Begini Cara Mengaplikasikan Sunscreen yang Tepat Menurut Dermatologis

Kecantikan dan Fashion

Cara Mengaplikasikan Sunscreen yang Tepat Menurut Dermatologis

Menggunakan tabir surya menjadi hal yang penting, apalagi saat musim panas dan mengharuskan Anda beraktivitas di luar ruangan selama berjam-jam. Sebenarnya, tidak ada acuan pasti mengenai cara mengaplikasikan tabir surya. Namun, tidak sedikit orang yang masih bertanya-tanya bagaimana mengaplikasikan sunscreen yang tepat agar wajah terlindungi dari terik sinar matahari.

Mengutip realsimple.com (20/5/2019), ahli dermatologis dari beberapa negara membagikan cara mengaplikasikan sunscreen dengan tepat. Berikut cara menyelamatkan kulit Anda dari dari sinar matahari yang diterjemahkan dan dirangkum PingPoint.co.id dari Real Simple.

[Baca Juga: Hindari Radiasi Sinar Matahari dengan 5 Sunscreen Lokal Ini]

1. Oleskan Lebih dari Satu Lapisan

Sebaiknya, gunakan tabir surya tidak hanya mengoleskannya sekali saja. Disarankan, mengaplikasikan sunscreen sebanyak dua atau tiga lapisan. Setelah mengoleskan tabir surya ke wajah, telinga, leher dan bagian bawah mata, diamkan dulu selama lima menit. Kemudian oleskan kembali tabir surya ke bagian-bagian tersebut. Terlebih, jika Anda akan beraktivitas seharian di luar ruangan, sebaiknya oleskan tabir surya sebanyak tiga lapisan.

2. Jangan Berkeringat Tanpa SPF

Aplikasikan tabir surya yang tahan air pada kulit Anda saat berolahraga, terutama pelari. Karena, pelari memiliki risiko melanoma (kanker kulit) dan munculnya tahi lalat yang lebih tinggi. Oleskan juga bagian bawah mata ketika berolahraga, sehingga tidak ada yang menetes saat berkeringat. Untuk wanita, jangan lupa aplikasikan sunscreen saat berolahraga di bagian betis. Karena salah satu tempat paling umum munculnya melanoma pada wanita ada di bagian betis.

3. Aplikasikan Sebelum Mengenakan Pakaian

Biasanya, banyak orang mengaplikasikan sunscreen setelah mengenakan pakaian. Namun, jika Anda mengaplikasikan tabir surya saat ingin berenang, Anda sebaiknya oleskan tabir surya pada tubuh dalam keadaan belum berbusana. Hal itu agar tabir surya bisa bekerja lebih efektif. Jadi, gunakan sunscreen dulu, baru kenakan pakaian Anda ketika ingin berenang.

[Baca Juga: Cara Alami Atasi Belang pada Wajah Wanita Berhijab]

4. Simpan Sunscreen di Kulkas

Sunscreen akan memberikan sensasi lebih dingin jika disimpan di kulkas, terlebih jika di luar sedang panas-panasnya. Selain itu, mengoleskan lotion sunscreen yang dingin bisa membantu menjaga efektivitas kinerja sunscreen pada kulit.

Itulah empat cara mengaplikasikan tabir surya dengan tepat menurut beberapa ahli dari mancanegara. Apakah Anda sudah tepat mengaplikasikan sunscreen pada kulit Anda?


Read More

Artikel Lainnya

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount.jpg

Bisnis

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount

09 February 2023, 14:46

Titipku mengklaim ekosistem digital yang diterapkan perusahaannya di Pasar Modern Paramaount mampu mendorong model bisnis B2B2C, hingga menjadi lahan mengumpulkan pundi-pundi rupiah bagia Jatiper.

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.


Comments


Please Login to leave a comment.