Cara Menjaga Lantai Marmer Supaya Selalu Terlihat Bersih

Properti dan Solusi

Cara Menjaga Lantai Marmer Supaya Selalu Terlihat Bersih

Marmer adalah material batu alam yang sifatnya lunak yang di diperoleh dari proses pembentukan sedimen kapur keras yang membatu. Mempunyai lantai marmer yang bersih dan terawat di rumah Anda, tentunya menjadi hal yang menyenangkan. Agar lantai marmer selalu terlihat kinclong maka membutuhkan perawatan khusus.

Jika memiliki dana khusus untuk merawat lantai marmer, Anda dapat menggunakan jasa perawatan marmer dan granit. Namun, jika Anda tidak memiliki dana khusus untuk perawatan marmer dan granit tersebut, sebenarnya ada cara yang lebih mudah dan murah untuk merawat lantai marmer agar kembali terlihat mengilap. Simak penjelasan berikut yang dirangkum PingPoint.co.id dari berberapa sumber (28/10/2019).

[Baca Juga: 5 Jenis Batu Marmer untuk Interior atau Eksterior Ruangan]

1) Cairan Pembersih

Langkah awal yang bisa Anda lakukan yaitu pel lantai marmer menggunakan cairan pembersih lantai untuk membersihkan lantai keramik. Setelah itu tunggu sampai kering, kemudian oleskan pasta atau wax yang biasa dipakai untuk memoles bodi mobil ke seluruh permukaan lantai marmer maupun granit. Tunggulah beberapa saat sampai pasta poles tersebut meresap sempurna.

2) Proses Gosok

Setelah pasta tersebut meresap sempurna, gosoklah lantai marmer dengan spons untuk mencuci piring dan gunakan bagian yang berwarna hijau sampai pasta poles yang menempel benar-benar tak tersisa.

Cara Menjaga Lantai Marmer Supaya Selalu Terlihat Bersih

3) Proses Pel

Lalu bersihkan bekas pasta poles dengan sapu, dilanjutkan dengan pengepelan lantai seperti biasanya. Jika Anda selalu melakukan hal ini setiap 2 bulan sekali, maka dengan sendirinya lantai marmer Anda akan selalu mengilap seperti lantai marmer baru.

4) Pengerasan

Karena sifatnya lunak biasanya marmer ini memerlukan suatu proses pengerasan saat dipasang pada lantai yang disebut proses kristalisasi sehingga menghasilkan lantai marmer keras dan mengilap. Proses kristalisasi lazimnya dilakukan dengan dua cara, yakni proses pemampatan dan proses coating atau pemolesan.

Kedua cara merawat lantai marmer ini sebenarnya sama-sama efektif hanya saja ada sedikit perbedaan. Untuk cara pemampatan lebih bertahan lama dibandingkan dengan cara coating, namun proses pengerjaannya membutuhkan waktu yang lebih lama. Sebaliknya cara coating proses pengerjaannya sangat cepat akan tetapi umur kilapnya akan menjadi lebih pendek.

[Baca Juga: 5 Langkah Mengganti Lantai Keramik Pecah]

Lantai marmer memerlukan perawatan khusus agar tampak selalu mengilap tanpa merubah warna aslinya. Untuk itu perlu dilakukan proses kristalisasi lantai dengan poles marmer. Lantai marmer sebaiknya dibersihkan dengan cairan pembersih poles marmer yang bersifat netral sehingga tidak merusak permukaan lantai, agar warna aslinya bisa bertahan lama.

Selain itu, permukaan lantai marmer harus selalu dijaga agar bebas dari pasir atau debu karena jika pasir atau debu bergesekan dengan alas sepatu bisa mengakibatkan goresan pada permukaan lantai.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digita l.jpg

Pendidikan

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digital

15 May 2022, 10:38

Di era digital saat ini, SDM di Tanah Air didorong memiliki kemampuan public speaking yang tak hanya bersifat luring tapi juga daring.

Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata Ini Dipanen Wagub Ariza.jpg

Berita Kawasan

Panen Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata

13 May 2022, 16:04

Wagub Ariza baru-baru ini bersama istrinya merasakan langsung bagaimana memanen buah belimbing serta sayur bayam di lahan eduwisata urban farming Jakarta Selatan.

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmi n.jpg

Hobi dan Hiburan

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmin

13 May 2022, 10:02

Pada hari ini, DJ Lyfes asal negara Belanda meluncurkan hasil kolaborasinya besama produser EDM dalam negeri DJ Yasmin.

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022.jpg

Pendidikan

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022

12 May 2022, 19:32

Acer Indonesia telah mempersiapkan hadiah total Rp500 juta dalam ajang penghargaan ASSA 2022 demi mempercepat transformasi digital di sekolah SD hingga SMA/SMK di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.