Bersihkan Noda Dengan Soda Kue]

Nah, seperti itulah cara mencuci sayur dan buah yang baik dan tepat di rumah agar terbebas dari pestisida. Jangan asal makan dan lupa mencucinya terlebih dulu ya, Pointers, agar kesehatan Anda pun tetap terjaga dengan baik.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digita l.jpg

Pendidikan

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digital

15 May 2022, 10:38

Di era digital saat ini, SDM di Tanah Air didorong memiliki kemampuan public speaking yang tak hanya bersifat luring tapi juga daring.

Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata Ini Dipanen Wagub Ariza.jpg

Berita Kawasan

Panen Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata

13 May 2022, 16:04

Wagub Ariza baru-baru ini bersama istrinya merasakan langsung bagaimana memanen buah belimbing serta sayur bayam di lahan eduwisata urban farming Jakarta Selatan.

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmi n.jpg

Hobi dan Hiburan

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmin

13 May 2022, 10:02

Pada hari ini, DJ Lyfes asal negara Belanda meluncurkan hasil kolaborasinya besama produser EDM dalam negeri DJ Yasmin.

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022.jpg

Pendidikan

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022

12 May 2022, 19:32

Acer Indonesia telah mempersiapkan hadiah total Rp500 juta dalam ajang penghargaan ASSA 2022 demi mempercepat transformasi digital di sekolah SD hingga SMA/SMK di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.