Cara Menyamarkan Stretch Marks

Kecantikan dan Fashion

Cara Menyamarkan Stretch Mark

Stretch mark merupakan tanda khusus yang muncul berupa garis paralel pada kulit karena perubahan hormonal dan atau peregangan yang berlebihan pada kulit. Awalnya dapat berwarna merah-keunguan, kemudian secara bertahap semakin mengkilat dan berwarna putih seperti mutiara atau berwarna daging. Pada umumnya, stretch mark akan muncul di perut, paha atas, payudara, atau pinggul.

Penyebab stretch mark, adanya peregangan pada kulit. Tingkat keparahan kondisi ini dipengaruhi beberapa faktor, termasuk adanya kecenderungan untuk mengalami stretch marks secara genetik, derajat peregangan kulit yang terjadi, dan kadar hormon kortisol dalam tubuh.

[Baca Juga: Gunakan 4 Produk Ini untuk Hindari Stretch Mark pada Ibu Hamil]

Kortisol merupakan hormon yang diproduksi oleh kelenjar adrenal, yang dapat melemahkan fiber elastik pada kulit. Stretch marks dapat terjadi pada siapa pun. Beberapa faktor yang diduga meningkatkan kemungkinan seseorang untuk menimbulkan stretch mark seperti wanita hamil, pubertas, memiliki berat badan berlebih (obesitas), mengalami peningkatan atau penurunan berat badan secara drastis, dan lain sebagainya.

Umumnya, orang merasa tidak nyaman dengan penampilan yang disebabkan oleh stretch marks. Walaupun tidak berbahaya dan dapat menjadi semakin samar seiring dengan berjalannya waktu, Anda bisa meminta dokter untuk mengatasi masalah pada kulit ini. Ada beberapa metode penanganan untuk masalah stretch marks. Sebagian besar langkah penanganan dinilai dapat membantu memperbaiki penampilan dan tekstur kulit yang terganggu akibat stretch marks. Tetapi, penanganan tersebut umumnya tidak dapat menghilangkan guratan-guratan secara sepenuhnya.

[Baca Juga: Ini 5 Hal yang Harus Dihindari Jika Memiliki Kulit Kering]

Melansir dari beberapa laman, berikut jenis penanganan yang dapat Anda lakukan untuk menyamarkan stretch marks, yaitu :

  • Krim retinoid. Setelah dokter melakukan evaluasi kondisi kulit, salah satu jenis pengobatan luar yang dapat diresepkan adalah pemakaian salep obat golongan retinoid. Krim ini dapat membantu memperbaiki penampilan kulit akibat stretch marks yang baru timbul. Namun, pemberian krim obat ini juga memerlukan pertimbangan dan konsultasi dokter lebih dahulu, terutama pada kondisi kehamilan dan menyusui.
  • Terapi sinar dan laser. Terdapat beberapa jenis terapi sinar dan laser yang dapat membantu merangsang pertumbuhan kolagen atau elastin pada kulit. Lewat pemeriksaan dan evaluasi dokter terlebih dahulu, dapat ditentukan teknik terapi yang paling sesuai.
  • Mikrodermabrasi. Penanganan jenis ini melibatkan penggunaan peralatan yang menggunakan kristal untuk mengangkat lapisan luar kulit dan menunjang pertumbuhan kulit yang lebih elastis.

Cara Menyamarkan Stretch Marks

Adapun cara lain untuk menghilangkan stretch marks adalah dengan menggunakan bahan alami, tentunya tidak instan. Dibutuhkan kesabaran, tapi bagi kulit Anda yang sensitif mungkin Anda bisa mencoba bahan-bahan ini, diantaranya :

  • Minyak Zaitun. Berfungsi untuk melembapkan dan mengeksfoliasi kulit atau mengangkat sel kulit mati. Pijatan dengan minyak zaitun bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah dan menyamarkan stretch marks.
  • Aloevera atau Lidah Buaya. Membantu mempercepat proses penyembuhan dan memiliki efek yang menenangkan kulit. Anda bisa menggunakan gel lidah buaya untuk membantu mempercepat proses memudarkan stretch marks.
  • Madu. Memiliki sifat sebagai antiseptik untuk mengurangi stretch marks. Anda bisa menggunakan madu sebagai scrub.
  • Putih Telur. Mengandung protein yang bisa membantu peremajaan sel kulit dan membantu meregenerasi kulit sehingga tampak lebih cerah, sehingga memudarkan stretch marks.
  • Kentang. Untuk memudarkan stretch mark yang timbul pasca hamil, Anda bisa mencoba memanfaatkan kentang. Karena, mengandung polifenol dan karotenoid yang dapat membantu memperbaiki tekstur kulit.
  • Lemon. Sifat asam dari lemon ini yang bisa membantu membersihkan stretch mark.

Itulah beberapa cara untuk mengembalikan rasa percaya Anda, khususnya kaum wanita. Cara-cara di atas bisa Anda coba, baik secara medis maupun alami. Yang perlu Anda ketahui, bahwa stretch mark memang tidak dapat dihilangkan secara total, tetapi bisa menyamarkan sampai tak terlihat selama Anda rutin melakukan perawatan. Selamat mencoba!


Read More

Artikel Lainnya

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga.jpg

Hobi dan Hiburan

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga

08 August 2022, 14:14

Mengenang wafatnya senimaan kenamaan di arean Jalan Braga Kota Bandung, pameran Pulau Emas digelar di Galeri Seni Ropih.

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan.jpg

Bisnis

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan

08 August 2022, 11:12

: Dalam upaya membantu pemasaran produk wirausaha di wilayahnya, Pemprov DKI Jakarta baru-baru ini mengikutsertakan produk Jakpreneur di event Pujafest 2022 di Candi Prambanan.

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran Hingga 9 Agustus 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran

05 August 2022, 17:28

Pameran sekaligus kompetisi filateli tingkat internasional saat ini tengah digelar di Jiexpo Kemayoran dan bisa Anda kunjungi tanpa biaya sepeser pun.


Comments


Please Login to leave a comment.