BOGOR_KESEHATAN_CARA MENJAGA KESEHATAN KULIT SAAT MUSIM HUJAN_IVAN_REVISI 02-01.jpg

Kesehatan

Cara Menjaga Kesehatan Kulit saat Musim Hujan

Belakangan ini, curah hujan terbilang tinggi. Iklim yang seperti ini membuat udara jadi basah dan terlalu lembap. Kondisi udara tersebut sejatinya kurang baik untuk kesehatan kulit. Soalnya, suhu yang lembap membuat keringat tidak mudah menguap, tapi malah tetap berada dikulit untuk waktu yang lebih lama. Hal ini pun berisiko memunculkan jerawat, jamur, dan berbagai gangguan kesehatan kulit lainnya.

Maka itu, jika memang daerah tempat tinggal tengah mengalami musim hujan, atau memang sering diguyur hujan seperti Bogor, ada baiknya Anda lebih memerhatikan kesehatan kulit. Bia perlu, lakukan beberapa hal atau cara sederhana yang bisa menjaga kesehatan kulit di daerah lembap. Nah, mengutip berbagai sumber (7/9/2018), berikut adalah beberapa cara sederhana yang dimaksud.

  • Banyak Minum Air Putih

Untuk menghindari kulit dari berbagai penyakit saat musim hujan, lembapkan kulit Anda dari dalam dengan banyak minum air putih. Sebab apabila tubuh mengalami dehidrasi, maka kulit pun demikian. Untuk memenuhi cairan yang ada di dalam tubuh, Anda dianjurkan minum air sebanyak delapan gelas dalam setiap harinya.

[Baca Juga : 5 BB Cream Lokal yang Cocok Untuk Kulit Wanita Indonesia]

  • Gunakan Pelembap

Selain melembapkan kulit dari dalam, Anda juga perlu melembapkan kulit dari luar. Caranya adalah dengan menggunakan pelembap kulit untuk mencegah kekeringan. Maka itu, gunakanlah produk pelembap kulit secara teratur.

  • Pelembap Water-Based

Bila produk pelembap yang rutin digunakan tidak cukup melembapkan kulit karena udara yang terlalu dingin, maka gantilah pelembap reguler Anda dengan pelembap yang bersifat water-based. Sebab apapun jenis kulit Anda, produk water-based akan memberikan banyak keuntungan, khususnya untuk dehidrasi serta dapat meningkatkan kandungan air pada kulit. Selain teksturnya yang ringan, pelembap water-based dapat menyerap dengan cepat ke dalam kulit, dan dapat mencegah terjadinya breakout jika digunakan seharian.

  • Jangan Mandi Terlalu Lama

Mandi memang sangat menyegarkan jika dilakukan di saat cuaca sedang panas-panasnya. Tetapi sebaiknya, jangan mandi terlalu lama. Sebab, mandi yang dilakukan terlalu lama akan mengurangi kelembapan kulit. Untuk menjaga suhu badan agar tetap nyaman dan hangat, Anda masih bisa mandi dengan waktu yang singkat.

  • Jangan Menggosok Kulit

Setelah mandi sebaiknya Anda keringkan kulit menggunakan handuk secara perlahan. Jangan terlalu keras menggosok kulit pada saat mengeringkan, karena hal ini akan membuat sel-sel kulit dan minyak yang berfungsi untuk melembapkan menjadi hilang.

  • Hindari Sabun ‘Keras’

Maksud keras dalam hal ini adalah sabun yang mengandung pengawet dan wewangian. Makanya, pada saat musim hujan, gunakan sabun yang ‘ringan’, atau tidak mengandung banyak pengawet dan wewangian. Ini penting karena kedua bahan tersebut akan mengurangi cairan yang ada di kulit. Untuk itu, dalam memilih sabun, pilihlah produk sabun yang ringan tanpa mengandung gliserin sehingga dapat mempertahankan kelembapan.

[Baca Juga : Kulit Cantik dan Sehat dengan Perawatan Darah Sendiri]

  • Hindari Toner

Pada musim kemarau, menggunakan toner dengan kadar alkohol tinggi memang diperlukan. Ini berguna untuk mengurangi minyak pada kulit. Namun pada musim hujan atau wilayah beriklim basah seperti Bogor, sebaiknya hindari penggunaan toner karena akan menyebabkan kulit menjadi kering.

  • Konsumsi Antioksidan

Antioksidan menetralkan radikal bebas yang bertanggung jawab atas tanda-tanda penuaan. Buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian yang mengandung antioksidan seperti vitamin A, E, dan C, bisa membantu Anda mendapatkan kulit yang terlihat lebih sehat. Makin sering Anda mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan, makin sehat dan cantik kulit yang Anda miliki.

Read More

Artikel Lainnya

Bekasi Kembali Raih Penghargaan Kota Layak HAM dari Kemenkumham

Berita Kawasan

Bekasi Kembali Raih Penghargaan Kota Layak HAM dari Kemenkumham

11 December 2019, 16:00

Mengulang prestasi dari tahun sebelumnya, Bekasi kembali raih penghargaan Kota Layak HAM di peringatan Hari HAM sedunia.

8 Camat Jakarta Barat Ikut Pamong Innovation Award Tahun 2019

Berita Kawasan

8 Camat Jakarta Barat Ikut Pamong Innovation Award Tahun 2019

11 December 2019, 15:00

Pamong Innovation Award Tahun 2019 pada 9 Desember 2019 digelar dalam rangka peningkatan kinerja para camat menyelesaikan permasalahan di wilayah masing-masing.

Suzuki Gelar Servis Gratis Untuk Angkot di Jakarta

Bisnis

Suzuki Gelar Servis Gratis untuk Angkot di Jakarta

11 December 2019, 14:00

Berbeda dari tahun sebelumnya yang hanya memfasilitasi 500 angkot, tahun ini ada sebanyak 700 angkot yang akan mendapatkan servis gratis

Anggaran Pembangunan Boarding School SMKN 74 Dikaji Kembali

Pendidikan

Anggaran Pembangunan Boarding School SMKN 74 Dikaji Kembali

11 December 2019, 13:00

Pengajuan anggaran pembangunan Boarding School SMKN 74, Jakarta Utara perlu dikaji kembali. DPRD meminta Disdik menundanya.


Comments


Please Login to leave a comment.