Cara Menghaluskan Tumit Pecah-Pecah

Kesehatan

Cara Menghaluskan Tumit Pecah-Pecah

Tumit pecah-pecah merupakan masalah kaki yang banyak terjadi pada segelintir orang. Penyebabnya berbagai macam, mulai dari cuaca yang kering atau dingin, maupun iritasi. Masalah ini tentu bisa membuat orang tidak nyaman saat berjalan tanpa alas kaki. Tumit pecah-pecah bila tidak segera diatasi, maka akan membuatnya sakit. Untuk mengatasinya, yang perlu Anda lakukan adalah dengan merawatnya hingga halus dan tidak pecah-pecah lagi. Melansir laman healthline.co, (30/10/2019), berikut tips cara menghaluskan tumit yang pecah-pecah.

[Baca Juga: 7 Pertanyaan Tentang Kelainan Kaki di RS Mitra Keluarga Kelapa Gading]

  • Menggunakan Balsem Khusus Tumit

Carilah balsem atau pelembap tumit yang mengandung bahan untuk melembabkan, melembutkan, dan mengelupas kulit mati, seperti urea (Balsem Tumit Flexitol), asam salisilat (Kerasal), asam alfa-hidroksi (Amlactin), dan isomerat sakarida.

Cara Menghaluskan Tumit Pecah-Pecah

  • Rendam dan Eksfoliasi Kaki

Kulit di sekitar tumit pecah seringkali lebih tebal dan lebih kering daripada bagian kulit lainnya. Merendam dan mengeksfoliasi kaki Anda bisa membantu menghaluskannya.

Untuk merendam kaki:

  1. Rendam kaki dalam air suam-suam kuku dengan air sabun hingga 20 menit.
  2. Gunakan spons kaki, atau batu apung untuk menghilangkan kulit yang keras dan tebal.
  3. Tepuk-tepuk kaki Anda dengan lembut.
  4. Oleskan balsem tumit atau pelembap pada tumit Anda yang pecah.
  5. Madu

Madu dapat berfungsi sebagai obat alami untuk tumit yang retak. Madu memiliki sifat antimikroba dan antibakteri kandungan tersebut mampu membantu menyembuhkan dan membersihkan luka, serta melembapkan kulit tumit Anda. Gunakanlah madu sebagai scrub kaki setelah berendam, atau dijadikan sebagai masker kaki.

  • Minyak Kelapa

Minyak kelapa sering direkomendasikan untuk kulit kering, eksim, dan psoriasis. Minyak kelapa dapat membantu kulit Anda mempertahankan kelembapannya. Menggunakan minyak kelapa setelah berendam kaki bisa menjadi pilihan yang baik. Sifat antiinflamasi dan antimikroba dari minyak kelapa dapat membuat tumit pecah jadi lembap.

[Baca Juga: Ini 3 Jenis Bentuk Kaki dan Pengaruhnya]

Itulah empat tips penting untuk menghaluskan tumit Anda yang pecah. Jangan mengobati sendiri bila tumit pecah Anda disebabkan oleh kondisi medis. Perawatan khusus dari podiatris atau dokter kaki mungkin diperlukan. Dokter akan menyarankan perawatan terbaik untuk kondisi kulit tumit Anda.


Read More

Artikel Lainnya

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.


Comments


Please Login to leave a comment.