Cara Mengatasi Anak Yang Tidak Suka Makan Sayur

Kesehatan

Cara Mengatasi Anak Yang Tidak Suka Makan Sayur

Sebagai orangtua, Anda tentunya mau memberikan gizi terbaik bagi anak Anda, diantaranya sayuran. Sayuran mengandung banyak nutrisi dan kaya akan vitamin untuk tumbuh kembang anak. Dan rata-rata anak-anak tidak menyukai sayur. Dilansir dari bidanku.com (13/08/19), berikut rangkuman PingPoint.co.id tentang cara mengatasi anak yang tidak suka makan sayur.

Cara Mengatasi Anak Yang Tidak Suka Makan Sayur

  • Ajak Anak Menyiapkan Makanan

Mengajak anak berbelanja sayuran secara tidak langsung Anda mengenalkan aneka jenis sayuran pada si kecil. Biarkan ia memilih sayuran sesuai yang ia inginkan. Dan mengenali sayuran yang dipilihnya, mulai dari bentuk, nama sayuran, warna dan teksturnya. Setelah mendapatkan sayuran yang anak inginkan, Anda bisa mengajaknya untuk mengolah sayuran tersebut. Anda bisa mengajak anak membantu di dapur, mulai dari membersihkan sayuran dan membiarkannya melihat Anda saat memasak. Ia akan menjadi penasaran dan mencoba masakan yang anda buat dengannya. Jika anda mengikutsertakan anak dalam menyiapkan makanannya, maka ia akan menjadi lebih semangat untuk memakan makanannya, tidak terkecuali sayuran.

[Baca Juga: Ketiga Kalinya, Warga Cilandak Panen Sayuran Organik]

  • Jangan Paksa Anak Makan

Berdasarkan para ahli menyatakan bahwa jika Anda memaksa anak untuk makan makanan tertentu maka anak akan menghindari makanan tersebut, bahkan bisa berlanjut hingga ia dewasa nanti. Selain itu, apabila Anda memaksa anak untuk makan sayur namun anak tidak ingin memakannya maka akan menimbulkan suasana yang tidak nyaman yang pada akhirnya akan membuat nafsu makan anak hilang. Bahkan waktu makan bisa anak anggap sebagai pengalaman buruk.

  • Siapkan Aneka Jenis Makanan

Agar anak mau makan sayur maka Anda harus sabar menghadapinya. Agar anak mau memakan sayuran, Anda dapat menyediakan sayuran tersebut dengan menu makan yang anak sukai. Misalkan menambahkan wortel pada perkedel dan lain sebagainya. Selain itu, Anda bisa mencoba ide baru dengan menyajikan makanan seunik mungkin. Anda bisa menyajikan sayuran dengan mengkreasikannya dengan bentuk yang unik seperti bentuk hewan, bunga atau tokoh kartun kesukaan anak. Hal ini akan membuat anak tertarik dan mencoba untuk memakannya.

  • Mengenalkan Anak Pada Sayur Sejak Dini

Agar anak mau makan sayur, maka saat pertama kali mengenalkan makanan padat Anda dapat membuat makanan dengan variasi sayuran pada MPASI-nya. Namun, pastikan Anda memilih jenis sayuran yang tepat untuk anak.

[Baca Juga: Inilah Aplikasi Penjual Sayur dan Buah Segar Secara Online]

  • Buat Menu Makan yang Lezat Dari Sayur

Anda harus pintar-pintar dalam menyiasati agar anak mau makan sayur. Anda dapat memulai dengan membuat menu makanan berbahan sayur yang lezat agar anak menyukainya. Anda juga dapat mengombinasikan dengan bahan makanan yang lainnya.

  • Menjadi Contoh yang Baik Untuk Anak

Anda harus memakan sayur dan biarkan anak anda melihatnya. Atau Anda bisa memakan sayur bersama-sama dengan si kecil.

  • Menyajikan Sayuran dengan Warna yang Beragam

Anak-anak biasanya akan tertarik dengan segala sesuatu yang memiliki warna mencolok. Agar anak mau makan sayur Anda bisa mencoba menyajikan sayuran dengan aneka macam warna.

[Baca Juga: Ayo, Kenali 10 Pesan Gizi Seimbang]

  • Berikan Apresiasi Pada Anak

Memberikan apresiasi pada si kecil karena telah bersedia makan sayur akan menjadikannya motivasi.

  • Ajak Temannya Untuk Makan Sayur Bersama

Jika anak melihat temannya mengonsumsi sayuran maka ia akan termotivasi. Namun, pastikan Anda jangan membanding-bandingkan anak Anda dengan temannya.

  • Hindari Menyembunyikan Sayuran Pada Makanan Anak

Menyembunyikan sayuran supaya terlihat seperti makanan yang lain, justru anak semakin tidak ingin mengonsumsinya karena akan memberikan kesan sayuran makanan yang buruk.

Mengingat manfaat sayuran sangat penting untuk anak, Anda jangan menyerah jika anak tidak mau makan sayur. Anda dapat mencoba beberapa cara di atas agar anak mau makan sayur. Selamat mencoba ibu !


Read More

Artikel Lainnya

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount.jpg

Bisnis

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount

09 February 2023, 14:46

Titipku mengklaim ekosistem digital yang diterapkan perusahaannya di Pasar Modern Paramaount mampu mendorong model bisnis B2B2C, hingga menjadi lahan mengumpulkan pundi-pundi rupiah bagia Jatiper.

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.


Comments


Please Login to leave a comment.