Jenuh Mahasiswa.jpg

Pendidikan

Cara Mengatasi Kejenuhan Selama Kuliah Online

Tidak terasa sudah satu tahun lebih seluruh Mahasiswa di Indonesia ini menjalani perkuliahan online. Artinya, sudah dua semester perkuliahan online berlangsung di berbagai kampus. Awalnya perkuliahan online ini memang terlihat menyenangkan. Kita tidak perlu menghabiskan ongkos untuk ke kampus, belajar juga bisa dilakukan di mana saja, tatap muka dengan dosen pun hanya virtual saja, akan tetapi tekadang kita kesulitan untuk memahami materi yang disampaikan oleh dosen.

Selama satu tahun kita dihadapkan dengan perkuliahan online. Kita mulai merasa bahwa, kita merindukan kuliah tatap muka secara langsung, berkumpul bersama teman, rindu akan suasana kampus. Sehingga kita pun mulai merasa jenuh dengan perkuliahan online ini.

Berikut adalah 3 cara mengatasi kejenuhan selama perkuliahan online.

  1. Cari Kesibukan

Cara yang pertama adalah cari kesibukan. Cara ini biasa dipakai oleh orang yang senang beraktivitas. Buat kalian yang di rumah saja, kalian dapat menggunakan cara ini. Contohnya, membersihkan rumah.

organisasi mahasiswa.jpg

“Kalau aku sih, ikut IPPNU (Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama) disitu tuh ada pengajian rutinitasnya, terus abis mengaji kita diskusi bareng, kita juga suka bantu ngajar mengaji anak-anak, dan juga bersedekah. Jadi disamping bisa menghilangkan kejenuhan selama di rumah, dengan kegiatan itu juga aku bisa mendapat pahalanya,” ujar Dela, salah satu pelajar STAI Al-Karimiyah Sawangan Depok pada PingPoint.co.id (04/04/2021)

2. Mengerjakan Tugas bersama Teman

Mengerjakan tugas bersama teman juga bisa dijadikan salah satu cara buat mengurangi kejenuhan kalian selama kuliah online ini. Daripada kalian pusing sendirian sama tugas yang diberikan dosen, lebih baik kalian mengajak teman kalian buat menyelesaikan bersama.

tugas.jpg

3. Manfaatkan Waktu untuk Istirahat

Selama kuliah online ini, pastinya kalian diberikan banyak tugas oleh dosen. Meskipun banyak tugas, tapi kita tidak boleh lupa juga untuk beristirahat. Kalian bisa memanfaatkan waktu selama perkuliahan online ini untuk istirahat. Namun, kalian harus pintar-pintar untuk membagi waktu antara tugas sama istirahat.

“Kalo aku sih mengutamakan buat selesaikan dulu tugas kuliah itu sampai selesai, nanti kalau sudah selesai baru santai-santai,” kata Anisa Syahrani, seorang Mahasiswi Universitas Pamulang, kepada PingPoint.co.id (04/04/2021).


Read More

Artikel Lainnya

UTBK di ITB Capai 23.705 Orang 3.jpg

Pendidikan

Sebanyak 23.705 Orang Ikuti UTBK di Institut Teknologi Bandung

15 April 2021, 09:00

Pelaksanaan UTBK di ITB terdapat di beberapa lokasi, yakni di Kampus ITB dan di sejumlah sekolah menengah

pusdai3.jpg

Berita Kawasan

Kasus Terkonfirmasi COVID-19 Menurun, Masjid Pusdai Bandung Gelar Salat Tarawih Berjamaah

15 April 2021, 08:30

Kota Bandung menunjukan grafik menurun, sehingga beberapa Masjid besar di Kota Bandung sudah diizinkan untuk melakukan salat tarawih berjamaah.

Vaksinasi UPi 3.jpg

Kesehatan

Universitas Pendidikan Indonesia Lakukan Vaksinasi untuk Ribuan Dosen dan Tenaga Kependidikan

15 April 2021, 08:00

Sebanyak 2.000 Dosen dan Tenaga Kependidikan melakukan vaksinasi di Gymnasium UPI pada 5-7 April kemarin. Vaksinasi kali ini mayoritas diperuntukan bagi dosen dan tenaga pendidikan UPI yang berusia di bawah 60 tahun.

Dekan Psikologi Undip

Pendidikan

Prof. Dian Ratna Sawitri, Sosok di Balik Prodi Terfavorit UNDIP

14 April 2021, 06:30

Prodi paling Favorit yang banyak diminati calon mahasiswa pada SBMPTN tahun 2021 di Universitas Diponegoro adalah Prodi Psikologi. Prodi ini memiliki peminat mencapai 3.538 orang.


Comments


Please Login to leave a comment.