Cara Merawat Ban Mobil Agar Tetap Awet

Properti dan Solusi

Cara Merawat Ban Mobil Agar Tetap Awet

Ketika memiliki mobil tentunya Anda harus siap dengan berbagai keperluan perawatan yang sangat penting untuk diperhatikan. Salah satu bagian mobil yang perlu diperhatikan adalah kaki-kaki, khususnya ban. Melansir dari beberapa laman sumber seperti tiretrack.com (7/11/2019), kali ini PingPoint.co.id ingin memberitahu Anda cara merawat ban yang baik dan benar.

[Baca Juga: Cara Beli Pulsa Jadi Lebih Murah, Cepat dan Praktis]

1) Periksa Ban Mobil Secara Teratur

Ban mobil Anda dapat mengalami kerusakan atau keausan yang signifikan tanpa Anda sadari. Maka dari itu, usahakan untuk selalu mengecek kondisi ban mobil Anda sebelum bepergian. Jika Anda ingin bepergian dengan jarak yang jauh atau keluar kota, disarankan untuk memeriksa kondisi ban terlebih dahulu di bengkel ban khusus.

2) Perhatikan Medan dan Beban Indeks

Kualitas ban mobil akan semakin menurun seiring lamanya pemakaian. Masalah-masalah seperti menabrak lobang, sering melalui medan atau jalanan yang rusak hingga membawa beban yang terlalu berat memungkinkan ban mobil menjadi cepat rusak karena overheating. Salah satu cara merawat ban yang paling mudah adalah memperhatikan beban angkut mobil. Jika dirasa umur ban Anda sudah cukup tua, pastikan kondisinya masih dalam keadaan layak di bengkel ban terdekat.

Cara Merawat Ban Mobil Agar Tetap Awet

3) Cek Daya Cengkeram Ban

Kenyamanan mengemudi tidak hanya dipengaruhi oleh kemampuan memgemudi melainkan juga daya cengkeram ban. Ban yang baik tidak tergantung pada desain tapak atau kedalaman tapak pada ulir ban. Ban yang bagus adalah ban yang sesuai dengan kebutuhan mobil dan si pengendara.

4) Sesuaikan Jenis Ban dengan Kondisi Jalan

Kesesuaian medan jalanan dengan jenis ban sangat mempengaruhi kenyamanan mengemudi dan umur ban yang digunakan. Misalnya, jika Anda sering mengemudi dengan kecepatan tinggi di jalanan yang kering dan beraspal, maka ban yang paling cocok untuk digunakan adalah jenis ban aspal yang memiliki traksi atau daya cengkeram yang baik di aspal. Sebaliknya, jika Anda sering melewati medan yang basah dan berlumpur, maka sesuaikan dengan pemakaian ban yang memiliki tapak tebal dan lebar agar mudah untuk mencengkeram jalanan.

[Baca Juga: Pilihan Laptop Kantoran untuk Pekerja dengan Mobilitas Tinggi]

Jika kondisi ban yang Anda gunakan sudah dalam kondisi yang tak layak segerakan untuk membeli ban baru. Kalau Anda sedang mencari ban baru yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, Blibli.com sedang bagi-bagi promo ban yang menarik. Mulai dari periode 1-10 November, Anda bisa mendapatkan cash back hingga 50 persen setiap pembelian ban mobil di e-commerce tersebut. Untuk info seputar promo Blibli lainnya, Anda bisa kunjungi website blibli.com atau donwload aplikasi blibli.com di app store kesayangan Anda. Segera ikuti event-nya sebelum kelewatan.

Read More

Artikel Lainnya

Change.org Bocorkan Kampanye Digital yang Populer Sepanjang 2019

Berita Kawasan

Change.org Bocorkan Kampanye Digital yang Populer Sepanjang 2019

20 January 2020, 18:00

Change.org sebagai platform yang memfasilitasi masyarakat untuk berkampanye secara digital mengalami kenaikan pengguna lebih dari 100 persen pada 2019.

Siap-siap, Amazone Akan Gelar Kompetisi Ultraman Fusion Fight Jakarta

Berita Kawasan

Siap-siap, Amazone Akan Gelar Kompetisi Ultraman Fusion Fight Jakarta

20 January 2020, 17:00

Selama permainan, pemain akan memasukkan dua kartu Ultra Fusion untuk membuat kombinasi orb yang beragam.

Wow, Anak-Anak Ini Asah Kreativitas Membuat Lampion Imlek

Pendidikan

Wow, Anak-Anak Ini Asah Kreativitas Membuat Lampion Imlek

20 January 2020, 16:00

Anak-anak sekolah minggu di salah satu vihara Ibu Kota mengasah kreativitasnya dengan membuat lampion untuk menyambut Imlek 2020.

Ternyata 4 Kebiasaan ini Bikin Badan Bungkuk

Kesehatan

Ternyata 4 Kebiasaan ini Bikin Badan Bungkuk

20 January 2020, 15:00

Bungkuk dapat menyebabkan tekanan berlebih pada tulang belakang sehingga menyebabkan rasa sakit dan bahkan kesulitan bernafas akibat paru-paru yang tertekan ke bawah.


Comments


Please Login to leave a comment.