Cara Pengobatan Kelenjar Tiroid

Kesehatan

Cara Pengobatan Gangguan Kelenjar Tiroid

Gangguan pada kelenjar dan hormon tiroid akan menimbulkan gejala penyakit tiroid yang berbeda-beda, tergantung jenis serta penyebabnya. Penyakit tiroid terjadi ketika kelenjar tiroid mengalami perubahan bentuk. Gejala-gejala penyakit tiroid, yaitu muncul benjolan di leher atau gejala hipertiroidisme dan hipotiroidisme.

Hipotiroidisme dan hipertiroidisme dapat menimbulkan komplikasi berupa koma miksedema dan krisis tiroid. Kedua kondisi tersebut merupakan kondisi gawat darurat yang harus segera ditangani. Oleh karena itu, segera ke IGD bila Anda menderita penyakit tiroid dan timbul gejala demam, kejang, atau tidak sadarkan diri.

[Baca Juga: 4 Jenis Penyakit yang Menyerang Kelenjar Tiroid]

Bagi penderita penyakit tiroid lakukan tindakan medis dan kontrol rutin ke dokter endokrin bertujuan untuk memantau perkembangan penyakit dan evaluasi pengobatan. Jangan anggap remeh penyakit ini, khususnya bagi penderita penyakit lain. Adapun langkah medis untuk pengobatan kelenjar tiroid yang dilansir dari alodokter.com, sebagai berikut:

Diagnosis Penyakit Tiroid

Proses diagnosis penyakit tiroid membutuhkan pemeriksaan yang detail. Namun, dokter terlebih dahulu akan menanyakan gejala-gejala yang dialami pasien. Setelah itu, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik untuk mencari penyebabnya. Salah satunya adalah dengan memeriksa benjolan di leher.

Setelah memeriksa pasien, dokter akan melakukan pemeriksaan penunjang. Jenis pemeriksaan tersebut meliputi:

  • Tes Darah

Tes darah dilakukan untuk evaluasi fungsi kelenjar tiroid. Dengan tes darah dapat diukur kadar hormon tiroid dan TSH (Thyroid Stimulating Hormone). Dari tes ini, dapat diketahui apakah pasien mengalami hipertiroidisme atau hipotiroidisme.

  • Pemindaian

Selain tes darah, dapat juga dilakukan pemindaian melalui USG tiroid atau nuklir tiroid. Dari pemeriksaan tersebut, dapat diketahui ukuran serta jenis benjolan yang dialami pasien.

  • Biopsi

Jika diduga penyakit tiroid yang diderita adalah kanker tiroid, dokter dapat menyarankan pasien menjalani biopsi. Biopsi dilakukan untuk mengambil sampel jaringan tiroid dan dianalisis di laboratorium.

Cara Pengobatan Kelenjar Tiroid

Pengobatan Penyakit Tiroid

Jenis pengobatan penyakit tiroid tergantung jenis dan penyebabnya. Terdapat tiga cara yang biasanya dilakukan dalam penanganan penyakit tiroid, yaitu:

1) Obat-obatan

Obat-obatan yang diberikan memiliki fungsi yang berbeda-beda, tergantung dari jenis penyakit tiroid yang dialami. Fungsi obat-obatan yang diberikan umumnya adalah untuk:

  • Menggantikan hormon tiroid dalam tubuh pada hipotiroid
  • Menurunkan produksi hormon tiroid dalam tubuh pada hipertiroid
  • Menghancurkan sel-sel tiroid

Pemberian obat-obatan juga ditujukan untuk mengatasi gejala lain yang timbul, seperti menurunkan detak jantung yang meningkat.

2) Terapi Iodium Radioaktif

Terapi iodium radioaktif atau nuklir tiroid dilakukan dengan cara menyuntikkan iodium radioaktif ke dalam tubuh yang kemudian diserap oleh kelenjar tiroid. Iodium radioaktif berperan untuk menghancurkan jaringan tiroid abnormal.

3) Operasi

Operasi yang biasanya dilakukan pada penyakit tiroid adalah operasi pengangkatan kelenjar tiroid atau tiroidektomi. Prosedur ini bisa dilakukan untuk mengangkat kelenjar tiroid yang membesar atau benjolan yang terdapat di dalam kelenjar.

Beberapa penyakit tiroid memerlukan terapi kombinasi, dan penderitanya mungkin perlu menjalani pengobatan seumur hidup. Meskipun demikian, dengan pengobatan yang tepat, penyakit tiroid tidak membahayakan nyawa.

[Baca Juga: Waspada Kelenjar Tiroid! Kenali Ciri-Ciri dan Gejalanya]

Komplikasi Penyakit Tiroid

Komplikasi yang dapat timbul akibat penyakit tiroid tergantung pada jenis dan penyebab penyakit tiroid yang diderita. Namun secara umum, penyakit tiroid dapat menimbulkan komplikasi berupa:

  • Krisis tiroid

Krisis tiroid terjadi ketika hipertiroidisme tidak ditangani dengan baik dan menyebabkan tingginya kadar hormon tiroid dalam tubuh. Kondisi tersebut menyebabkan berbagai organ tubuh bekerja dengan cepat hingga memicu kegagalan fungsi sejumlah organ. Krisis tiroid merupakan kondisi darurat yang perlu segera ditangani.

  • Koma Miksedema

Koma miksedema terjadi ketika hipotiroidisme tidak ditangani dengan baik, hingga memengaruhi fungsi otak. Sama halnya dengan krisis tiroid di hipertiroidisme, koma miksedema pada penderita hipotiroidisme perlu segera ditangani.

Pencegahan Penyakit Tiroid

Langkah pencegahan penyakit tiroid tergantung penyebab dan faktor risikonya. Sebagai contoh, hipotiroidisme akibat kekurangan asupan yodium dapat dicegah dengan mengonsumsi garam beryodium.

Seseorang yang menderita penyakit yang bisa berisiko menimbulkan penyakit tiroid, seperti diabetes dan penyakit celiac, perlu berkonsultasi dengan dokter secara berkala untuk memantau perkembangan penyakit.


Read More

Artikel Lainnya

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022.jpg

Bisnis

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022

01 December 2022, 13:32

Menjelang momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, pesta diskon serta pameran UMKM bertajuk Tangerang Great Sale siap digelar sampai 31 Desember 2022.

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com.jpg

Bisnis

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com

01 December 2022, 10:30

Bagi Anda yang saat ini sudah bersiap untuk berbelanja kebutuhan di rumah untuk sambut momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, maka ruparupa.com dapat jadi solusi mudahnya.

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.


Comments


Please Login to leave a comment.