Begini Cara Mengaplikasikan Sunscreen yang Tepat Menurut Dermatologis

Kecantikan dan Fashion

Cara Mengaplikasikan Sunscreen yang Tepat Menurut Dermatologis

Menggunakan tabir surya menjadi hal yang penting, apalagi saat musim panas dan mengharuskan Anda beraktivitas di luar ruangan selama berjam-jam. Sebenarnya, tidak ada acuan pasti mengenai cara mengaplikasikan tabir surya. Namun, tidak sedikit orang yang masih bertanya-tanya bagaimana mengaplikasikan sunscreen yang tepat agar wajah terlindungi dari terik sinar matahari.

Mengutip realsimple.com (20/5/2019), ahli dermatologis dari beberapa negara membagikan cara mengaplikasikan sunscreen dengan tepat. Berikut cara menyelamatkan kulit Anda dari dari sinar matahari yang diterjemahkan dan dirangkum PingPoint.co.id dari Real Simple.

[Baca Juga: Hindari Radiasi Sinar Matahari dengan 5 Sunscreen Lokal Ini]

1. Oleskan Lebih dari Satu Lapisan

Sebaiknya, gunakan tabir surya tidak hanya mengoleskannya sekali saja. Disarankan, mengaplikasikan sunscreen sebanyak dua atau tiga lapisan. Setelah mengoleskan tabir surya ke wajah, telinga, leher dan bagian bawah mata, diamkan dulu selama lima menit. Kemudian oleskan kembali tabir surya ke bagian-bagian tersebut. Terlebih, jika Anda akan beraktivitas seharian di luar ruangan, sebaiknya oleskan tabir surya sebanyak tiga lapisan.

2. Jangan Berkeringat Tanpa SPF

Aplikasikan tabir surya yang tahan air pada kulit Anda saat berolahraga, terutama pelari. Karena, pelari memiliki risiko melanoma (kanker kulit) dan munculnya tahi lalat yang lebih tinggi. Oleskan juga bagian bawah mata ketika berolahraga, sehingga tidak ada yang menetes saat berkeringat. Untuk wanita, jangan lupa aplikasikan sunscreen saat berolahraga di bagian betis. Karena salah satu tempat paling umum munculnya melanoma pada wanita ada di bagian betis.

3. Aplikasikan Sebelum Mengenakan Pakaian

Biasanya, banyak orang mengaplikasikan sunscreen setelah mengenakan pakaian. Namun, jika Anda mengaplikasikan tabir surya saat ingin berenang, Anda sebaiknya oleskan tabir surya pada tubuh dalam keadaan belum berbusana. Hal itu agar tabir surya bisa bekerja lebih efektif. Jadi, gunakan sunscreen dulu, baru kenakan pakaian Anda ketika ingin berenang.

[Baca Juga: Cara Alami Atasi Belang pada Wajah Wanita Berhijab]

4. Simpan Sunscreen di Kulkas

Sunscreen akan memberikan sensasi lebih dingin jika disimpan di kulkas, terlebih jika di luar sedang panas-panasnya. Selain itu, mengoleskan lotion sunscreen yang dingin bisa membantu menjaga efektivitas kinerja sunscreen pada kulit.

Itulah empat cara mengaplikasikan tabir surya dengan tepat menurut beberapa ahli dari mancanegara. Apakah Anda sudah tepat mengaplikasikan sunscreen pada kulit Anda?


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.