Cara Mengurangi Kebiasaan Menyentuh Wajah

Kesehatan

Cara Mengurangi Kebiasaan Menyentuh Wajah

Pada 2 Maret 2020, Presiden Joko Widodo akhirnya mengumumkan bahwa terdapat dua Warga Negara Indonesia dinayatakan positif terkena penyakit COVID-19. Penyakit tersebut disebabkan Virus Corona yang menular akibat droplet atau tetesan pasien yang terinfeksi ketika batuk atau bersin, bukan dari udara.

Berdasarkan keterangan World Health Organization (WHO) pada situsnya, orang sehat bisa saja tertular karena bersentuhan tangan atau barang yang sudah terkontaminasi droplet kemudian menyentuh mata, hidung, atau mulut.

Maka dari itu, sangat disarankan untuk tidak memegang wajah Anda dengan tangan. Jika diperlukan, jangan lupa mencuci tangan sebelum mencuci wajah. Namun sayangnya, memegang wajah sudah jadi kebiasaan yang bahkan sering kali tak disadari.

[Baca Juga: Perlukah Pakai Masker Saat Wabah Virus Corona?]

Mengutip dari huffpost.com (3/3/2020) berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi kebiasaan menyentuh wajah.

Cara Mengurangi Kebiasaan Menyentuh Wajah

1) Pantau Kebiasaan Menyentuh Wajah

Mengubah kebiasaan memang tak mudah, tapi agar Anda terhindar dari penyakit mulailah sedikit-sedikit mengurangi kebiasaan seperti mengigiti kuku atau memegangi wajah yang tak perlu. Untuk menghentikan kebiasaan ini, Anda harus mengetahui sebabnya. Pasalnya, ada beberapa kegiatan yang menandakan jika Anda sedang bosan, cemas, atau pun takut.

Menurut Psikotherapist asal New York Paul Hokemeyer, orang yang menggaruk mata atau memegang bibir merupakan tanda seseorang sedang bingung. Sedangkan orang-orang yang mengigit jari merupakan sebuah pertanda jika mereka sedang cemas.

Coba ketahui pemicu dari kebiasaan tersebut, sehingga Anda bisa mengatasinya dengan lebih efektif tanpa harus bersentuhan dengan wajah.

2) Coba Menyentuh Benda Lain

Cara terbaik untuk menghindari kebiasaan tersebut adalah dengan mengganti yang serupa, misalnya Anda sering menggunakan tangan untuk menjadi penopang dagu. Anda bisa menggantinya dengan bantal atau buku.

Anda juga bisa menggunakan beberapa benda kecil untuk mengumpulkan konsentrasi seperti stress ball, fidget spinner, atau benda yang sering digunakan untuk terapi sensori lain.

Nail Art Gradient Glitter

3) Coba Gunakan Sesuatu pada Jari

Jika kedua cara di atas tetap membuat Anda memegang wajah, coba buat kegiatan tersebut jadi tak nyaman dengan menggunakan sesuatu pada jari tangan. Anda bisa meggunakan kuku palsu yang cukup panjang atau hal lainnya, sehingga Anda merasa terganggu saat memegang wajah.

4) Pasang Pengingat

Jika Anda mudah lupa apalagi untuk mendeteksi apa saja yang akan atau sudah dilakukan, ada baiknya Anda pasang pengingat. Memang membutuhkan lebih banyak usaha, tapi pengingat ini bisa membuat Anda lebih berhati-hati melakukan sesuatu khususnya memegang wajah. Anda bisa membuat catatan kecil yang ditempel pada komputer atau laptop yang Anda gunakan untuk bekerja dengan peringatan untuk tidak menyentuh wajah.

[Baca Juga: Apakah Hand Sanitizer Efektif Melawan Virus Corona?]

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk kurangi kebiasaan memegang wajah. Untuk menghindari penularan virus, jangan lupa untuk lebih sering mencuci tangan menggunakan sabun dan air dan tetap jaga imunitas tubuh agar tetap fit.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.