Cara Merawat Batik.jpg

Kecantikan dan Fashion

Cara Merawat Batik Agar Tahan Lama dan Tak Luntur

Batik semakin diminati, khususnya generasi milenial. Penetapan Hari Batik Nasional setiap tanggal 2 Oktober merupakan salah satu pemicu eksistensi batik dikalangan masyarakat.

Batik sendiri merupakan kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain. Lalu, pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang punya ciri khas tersendiri.

[Baca Juga: UMKM Ini Lestarikan Motif Batik Khas Betawi]

Bagi para pecinta batik, merawat kain asli tradisional Indonesia yang diakui oleh UNESCO ini ialah hal yang mutlak dilakukan.

Kain pada batik hadir dengan berbagai motif. Merawatnya agar tidak cepat rusak dan sanggup tahan lama tentu memiliki cara khusus. Maka, berikut empat cara merawat batik ala Pingpoint.co.id agar bisa tahan lama dan tak luntur.

  • Setelah Digunakan Wajib Dicuci

Agar kain batik yang Anda gunakan awet, sebaiknya setelah dipakai kain batik langsung dicuci. Sebab, keringat yang menempel dalam kain bisa menimbulkan noda yang sulit dihilangkan. Anda juga disarankan untuk mencuci batik dengan cara manual yakni dengan menggunakan tangan. Hal ini perlu dilakukan supaya serat kain batik Anda tidak rusah dan tahan lama.

  • Dibersihkan dengan Lerak

Sebaiknya, batik kesayangan Anda dicuci dengan lerak. Lerak sendiri ialah tumbuhan yang dikenal karena kegunaan bijinya yang dipakai sebagai deterjen tradisional. Kain batik dianjurkan dicuci menggunakan lerak karena lerak bisa menjaga kualitas warna batik.

Namun, jika sulit untuk mendapatkan lerak, Anda bisa menggunakan sabun yang lebut atau sampo bayi sebagai pilihan.

  • Jangan Dikeringkan di Bawah Sinar Matahari

Ketika selesai dicuci, biasanya baju pada umumnya dikeringkan di bawah sinar matahari. Namun, khusus untuk batik Anda harus mengeringkannya di tempat yang tertutup. Terlalu banyak terkena sinar matahari bisa membuat serat pada batik Anda luntur.

  • Jangan Dilipat

Jika batik Anda disimpan dalam jangka waktu lama, usahan agar tidak disimpan dalam keadaan dilipat. Hal ini supaya batik Anda tidak cepat sobek dan kusam. Sebaiknya Anda menggantung kain batik Anda di dalam lemari. Hindari penggunaan kapur barus atau kamper, karena itu membuat kain batik menjadi rapuh.

[Baca Juga: Ingin Belajar Mengenai Motif Batik Betawi? Di Tempat Ini Saja]

Batik adalah warisan kebudayaan Indonesia. Maka dari itu, sebagai masyarakat Indonesia sudah sepatutnya kita melestarikan dan menjaga batik. Salah satu caranya dengan merawat kondisi batik Anda secara teratur.


Read More

Artikel Lainnya

Selain One Republic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Selain OneRepublic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023

29 November 2022, 15:46

Setelah mengumumkan OneRepublic dan Man With A Mission di line up pertama WUF 2023, penyelenggara kembali mengumumkan para musisi di line up fase kedua di konser yang akan digelar pada akhir Februari 2023 nanti.

East Ventures Pimpin Pendanaan Seri A Senilai Rp205 Miliar untuk TipTi p.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Seri A Senilai Rp205 Miliar untuk TipTip

29 November 2022, 13:43

Platform kreator konten TipTip baru-baru ini meraih suntikan pendanaan Seri A yang dipimpin oleh East Ventures.

Sah! UMP DKI Jakarta Naik Tahun 2023 Jadi Rp4,9 Jut a.jpg

Bisnis

Sah! UMP DKI Jakarta Naik Tahun 2023 Jadi Rp4,9 Juta

29 November 2022, 11:42

Pemprov DKI Jakarta pada pekan ini secara resmi mengumumkan bahwa UMP Ibu Kota akan naik sekitar Rp259 ribuan dibandingkan angka sebelumnya.

bebk.jpg

Kuliner

Resto Bebek Emas, Cara Beda Makan Bebek Peking Panggang

29 November 2022, 09:40

Ini loh cara baru menikmati bebek peking! Di Resto Bebek Emas Anda bisa menikmati bebek peking panggang dengan lalapan dan sambal khas tradisional.


Comments


Please Login to leave a comment.