Cara Menjaga dan Menyimpan Paspor Agar Tidak Hilang

Berita Kawasan

Cara Menjaga dan Menyimpan Paspor Agar Tidak Hilang

Paspor yang hilang tentunya akan membuat pusing. Apalagi saat ini, tertuang dalam peraturan baru pemerintah No. 28 Tahun 2019 yang menyatakan berlakunya denda sebesar Rp1 juta. Melansir laman jakartapusat.imigrasi.go.id (20/09/2019), selain kena denda, pemberian paspor yang baru, bisa ditangguhkan pihak imigrasi bila dalam pemeriksaan ditemukan adanya unsur kecerobohan atau kelalaian selama enam bulan hingga paling lama dua tahun.

Cara Menjaga dan Menyimpan Paspor Agar Tidak Hilang

Oleh sebab itu, sebagai pemilik paspor, sudah seharusnya Anda menjaga dan menyimpan paspor dengan baik agar tidak hilang ketika dalam perjalanan maupun di rumah. Berikut cara menjaga atau menyimpan paspor agar tidak hilang yang diambil dari beberapa sumber.

  1. Taruh di Tempat Khusus

Paspor dengan bentuknya yang mini sangat rawan terselip, terjatuh, bahkan hilang tanpa jejak. Nah, agar paspor Anda mudah dikenali dan dicari ketika ribet. Anda perlu tempat khusus menaruh paspor Anda. Anda bisa saja membeli pouch (tas kecil) maupun tas ikat pinggang yang mudah disimpan sehingga dokumen mini Anda tidak tercecer ke mana-mana.

  • Sering Mengecek Paspor

Walau kelihatannya sepele, tetapi sering mengecek paspor merupakan satu cara yang efisien untuk menjaga paspor agar terjaga dengan aman. Terlebih lagi, bila Anda sering berpindah negara satu dengan negara lainnya dalam jangka waktu yang singkat. Tentu cara ini harus Anda lakukan untuk meminimalkan hilangnya paspor Anda.

  • Jangan Simpan di Saku

Menyimpan paspor ketika sedang dalam perjalanan biasanya lebih gampang bila ditaruh di dalam saku agar ketika diminta, lebih mudah dikeluarkannya dan tidak ribet merogoh tas. Namun, yang perlu Anda perhatikan, pastikan saku Anda tertutup dengan resleting.

  • Mengunci Tas

Bila Anda tinggal di suatu penginapan dan tidak ingin membawa paspor saat ke luar kamar hotel, yang perlu Anda lakukan adalah mengamankan paspor Anda yang ditaruh di dalam tas dengan cara menguncinya dengan menggunakan gembok. Gemboklah tas Anda dengan gembok khusus yang berukuran kecil.

[Baca Juga: Patuh Administrasi, Suzuki Peroleh Apresiasi dari KPU Bea dan Cukai]

Hilangnya paspor karena kelalaian Anda sendiri akan membuat kerugian, dari sisi waktu maupun biaya yang sudah diaktifkan terkena denda sejak bulan Mei 2019. Menjaga paspor adalah solusinya, semoga keempat tips tersebut dapat menghindari terjadinya paspor hilang.

[Baca Juga: Dukcapil Jakarta Terus Lakukan Optimalisasi Tertib Administrasi Kependudukan]

Read More

Artikel Lainnya

Bodebek Zona Merah, Ridwan Kamil Turun Langsung untuk Ngantor di Depok .jpg

Berita Kawasan

Bodebek Zona Merah, Ridwan Kamil Turun Langsung untuk Ngantor di Depok

30 September 2020, 13:05

Mulai pekan depan Gubernur Jawa Barat akan berkantor di Kota Depok untuk langsung mengawasi penangangan COVID-19 di wilayah Bodebek.

Wali Kota Jakarta Barat Kembali Ngantor Usai Pulih dari COVID-19 .jpg

Berita Kawasan

Wali Kota Jakarta Barat Kembali Ngantor Usai Pulih dari COVID-19

30 September 2020, 12:10

Setelah menjalani perawatan di rumah sakit akibat COVID-19, Wali Kota Jakarta Barat akhirnya kembali beraktivitas setelah pulih sepenuhnya.

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik .jpg

Berita Kawasan

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik

29 September 2020, 16:08

Salah satu inovasi yang diterapkan di Terminal Jatijajar di masa pandemi seperti sekarang adalah pemberlakukan sistem e-ticketing.

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir.jpg

Berita Kawasan

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir

29 September 2020, 15:03

Wali Kota Tangerang memastikan pihaknya sudah mempersiapkan skenario antisipasi terhadap potensi terjadinya banjir akibat musim hujan.


Comments


Please Login to leave a comment.