Cara Menjaga dan Menyimpan Paspor Agar Tidak Hilang

Berita Kawasan

Cara Menjaga dan Menyimpan Paspor Agar Tidak Hilang

Paspor yang hilang tentunya akan membuat pusing. Apalagi saat ini, tertuang dalam peraturan baru pemerintah No. 28 Tahun 2019 yang menyatakan berlakunya denda sebesar Rp1 juta. Melansir laman jakartapusat.imigrasi.go.id (20/09/2019), selain kena denda, pemberian paspor yang baru, bisa ditangguhkan pihak imigrasi bila dalam pemeriksaan ditemukan adanya unsur kecerobohan atau kelalaian selama enam bulan hingga paling lama dua tahun.

Cara Menjaga dan Menyimpan Paspor Agar Tidak Hilang

Oleh sebab itu, sebagai pemilik paspor, sudah seharusnya Anda menjaga dan menyimpan paspor dengan baik agar tidak hilang ketika dalam perjalanan maupun di rumah. Berikut cara menjaga atau menyimpan paspor agar tidak hilang yang diambil dari beberapa sumber.

  1. Taruh di Tempat Khusus

Paspor dengan bentuknya yang mini sangat rawan terselip, terjatuh, bahkan hilang tanpa jejak. Nah, agar paspor Anda mudah dikenali dan dicari ketika ribet. Anda perlu tempat khusus menaruh paspor Anda. Anda bisa saja membeli pouch (tas kecil) maupun tas ikat pinggang yang mudah disimpan sehingga dokumen mini Anda tidak tercecer ke mana-mana.

  • Sering Mengecek Paspor

Walau kelihatannya sepele, tetapi sering mengecek paspor merupakan satu cara yang efisien untuk menjaga paspor agar terjaga dengan aman. Terlebih lagi, bila Anda sering berpindah negara satu dengan negara lainnya dalam jangka waktu yang singkat. Tentu cara ini harus Anda lakukan untuk meminimalkan hilangnya paspor Anda.

  • Jangan Simpan di Saku

Menyimpan paspor ketika sedang dalam perjalanan biasanya lebih gampang bila ditaruh di dalam saku agar ketika diminta, lebih mudah dikeluarkannya dan tidak ribet merogoh tas. Namun, yang perlu Anda perhatikan, pastikan saku Anda tertutup dengan resleting.

  • Mengunci Tas

Bila Anda tinggal di suatu penginapan dan tidak ingin membawa paspor saat ke luar kamar hotel, yang perlu Anda lakukan adalah mengamankan paspor Anda yang ditaruh di dalam tas dengan cara menguncinya dengan menggunakan gembok. Gemboklah tas Anda dengan gembok khusus yang berukuran kecil.

[Baca Juga: Patuh Administrasi, Suzuki Peroleh Apresiasi dari KPU Bea dan Cukai]

Hilangnya paspor karena kelalaian Anda sendiri akan membuat kerugian, dari sisi waktu maupun biaya yang sudah diaktifkan terkena denda sejak bulan Mei 2019. Menjaga paspor adalah solusinya, semoga keempat tips tersebut dapat menghindari terjadinya paspor hilang.

[Baca Juga: Dukcapil Jakarta Terus Lakukan Optimalisasi Tertib Administrasi Kependudukan]


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.