Cara Merawat Batik.jpg

Kecantikan dan Fashion

Cara Merawat Batik Agar Tahan Lama dan Tak Luntur

Batik semakin diminati, khususnya generasi milenial. Penetapan Hari Batik Nasional setiap tanggal 2 Oktober merupakan salah satu pemicu eksistensi batik dikalangan masyarakat.

Batik sendiri merupakan kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain. Lalu, pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang punya ciri khas tersendiri.

[Baca Juga: UMKM Ini Lestarikan Motif Batik Khas Betawi]

Bagi para pecinta batik, merawat kain asli tradisional Indonesia yang diakui oleh UNESCO ini ialah hal yang mutlak dilakukan.

Kain pada batik hadir dengan berbagai motif. Merawatnya agar tidak cepat rusak dan sanggup tahan lama tentu memiliki cara khusus. Maka, berikut empat cara merawat batik ala Pingpoint.co.id agar bisa tahan lama dan tak luntur.

  • Setelah Digunakan Wajib Dicuci

Agar kain batik yang Anda gunakan awet, sebaiknya setelah dipakai kain batik langsung dicuci. Sebab, keringat yang menempel dalam kain bisa menimbulkan noda yang sulit dihilangkan. Anda juga disarankan untuk mencuci batik dengan cara manual yakni dengan menggunakan tangan. Hal ini perlu dilakukan supaya serat kain batik Anda tidak rusah dan tahan lama.

  • Dibersihkan dengan Lerak

Sebaiknya, batik kesayangan Anda dicuci dengan lerak. Lerak sendiri ialah tumbuhan yang dikenal karena kegunaan bijinya yang dipakai sebagai deterjen tradisional. Kain batik dianjurkan dicuci menggunakan lerak karena lerak bisa menjaga kualitas warna batik.

Namun, jika sulit untuk mendapatkan lerak, Anda bisa menggunakan sabun yang lebut atau sampo bayi sebagai pilihan.

  • Jangan Dikeringkan di Bawah Sinar Matahari

Ketika selesai dicuci, biasanya baju pada umumnya dikeringkan di bawah sinar matahari. Namun, khusus untuk batik Anda harus mengeringkannya di tempat yang tertutup. Terlalu banyak terkena sinar matahari bisa membuat serat pada batik Anda luntur.

  • Jangan Dilipat

Jika batik Anda disimpan dalam jangka waktu lama, usahan agar tidak disimpan dalam keadaan dilipat. Hal ini supaya batik Anda tidak cepat sobek dan kusam. Sebaiknya Anda menggantung kain batik Anda di dalam lemari. Hindari penggunaan kapur barus atau kamper, karena itu membuat kain batik menjadi rapuh.

[Baca Juga: Ingin Belajar Mengenai Motif Batik Betawi? Di Tempat Ini Saja]

Batik adalah warisan kebudayaan Indonesia. Maka dari itu, sebagai masyarakat Indonesia sudah sepatutnya kita melestarikan dan menjaga batik. Salah satu caranya dengan merawat kondisi batik Anda secara teratur.

Read More

Artikel Lainnya

Pemkot Jakarta Pusat Akan Gelar Kontes Ikan Mas Koki

Berita Kawasan

Pemkot Jakarta Pusat Akan Gelar Kontes Ikan Mas Koki

17 September 2019, 18:00  |  6 Views

Dalam meningkatkan geliat ikan hias di kawasannya, Pemkot Jakarta Pusat berencana menggelar kontes ikan mas koki.

Pemkot Jakpus Mendukung Program Pengutamaan Bahasa Indonesia Di Ruang Publik

Pendidikan

Pemkot Jakarta Pusat Dukung Pengutamaan Bahasa Indonesia

17 September 2019, 17:00  |  8 Views

Menurut Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi, bahasa Indonesia yang merupakan bahasa negara menjadi identitas bangsa.

Aplikasi SIDONI Berikan Informasi Donor Darah

Kesehatan

Aplikasi SIDONI Berikan Informasi Donor Darah

17 September 2019, 16:00  |  5 Views

Banyak fitur yang bermanfaat tersedia di aplikasi SIDONI yang baru-baru ini telah dluncurkan guna mempermudah akses bagi pendonor.

Dorong Penggunaan Sepeda, Terminal Kalideres Sediakan Jalur Khusus

Berita Kawasan

Dorong Penggunaan Sepeda, Terminal Kalideres Sediakan Jalur Khusus

17 September 2019, 15:00  |  7 Views

Terminal Kalideres saat ini sudah memiliki jalur khusus untuk sepeda demi mendorong pengurangan penggunaan kendaraan bermotor pribadi.


Comments


Please Login to leave a comment.