Begini Cara Mengaplikasikan Sunscreen yang Tepat Menurut Dermatologis

Kecantikan dan Fashion

Cara Mengaplikasikan Sunscreen yang Tepat Menurut Dermatologis

Menggunakan tabir surya menjadi hal yang penting, apalagi saat musim panas dan mengharuskan Anda beraktivitas di luar ruangan selama berjam-jam. Sebenarnya, tidak ada acuan pasti mengenai cara mengaplikasikan tabir surya. Namun, tidak sedikit orang yang masih bertanya-tanya bagaimana mengaplikasikan sunscreen yang tepat agar wajah terlindungi dari terik sinar matahari.

Mengutip realsimple.com (20/5/2019), ahli dermatologis dari beberapa negara membagikan cara mengaplikasikan sunscreen dengan tepat. Berikut cara menyelamatkan kulit Anda dari dari sinar matahari yang diterjemahkan dan dirangkum PingPoint.co.id dari Real Simple.

[Baca Juga: Hindari Radiasi Sinar Matahari dengan 5 Sunscreen Lokal Ini]

1. Oleskan Lebih dari Satu Lapisan

Sebaiknya, gunakan tabir surya tidak hanya mengoleskannya sekali saja. Disarankan, mengaplikasikan sunscreen sebanyak dua atau tiga lapisan. Setelah mengoleskan tabir surya ke wajah, telinga, leher dan bagian bawah mata, diamkan dulu selama lima menit. Kemudian oleskan kembali tabir surya ke bagian-bagian tersebut. Terlebih, jika Anda akan beraktivitas seharian di luar ruangan, sebaiknya oleskan tabir surya sebanyak tiga lapisan.

2. Jangan Berkeringat Tanpa SPF

Aplikasikan tabir surya yang tahan air pada kulit Anda saat berolahraga, terutama pelari. Karena, pelari memiliki risiko melanoma (kanker kulit) dan munculnya tahi lalat yang lebih tinggi. Oleskan juga bagian bawah mata ketika berolahraga, sehingga tidak ada yang menetes saat berkeringat. Untuk wanita, jangan lupa aplikasikan sunscreen saat berolahraga di bagian betis. Karena salah satu tempat paling umum munculnya melanoma pada wanita ada di bagian betis.

3. Aplikasikan Sebelum Mengenakan Pakaian

Biasanya, banyak orang mengaplikasikan sunscreen setelah mengenakan pakaian. Namun, jika Anda mengaplikasikan tabir surya saat ingin berenang, Anda sebaiknya oleskan tabir surya pada tubuh dalam keadaan belum berbusana. Hal itu agar tabir surya bisa bekerja lebih efektif. Jadi, gunakan sunscreen dulu, baru kenakan pakaian Anda ketika ingin berenang.

[Baca Juga: Cara Alami Atasi Belang pada Wajah Wanita Berhijab]

4. Simpan Sunscreen di Kulkas

Sunscreen akan memberikan sensasi lebih dingin jika disimpan di kulkas, terlebih jika di luar sedang panas-panasnya. Selain itu, mengoleskan lotion sunscreen yang dingin bisa membantu menjaga efektivitas kinerja sunscreen pada kulit.

Itulah empat cara mengaplikasikan tabir surya dengan tepat menurut beberapa ahli dari mancanegara. Apakah Anda sudah tepat mengaplikasikan sunscreen pada kulit Anda?

Read More

Artikel Lainnya

Meningkatkan Hormon Serotonin Mampu Mencegah Depresi

Kesehatan

Meningkatkan Hormon Serotonin Mampu Mencegah Depresi

19 August 2019, 23:00  |  2 Views

Tubuh manusia memiliki komponen ajaib yang dirancang untuk menghadapi tantangan dalam beraktivitas. Serotonin ialah hormon yang dapat diandalkan untuk mencegah depresi.

Pelaku Industri Diharapkan Terlibat Aktif Dalam Pendidikan Vokasi

Pendidikan

Pelaku Industri Diharapkan Terlibat Aktif Dalam Pendidikan Vokasi

19 August 2019, 22:00  |  1 Views

Kementerian Perindustrian terus mendorong pelaku industri untuk terlibat aktif dalam pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pelatihan vokasi.

Kiat Memilih Toner Sesuai 4 Jenis Kulit

Kecantikan dan Fashion

Kiat Memilih Toner Sesuai 4 Jenis Kulit

19 August 2019, 21:00  |  5 Views

Toner memiliki fungsi yang baik untuk kesehatan kulit Anda, namun sebelum menggunakannya coba perhatikan kiat memilih toner sesuai jenis kulit.

Kendalikan Polusi Udara Jakarta, Pemprov DKI Tanam Bougenville

Berita Kawasan

Kendalikan Polusi Udara Jakarta, Pemprov DKI Tanam Bougenville

19 August 2019, 20:00  |  4 Views

Pemprov DKI memutuskan untuk menanam bougenville di sejumlah titik Jakarta Pusat demi mengendalikan polusi udara Ibu Kota.


Comments


Please Login to leave a comment.