Cara Mudah Hilangkan Karat Dengan Bahan Ramah Lingkungan

Properti dan Solusi

Cara Mudah Hilangkan Karat Dengan Bahan Ramah Lingkungan

Peralatan dan benda berbahan stainless steel, besi atau pun sejenisnya, seringkali timbul noda karat pada bagian tertentu. Hal ini dapat terjadi karena peralatan tersebut jarang dipakai dan hanya didiamkan saja di suatu tempat, atau juga karena sudah termakan usia.

Hal ini tentu saja amat merugikan bagi Anda yang gemar mengoleksi perabotan berbahan stainless steel atau sejenisnya. Karat atau korosi adalah suatu proses yang terjadi pada logam yang telah mengalami oksidasi. Karat juga dapat timbul karena adanya uap air atau pun udara di lingkungan sekitar yang lembap. Uap garam atau asam di udara bebas, bahkan permukaan logam yang saling menempel, dapat memicu timbulnya karat.

[Baca Juga: 4 Kegunaan Lemon Untuk Bersihkan Area Dapur]

Cara Mudah Hilangkan Karat Dengan Bahan Ramah Lingkungan

Cara menghilangkan karat yang timbul secara alami pada peralatan-peralatan anda di rumah, dapat diatasi dengan mudah dan aman. Berikut ada tiga bahan yang PingPoint.co.id rangkum dari beberapa sumber (22/8/2019) dan dapat digunakan untuk menghilangkan karat pada beragam peralatan logam di rumah Anda.

  • Sari Jeruk Lemon

Kandungan asam pada sari jeruk lemon telah dikenal lama sebagai zat pembersih alami. Anda sebaiknya juga menggunakan garam untuk dipadukan dengan sari jeruk lemon ini sebagai pembersih karat. Taburkan garam di atas permukaan logam yang berkarat, lalu potong jeruk lemon dan peras sampai sari buahnya melumuri garam tadi. Biarkan garam dan sari jeruk lemon itu bereaksi dengan karat selama dua jam. Selanjutnya, Anda dapat menggunakan sikat kawat atau busa kasar untuk melanjutkan pembersihan logam.

[Baca Juga: Ampas Kopi Ternyata Punya Manfaat Istimewa]

  • Soda Kue

Taburkan soda kue atau baking soda ke dalam mangkuk dan tambahkan air secukupnya untuk membuat larutan soda kue. Setelah tercampur rata, segera oleskan pada permukaan logam yang berkarat. Biarkan selama beberapa jam, lalu gosok permukaan tersebut dengan menggunakan sikat gigi. Jika noda karat telah teratasi, bilas dengan air bersih dan lap dengan kain atau handuk. Ulangi proses tadi hingga permukaan logam bersih seluruhnya.

  • Cuka

Cuka juga dianggap sebagai zat pembersih alami yang ampuh. Untuk menghilangkan karat pada peralatan yang berukuran kecil, seperti pisau, rendam dalam mangkuk yang telah diisi cuka. Jika menggunakan cuka, Anda harus merendamnya dalam waktu yang lebih lama, sekitar satu malam. Selanjutnya tiriskan peralatan logam tersebut, lalu gosok dengan sikat kawat. Lalu bersihkan dengan bilasan air bersih dan keringkan.

Dengan mengetahui cara pembersihan karat pada peralatan logam, maka secara tidak langsung Anda telah memperpanjang usia barang-barang tersebut. Sehingga masih dapat Anda gunakan di masa yang akan datang.


Read More

Artikel Lainnya

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini

25 January 2023, 14:57

Setelah sempat ditunda tahun lalu, pihak Red Line Kreasindo memastikan konser Dewa 19 yang mempertemukan empat vokalis dan empat drummer dipastikan akan digelar di JIS pada awal Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.