Cara Mudah Menghilangkan Kerutan dari Pakaian Tanpa Setrika

Kecantikan dan Fashion

Cara Mudah Menghilangkan Kusut dari Pakaian Tanpa Setrika

Pelanggaran fesyen terbesar adalah bertemu klien penting atau wawancara pekerjaan dengan pakaian kusut. Kerutan di pakaian memang gangguan yang sangat berarti, tapi menyetrika juga bukanlah tugas ringan. Perlu setrikaan dan meja khusus dengan alat memadai untuk melakukannya. Lalu bagaimana jika Anda sedang tugas luar kota?

Untungnya, Anda tidak selalu membutuhkan setrika untuk menghilangkan kerutan dari pakaian. Bahkan, ada banyak tips perawatan pakaian yang membutuhkan jauh lebih sedikit usaha dan waktu. Bahkan Anda tidak perlu ke penatu. Berikut tips yang dapat Anda coba hasil rangkuman dari realsimple.co (1/7/2020).

Cara Mudah Menghilangkan Kerutan dari Pakaian Tanpa Setrika

1) Hilangkan Kusut dengan Hair Dryer

Pengering rambut hair dryer dapat menghasilkan keajaiban pada pakaian, terutama jika Anda sedang bepergian dan memiliki pilihan terbatas. Gantung pakaian yang kusut, lalu basahi bagian tersebut dengan sedikit air. Pilih air mineral dalam kemasan, karena terkadang air keran memiliki mineral yang berpotensi meninggalkan warna pada kain. Nyalakan pengering rambut dan fokuskan panas pada bagian-bagian pakaian yang paling kusut. Pastikan bahwa Anda tidak memegang pengering terlalu dekat karena berisiko membakar kain.

[Baca Juga: Selain Pakaian, Benda Ini Wajib Dijemur Agar Tidak Berjamur]

2) Menghaluskan Kerutan dengan Catokan

Catokan yang Anda gunakan pada rambut dapat menjadi setrika pakaian yang sangat bagus. Bahkan, catokan dapat berfungsi lebih baik di bagian yang lebih kecil seperti kerah atau area di antara kancing. Sebelum menyalakan catokan, penting untuk memastikan permukaannya bersih dan bebas dari produk apa pun yang dapat menodai pakaian. Bahkan, meskipun tidak tampak kotor, bersihkan terlebih dahulu dengan alkohol sebelum menggunakannya. Kemudian, pastikan Anda menggunakan pengaturan suhu yang tepat. Untuk bahan halus dan sutra, gunakan suhu rendah; untuk sweater dan kain yang lebih tebal, suhu yang lebih hangat akan lebih baik.

3) Gantung di Kamar Mandi Saat Menggunakan Air Hangat

Jika Anda melihat pakaian tampak kusut saat akan bersiap-siap, gantung pakaian Anda di area yang aman dan pastikan terhindar cipratan air. Lalu, mandilah dengan air hangat. Bila pakaian Anda kusutnya cukup parah, nyalakan terus air hingga kamar mandi penuh dengan uap panas selama sekitar 10 menit. Setelah itu, pakaian itu akan siap untuk dipakai. Ingatlah bahwa ini bukan metode yang paling ramah lingkungan untuk merapikan pakaian Anda, jadi cobalah untuk tidak membiarkan air panas mengalir terlalu lama. Dan, jangan lupa untuk menutup pintu dan jendela.

[Baca Juga: Mengurangi Kecemasan dengan Kegiatan Mencuci Piring]

4) Gunakan Semprotan Penghilang Kerut

Anda bisa membeli semprotan penghilang. Ini cara termudah untuk menghilangkan kusut dari pakaian dalam keadaan darurat jika Anda tidak memiliki setrika atau tidak punya waktu untuk menggunakannya. Cukup semprotkan pada pakaian yang kusut, lalu kibaskan dengan kuat, dan kagumi keajaiban yang baru saja terjadi. Produk ini biasanya memiliki aroma bersih, sehingga juga bermanfaat untuk menyegarkan baju Anda.

5) Buat Sendiri Semprotan Penghilang Kerut

Tidak punya semprotan penghilang kerut? Anda mungkin memiliki semua bahan yang Anda butuhkan untuk membuatnya sendiri. Campurkan satu cangkir air (lebih baik yang disuling, rebus saja jika Anda tidak memiliki air panas atau hanya menggunakan air botolan) dan 1 sendok teh pelembut kain cair. Anda juga bisa menambahkan 1 sendok teh alkohol untuk membantu cairan menguap lebih cepat. Kocok semuanya dalam botol semprot kosong dan kemudian gunakan seperti cara di nomor empat.

[Baca Juga: Simak Tips Padu Padan Busana Ala Alva Susilo]

Jika Anda tidak memiliki pelembut kain di tangan tetapi Anda memiliki sedikit waktu ekstra untuk mengeringkan pakaian, Anda dapat menggunakan ramuan yang merupakan perbandingan 1:3 cuka putih dan air. Campurkan dalam botol semprot, oleskan ke pakaian Anda, dan biarkan kering dan kerutan akan hilang. Jika Anda tidak ingin berbau seperti cuka, tambahkan setetes minyak esensial favorit Anda (aroma jeruk yang ideal untuk tujuan ini) untuk menghilangkan baunya. Namun, jangan tambahkan terlalu banyak minyak karena bisa meninggalkan warna pada kain.

Read More

Artikel Lainnya

Dirjen Dikti Kemendikbud Ikut Pantau Penyelenggaran Ujian SMUP Unpad .jpg

Pendidikan

Dirjen Dikti Kemendikbud Ikut Pantau Penyelenggaraan Ujian SMUP Unpad

10 August 2020, 15:07

Dirjen dari Kemendikbud RI menyempatkan diri untuk melihat langsung proses ujian SMUP Unpad yang digelar secara daring.

Wali Kota Risma Terus Genjot Perampungan Stadion Piala Dunia U-20 2021.jpg

Berita Kawasan

Wali Kota Risma Terus Genjot Perampungan Stadion Piala Dunia U-20 2021

10 August 2020, 14:00

Pada akhir pekan kemarin, Wali Kota Risma menggelar sidak demi memasikan rampungnya stadion yang nanti jadi venue Piala Dunia U-20 2021 sesuai jadwal.

Sejarah dan Makna 5 Lomba Agustusan Sebagai Bentuk Perayaan Kemerdekaan

Berita Kawasan

Sejarah dan Makna 4 Lomba Agustusan, Bentuk Perayaan Kemerdekaan

10 August 2020, 13:03

Setelah intensitas perang kemerdekaan menurun dan Ibu Kota kembali dipindah ke Jakarta, perayaan kemerdekaan pun berlangsung meriah dengan mengadakan banyak lomba Agustusan.

Obesitas Kala Pandemi Bisa Diatasi Setelah Ditemukan Penyebabnya

Kesehatan

Obesitas Kala Pandemi Bisa Diatasi Setelah Ditemukan Penyebabnya

10 August 2020, 12:05

Orang dengan COVID-19 yang kelebihan berat badan atau obesitas memiliki peningkatan risiko komplikasi serius dan kematian.


Comments


Please Login to leave a comment.